تصميم المنهج لتعليم اللغة العربية في مؤسسة تربية القرآن: بحث تطويري في معهد "فاطمة" جويو سوكو بمالانج

Khotimah Halimatus Sa’diyah, Husnul (2011) تصميم المنهج لتعليم اللغة العربية في مؤسسة تربية القرآن: بحث تطويري في معهد "فاطمة" جويو سوكو بمالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sesungguhnya kurikulum adalah unsur pembelajaran yang sangat urgen. Setiap pembelajaran harus mempunyai kurikulum sebagai acuan dalam pembelajaran. Kurikulum mempunyai 5 komponen yang saling melengkapi satu sama lain. 5 komponen tersebut harus ditentukan dengan jelas sebelum pelaksanan proses pembelajaran agar pembelajaran lebih terarah dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Namun demikian, peneliti mendapati melalui hasil wawancara dengan pengajar bahasa Arab pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Al- Madin bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di TPQ ini belum terarah dengan jelas disebabkan tidak adanya kurikulum sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.Hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh dan tidak ada semangat dalam belajar bahasa Arab sehingga hasil yang didapatkan siswa pun tidak maksimal terutama dalam keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Selanjutnya didasarkan masalah di atas, peneliti dengan pertimbangan pengajar bahasa Arab di TPQ tersebut, mengasumsikan bahwa penerapan kurikulum merupakan solusi atas permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab. Asumsi tersebut peneliti ambil dengan pertimbangan bahwa kurikulum adalah sebuah pedoman yang harus dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya berdasarkan permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan/rumusan penelitian sebagai berikut “sejauhmana efektifitas penerapan kurikulum dalam meningkatkan ketrampilan bahasa arab siswa di TPQ al-Madin tahun ajaran 2010-2011 dan termasuk jenis apakah kurikulum yang sesuai dengan pembelajaran di TPQ ini serta bagaimana menyusun sebuah kurikulum tersebut?

Dengan demikian hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penerapan kurikulum dapat meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa. Jenis kurikulum di TPQ ini adalah kurikulum kontekstual. Adapun penyusunan kurikulum harus sesuai dengan tahap penyusunan sebuah kurikulum

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kurikulum yang telah ditetapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di TPQ, untuk menyusun kurikulum baru dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas kurikulum baru dalam pembelajaran bahasa Arab di TPQ Al-Madin.

Untuk mencapai tujuan itu, peneliti menggunakan penelitian R&D yang terdiri dari 8 tahap yaitu pengumpulan data, penyusunan kurikulum dasar, uji pakar, perbaikan setelah uji pakar, uji pakar, penyusunan kurikulum, penerapan dalam seebuah penelitian dan evaluasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket, dokumenter dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kurikulum terbukti efektif meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa di TPQ Al-Madin tahun akademik 2010-2011 dengan melihat kenyatan: 1) siswa belajar bahasa arab dengan memakai silabus yang lama tidak begitu senang dan semangat dan ketika diterapkan kurikulum baru para siswa nampak antusias dan semangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab 2) kemampuan siswa ya ng telah memakai kurikulum baru dalam bahasa arab semakin meningkat, dengan bukti hasil tes siswa antara kelompok yang menerapkan kurikulum baru dengan yang tidak menerapkan kurikulum baru sangat berbeda. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes mereka melalui pre test dan post test.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jenis kurikulum yang sesuai dengan TPQ khusunya TPQ Al-Madin ini adalah kurikulum kontekstual yaitu kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan siswa dan cara penyusunan kurikulum sesuai de ngan langkah- langkah pengembangan kurikulum. Adapun penerapan kurikulum sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa TPQ Al-Madin Joyo Suko Malang Tahun Pelajaran 2010-2011.

ABSTRACT

Curriculum is a very important component in education. Every teaching and learning must be based on curriculum. C urriculum has five components that complete each other. That five must be cleared in order the teaching can be run well suitable with the concept. That five of curriculum’s component has the important role in teaching, so there is no one component more important than other, all of five component are very important. Eventhough the curriculum is very important in education’s world but the researcher had fund many problems especially in the arabic teaching in TPQ (garden of Al-Qur’an education). In this institution the researcher had interviewed many arabic teacher’s about curriculum that had been used in arabic teaching. The conclusion is that arabic teaching in TPQ still does not based on curriculum yet. So arabic teaching in TPQ is not well, based on many students that they don’t spirit to join in this teaching. Most of their final values is downed. It is meant that the student capability especially in listening, speking, reading, writing capabilitiesis still low.

Base on that problems, the researcher –with the consideration of arabic teachers- tries to apply the curriculum in TPQ institution as a solution of that problem especially in arabic teaching and the researcher hypothesize that applying curriculum in TPQ can make teaching and learning process more enjoyable and the curriculum is a principle that must be there in every education instituation.

And also based on that problems the researcher can focus the problems. The focus of problems is how efectevely in applying curriculum to increase arabic capability in TPQ al-Madin in 2010-2011 and what kind of curriculum that suitable with the learning in TPQ and how to make curriculum for TPQ?

Hypothesis of this research is that applied curriculum in TPQ can increase student’s capability in arabic language and the kind of curriculum in TPQ is Contextual C urriculum and arranging curriculum must be suitable with steps on the theory of arranging curriculum.

The goals of this research are to know the kind of established curriculum for arabic teaching in TPQ, to develop new curriculum and to know how far the effectively of developed curriculum.

To reach that goals a researcher use R&D research that consist of eight steps: data collection, arranging of elementary curriculum, experiment of expert, repairing of situation from expert, experiment of expert, arranging of curriculum, applying in research, evaluation and the technique of gathering data that used by researcher is observation, interview, questioner and library.

Results of research indicate that applying curriculum in TPQ al-Madin 2010-2011 is more effective to increase arabic language of student’s capability, with a appro vement: 1- student can study arabic language enjoyable and spirit, 2- the student’s capability in arabic language is increaseing. And the result of exefcises between they who make curriculum and don’t use curiculum is very different. The students who use c urriculum, their values is increasing morethan before and the student who don’t use curriculum their values is stabil even down. This is can be approved by their result of pra test and post test.

So a reseacher can conclude that the kind of curriculum tha t suitable with TPQ especially al-Madin TPQ is contextual curriculum and the way to arange the curriculum is suitable with development of curriculum steps and applying curriculum is very efective to increase student capability in al-Madin TPQ 2010-2011

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho Mahmudi, Nurul and Adam Mahmud Ibrahim, Faisal
Keywords: المنهج; تعليم اللغة العربية; مؤسسة تربية القرآن; curriculum; arabic language teaching; TPQ; K urikulum; Pembelajaran Bahasa Arab; TPQ
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:04
Last Modified: 04 Aug 2017 08:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7580

Actions (login required)

View Item View Item