Syafa'ah, Alfiatus (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik materi pokok konsep pembagian dengan pendekatan inquiry siswa kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dunia pendidikan selalu berkembang. Begitu pula dengan manusia sebagai obyek pendidikan. Penanaman konsep dalam pembelajaran sangatlah penting mengingat konsep adalah dasar untuk memahami suatu materi. Maka dari itu, bahan ajar adalah salah satu sarana untuk menyampaikan konsep-konsep sebuah materi. Dengan pendekatan yang tepat, bahan ajar dapat digunakan secara maksimal.
Telah banyak penelitian pengembangan yang mengulas tentang bahan ajar. Penelitian pengembangan ini adalah salah satunya. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik pada mata pelajaran matematika dan difokuskan pada materi konsep pembagian yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi tersebut. Adapun pendekatan yang digunakan dalam mengajarkannya adalah pendekatan inquiry yang menekankan pada penemuan jawaban secara ilmiah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni analyze (menganalisa), design (mendesain), develop (mengembangkan), implement (melaksanakan), dan evaluation (menilai).
Hasil pengembangan dapat dikatakan layak apabila telah memenuhi kriteria yang dihasilkan dalam penelitian. Salah satunya adalah validasi para ahli. Bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik ini dapat dikatakan layak setelah melalui proses validasi dari para ahli dengan hasil validasi ahli materi sebesar 80% dan 64%, ahli media sebesar 86%, ahli bahasa sebesar 74%, dan praktisi pendidikan sebesar 79%. Keefektifan dari bahan ajar ini juga dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar yang meningkat. Semula rata-rata sebelum menggunakan bahan ajar adalah 62,2 dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik, rata-rata meningkat menjadi 87,7.
ENGLISH:
Education is always evolving, as well as the human as the object of education. The cultivation of the concepts in learning is a very important thing, since the concept is the primary for understanding the materials. Therefore, teaching materials is one of means that used to convey the concepts of a material. With the right approach, teaching materials can be used optimally.
There have been many studies that reviewed the development of teaching materials. This study is one of them. This research obtained a product in the form of picture story based (comic based) on Mathematics and it is focused on the concepts of division which its purposes is to increase students' understanding of that materials. Moreover, the approach that used in teaching that material is Inquiry approach which emphasized in the scientific discovery methods.
This research is categorized in Research and Development. This development of teaching materials using comic based was developed by ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) developmental models.
The result of development can be feasible if it is complied with the requirement of the research, one of them is the expert's validation. This comic based teaching material are said to be feasible after it has been validated by some
experts with the following results: 64%-80% for the materials, 86% for the media, 74% for language used and function, and 79% based on the opinion of education practitioners. The effectiveness of this learning material can be seen from the increasing of the average of students' learning outcomes. The student's average before using Comic is 62,2 and after using it, their average was increased to 87, 7.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumastuti, Ari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Cerita Bergambar/Komik; Inquiry; Teaching Material; Comic; Inquiry | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:01 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 15:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7601 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |