Analisis butir soal ujian tengah semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVB dengan program Anates Versi 4 di MI Yaspuri Malang

Alqodari, Shobibarrohmah (2014) Analisis butir soal ujian tengah semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVB dengan program Anates Versi 4 di MI Yaspuri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dengan proses belajar mengajar yang di lakukan oleh guru beserta para siswanya. Guru selaku pengajar, pendidik, dan pembimbing setiap saat melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan seorang guru akan mendapatkan informasi sejauh mana tujuan pengajaran yang dicapai siswa.

Berangkat dari pentingnya evaluasi dan analisisnya, peneliti mengangkat dengan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui validitas soal buatan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IVB di MI Yaspuri Malang dengan menggunakan program Anates versi 4, 2) Untuk mengetahui tingkat kesukaran dan daya beda soal buatan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IVB di MI Yaspuri Malang dengan menggunakan program Anates versi 4

Obyek penelitian ini di MI Yaspuri Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan analisis kuantitatif karena fokus penelitiannya adalah menganalisis butir soal dengan program Anates Versi 4 sebagai alat untuk mengukur kualitas soal buatan guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVB. Program tersebut sangat membantu guru dalam menganalisis dengan cepat, mudah dan tidak menghabiskan waktu yang banyak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Validitas butir soal buatan guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVB di peroleh bahwa 15 butir soal kategori soal yang valid. Hal ini terbukti dengan terdapat 15 butir soal yang memiliki kriteria korelasi koefisien cukup, tinggi, dan sangat tinggi (sempurna). Kemudian sebanyak 10 butir soal kategori soal yang tidak valid. Hal ini terbukti dengan terdapat 10 butir soal yang memiliki kriteria rendah dan sangat rendah (hampir tidak ada korelasi). 2) Tingkat kesukaran soal buatan guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVB di peroleh bahwa 2 butir soal memiliki tingkat kesukaran sulit yang berada dalam kriteria antara 0,00 – 0,30. Kemudian sebanyak 14 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang dengan kriteria terletak antara 0,31 – 0,70. 6 butir soal memiliki tingkat kesukaran mudah yang berada dalam kriteria 0,71 – 1,00. Dan 3 butir soal memiliki tingkat kesukaran sangat mudah yang berada dalam kriteria 0,71 – 1,00. Daya beda soal buatan guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IVB di peroleh bahwa sebanyak 12 butir soal memiliki daya beda soal dibuang atau soal tidak dipakai yaitu dalam kriteria 0,00 – 0,19. Ada 7 butir soal memiliki daya beda soal diperbaiki yaitu terletak dalam kreteria 0,20 – 0,29 dan ada 6 butir soal memiliki daya beda soal diterima baik yaitu dalam kreteria 0,40 – 1,00.

ENGLISH:

Evaluation of learning outcomes is an integral series with learning process that will be undertaken by teachers and their students. Teachers as facilitators, educators, and counselors every times when they do their jobs earnestly and responsibly, so the evaluation occupies a very strategic position in learning process. The reason is teacher will get the information about learning objectives that achieved by students.

As researcher explain before, evaluation is the important part in learning, so for this research, researcher determine the research objectives to : 1) Known validity of teacher question on social subject (IPS) in students at IVB grade in MI Yaspuri Malang by using Version 4 Anates program, 2) Known the difficulties level and daya beda of teacher question on social subject (IPS) in students at IVB grade in MI Yaspuri Malang by using Version 4 Anates program.

The research object in MI Yaspuri Malang. This research was carried out by quantitative analysis approach, because focus of this study is to analyze question item of teacher question on social subject (IPS) in students at IVB grade in MI Yaspuri Malang by using Version 4 Anates program. Version 4 Anates program is a program that helpful for teacher to analyze questions quickly, easely, and no spent much time.

The results of this study indicate that: 1) The validity of question item that made by teacher of social subject in IVB grade are 15 items categoried valid. This is proved from the 15 question items that have adequate, high, dan perfect categories. Then 10 question items is unvalid questions. This is proved from the 10 question items that have low, and very low categories (almost there isn’t correlation). 2) Difficulties level of questions that made by teacher of social subject in IVB acquered 2 question items is difficult in scale about 0,00 – 0,30. Then, 14 question items are adequate in scale about 0,31 – 0,70. Six question items are adequate in scale about 0,71 – 1,00. The power difference of question that made by teacher of social subject in class IVB acquered as many as 12 question items have different questions banished or reserved is not used in criteria 0,00 – 0,19. There are 7 items have different questions about repair that is located in criteria 0,20 – 0,29 and there are 6 rounds have different questions accepted either in criteria about 0,40 – 1,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fitriah, Nurlaeli
Keywords: Analisis Butir Soal,; Evaluasi Pembelajaran; Program Analisis Tes; Analysis of Question Item; Learning Evaluation; Test Analysis Program
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:01
Last Modified: 04 Aug 2017 08:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item View Item