Responsive Banner

Konsep kewirausahaan dan kemandirian dalam syi'ir kebangsaan serta implementasinya pada lembaga perguruan tinggi: Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Jawa Timur

Milal, Ahsanul (2021) Konsep kewirausahaan dan kemandirian dalam syi'ir kebangsaan serta implementasinya pada lembaga perguruan tinggi: Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Jawa Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
17800034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Syi‘ir Kebangsaan adalah karya KH. Mahfudz Syaubari yang mengungkapkan epistemologi cinta tanah air dalam perspektif beliau, sebagai respon dari permasalahan ekonomi dan kedaulatan bangsa Indonesia. Eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam Indonesia masih kurang meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan kurangnya
kemampuan mengelola potensi – potensi ekonomi tersebut serta minimnya semangat kewirausahaan bangsa Indonesia. Sesuai dengan pandangan Schumpter ( 1934 ) bahwa pertumbuhan ekonomi sangat ditentukan oleh kemampuan kewirausahawanan (entrepreneurship). dan menurut Zimmerer (1996) bahwa salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan disuatu negara terletak pada peranan universitas melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan.

Penelitian ini berupaya mengurai konsep kewirausahaan dan kemandirian yang ada di dalam syi‘ir Kebangsaan dan menilai wujud implementasi konsep tersebut pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Riyadlul Jannah yang didirikan oleh KH.Mahfudz Syaubari. Dalam penelitian ini digunakan metode Kualitatif dengan pendekatan hermeneutika Paul Ricoeur untuk mengurai konsep kemandirian dan kewirausahaan dalam syi‘ir Kebangsaan, dan pendekatan studi kasus untuk menilai implementasi konsep tersebut dalam
sekolah tinggi ilmu ekonomi syariah Riyadlul Jannah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa epistemologi cinta tanah air dalam syi‘ir kebangsaan adalah kewirausahaan, kemandirian, dan kedaulatan. Dalam hukum kausalitas, dapat diformulasikan sebagai berikut; kewirausahaan membetuk kemandirian, dan kemandirian membentuk kedaulatan. Kewirausahaan harus berlandaskan cinta tanah air dan memberi manfaat kepada sesama manusia, dengan prinsip kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas dalam mengelola data, daya, dana dan disertai do’a. Mindset kemandirian adalah menghapus perasaan tergantung terhadap apapun selain Allah yang diimplementasikan dengan sikap berani bertindak atau mengambil keputusan tanpa intervensi pihak lain. pioner kemandirian adalah para pemuka masyarakat baik para pemuka agama maupun para cendekiawan atau kaum terpelajar. Dari kemandirian yang dimiliki seseorang ataupun lembaga akan bisa memberi manfaat yang lebih dan menjadi teladan yang baik bagi yang lain.

Adapun implementasi konsep kewirausahaan dan kemandirian pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah berjalan dengan baik dinilai dari empat faktor; komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur organisasi. Sisi kelemahan implementasi konsep ini adalah kurang didukung dengan sarana teknologi yang memadai. Pada dasarnya konsep kemandirian perguruan tinggi telah ada dalam otonomi perguruan tinggi, dan konsep kewirausahaan perguruan tinggi telah mengacu pada konsep Entrepreneurial
University. Namun demikian konsep kewirausahaan dan kemandirian yang diungkapkan oleh syi‘ir Kebangsaan secara tegas menjadikan nasionalisme dan religius sebagai landasan.

ENGLISH:

Syi‘ir Kebangsaan is the work of KH. Mahfudz Syaubari who expressed the epistemology of love for the homeland in his perspective. This syi‘ir was written as a response to economic and sovereignty problems of the Indonesian nation. Exploration and exploitation of Indonesia's natural resources still does not improve the welfare of the Indonesian people. This is due to the lack of ability to manage economic potentials and the lack of entrepreneurial vision from the Indonesian nation. Schumpter (1934) stated that economic growth is largely determined by the ability of entrepreneurship. According to Zimmerer (1996), one of the factors driving the growth of entrepreneurship in a country lies in the role of higher education through the concept of entrepreneurial university.

This study seeks to unravel the concepts of entrepreneurship and autonomy that exist in the syi‘ir Kebangsaan, and assess the implementation of these concepts at the Riyadlul Jannah Islamic Economics College which was founded by KH. Mahfudz Syaubari. This study used a qualitative method with Paul Ricoeur's hermeneutic approach to describe the concepts of independence and entrepreneurship in syi‘ir Kebangsaan. This study used a case study approach to assess the implementation of the concept in the Riyadlul Jannah
Islamic Economics College.

The results showed that the epistemology of love for the homeland in syi‘ir Kebangsaan was entrepreneurship, independence, and sovereignty. In the law of causality, it can be formulated as follows; entrepreneurship forms independence, and independence forms sovereignty. Entrepreneurship must be based on love for the homeland and provide benefits
to fellow human beings, with the principles of smart work, hard work, and sincere work in managing data, resources, funds and accompanied by prayers. The self-reliance mindset is to remove the feeling of being dependent on anything other than God, which is implemented by having the courage to act or make decisions without the intervention of other parties. Independence pioneers are community leaders, both religious leaders and intellectuals or the educated. From the independence that a person or institution has, it will be able to provide more benefits and be a good example for others.

The implementation of the concept of entrepreneurship and independence at the Riadlul Jannah Islamic Economics College went well judged by four factors; communication, resources, disposition, and organizational structure. The weakness of the implementation of this concept is not supported by adequate technological facilities. Basically the concept of higher education independence has existed in higher education autonomy, and the concept of higher education entrepreneurship has referred to the Entrepreneurial University concept. However, the concepts of entrepreneurship and independence expressed by the syi‘ir Kebangsaan expressly make nationalism and religion the basis.

ARABIC:

الشعر ْالوطين ْ(syi‘ir Kebangsaanْْ) ْهو ْعملْْْالشبخ ْحمفوظ ْشوابري ْاحلاجْ
الذي ْيعرب ْعن ْنظرية ْاملعرفة ْف ْحب ْالوطن ْمن ْوجهة ْنظره ْ،ْكرد ْعلى ْاملشاكلْ
القتصاديةْوسيادةْاْلمةْاإلندونيسية.ْلْيزالْاستكشافْواستغاللْاملواردْالطبيعيةْفْْ
إندونيسياْلْيرفعْرفاهيةْالشعبْاإلندونيسي.ْويرجعْذلكْإىلْعدمْالقدرةْعلىْإدارةْْ
هذه ْاإلمكاانت ْالقتصادية ْونقص ْروح ْالريدة ْْلدى ْالشعب ْاإلندونيسي ْ، ْوفقًا ْلوجهةْْ
نظرSchumpterْْ(1934ْْ)ْأبنْالنموْالقتصاديْيتحددْإىلْحدْكبيْبقدرةْريدة
اْلعمالْ(entrepreneurship). ْووفقًا ْلZimmerer (1996) ْْ،ْفإنْأحد
العواملْالدافعةْلنموْريدةْاْلعمالْفْبلدْمْاْيكمنْفْدورْاجلامعاتْمنْخاللْتنفيذ
تعليمْريدةْاْلعمال. ْ
تسعىْهذهْالدراسةْإىلْكشفْمفاهيمْريدةْاْلعمالْوالستقالليةْاملوجودةْفْالشعرْْ
الوطينْوْحتليلْتنفيذْهذهْاملفاهيمْفْكليةْالعلومْالقتصاديةْاإلسالميةْريضْاجلنةْاليت
أسسهاْالشبخْحمفوظْشوابريْاحلاج.ْتستْْخدمْهذهْالدراسةْاملنهجْالنوعيْمعْالنهج
التأويليْلبولْريكورْ(Paul Ricoeurْ)ْلوصفْمفاهيمْالستقاللْوريدةْاْلعمالف ْالشعر ْالوطين ْ، ْومنهج ْدراسة ْاحلالة ْلتحليل ْتنفيذ ْهذه ْاملفاهيم ْفْكلية ْالعلومْ
القتصاديةْاإلسالميةْريضْاجلنة.
وأظهرتْالنتائجْأنْنظريةْاملعرفةْفْْْحبْالوطنْفْالشعرْالوطينْهيْريدةْاْلعمالْْ
والستقالل ْوالسيادة. ْوميكن ْصياغتها ْف ْقانون ْالسببية ْعلى ْالنحو ْالتايل ْ؛ ْريدةْ
اْلعمالْتشكلْالستقاللْ،ْوالستقاللْيشكلْالسيادة.ْجيبْأنْتقومْريدةْاْلعمال
علىْأساسْحبْالوطنْوإفادةْاْلخرينْمنْبينْالبشرْ،ْمعْاملبادئْاْلثالثةْهيْالعمل
الذكيْ(kerja cerdas)ْوالعملْاجلادْ(kerja keras)ْوالعملْالصادقْ(kerja
ikhlas)ْفْإدارةْالبياانتْ(data)ْوالقوةْواْلموالْ(danaْْ)ْمصحوبةْابلدعاء.ْعقلية
الستقالل ْْهيْإزالةْالشعورْابلعتمادْعلىْأيْشيءْآخرْغيْهللاْ،ْواليتْيتمْتنفيذها
من ْخالل ْامتالْْك ْالشجاعة ْللتصرف ْأو ْاختاذ ْالقرارات ْدون ْتدخل ْاْلخرين. ْروادْ
الستقالل ْهم ْقادة ْاجملتمع ْ، ْسواء ْمن ْالقادة ْالدينيني ْأو ْاملثقفني ْأو ْاملتعلمني. ْمنْ
الستقالل ْالذي ْيتمتع ْبه ْالشخص ْأو ْاملؤسسة ْ، ْسيكون ْقادرًا ْعلى ْتقدمي ْاملزيد ْمن
الفوائد ْويكون ْمثال ًْجيدًا ْلآلخرين.
متْحتليلْتْنفيذْمفهومْريدةْاْلعمالْوالستقاللْفْكليةْالعلومْالقتصاديةْاإلسالميةْْ
ريضْاجلنةْمنْخاللْأربعةْعواملْ؛ْالتصالتْواملواردْوالتصرفْواهليكلْالتنظيمي.ْ
يتمثلْضعفْتنفيذْهذاْاملفهومْفْعدمْدعمهْابملرافقْالتكنولوجيةْاملناسبة.ْإنْمفهوم
استقاللْالتعليمْالعايلْْْموجودْابلفعلْفْنظريةْاستقالليةْالتعليمْالعايلْ،ْوقدْأشارْْ
مفهومْريدةْاْلعمالْفْالتعليمْالعايلْإىلْمفهومْجامعةْريدةْاْلعمال
(Entrepreneurial Universityْ.).ْومعْذلكْ،ْفإنْمفاهيمْريدةْاْلعمالًْ
والستقالل ْاليت ْعرب ْعنها ْالشعر ْالوطين ْجتعل ْالقومية ْوالدين ْأساسا.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Asnawi, Nur and Rofiq, Aunur
Keywords: Syi‘ir; Kewirausahaan; Kemandirian; Perguruan Tinggi; Universitas Kewirausahaan; Entrepreneurship; Independence; Entrepreneurial University; higher education autonomy; :ْالشعرْ،ْالستقاللْ،ْريدةْالعمل،ْمؤسساتْالتعليمْالعايل،ْالكلية القتصادية
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadya Yumna Ulayya
Date Deposited: 17 Jun 2025 13:46
Last Modified: 17 Jun 2025 13:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/75877

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item