فعالية استخدام لعب الألعاب اللغوية لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية النموذجية سورونخ بابووا الغربية

Sunarmi, Sunarmi (2011) فعالية استخدام لعب الألعاب اللغوية لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية النموذجية سورونخ بابووا الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Membaca juga merupakan salah satu materi pelajaran yang paling penting karena sangat berkaitan dengan materi yang lain, oleh karena itu dalam proses pembelajaran membaca guru harus menggunakan strategi atau teknik mengajar yang sesuai atau dengan menggunakan media pembelajaran serta permainan bahasa yang dapat memotivasi siswa dalam belajar dan dapat membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan membaca mereka.

Berdasarkan hal diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan bahasa dengan cara tanya jawab ”uji pengetahuanmu” dan ”siapa dia” untuk meningkatkan keterampilan membaca khususnya kemampuan memahami teks bacaan pada siswa kelas I MTsN Model Sorong Papua Barat. Dan dalam penelitian ini peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana bentuk penerapan permainan bahasa ”uji pengetahuanmu” dan ”siapa dia” dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas I MTsN Model Sorong Papua Barat ?. 2) Sejauh mana efektifitas penggunaan permainan bahasa ”uji pengetahuanmu” dan ”siapa dia” dalam meningkatkan keterampilan membaca khususnya keterampilan memahami teks bacaan pada siswa kelas I MTsN Model Sorong Papua Barat ?. Dan peneliti berasumsi bahwa penggunaan permainan ini efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca khususnya pemahaman teks bacaan pada siswa di sekolah tersebut.

Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol). Adapun Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII pada sekolah tersebut pada tahun ajaran 2010-2011yang berjumlah 300 siswa, dan sampel dari penelitian ini adalah 60 siswa dari kelas VII A dan kelas VII B.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) Bahwa penggunaan permainan bahasa ”uji pengetahuanmu” dan ”siapa dia” sebagai media pembelajaran telah membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan, dan dalam proses pembelajaran siswa terlihat aktif, semangat dan gembira, ini menunjukkan bahwa permainan ini sangat efektif di terapkan pada pembelajaran membaca pada sekolah ini. 2) Bahwa efektifitas penggunaan permainan bahasa ”uji pengetahuanmu” dan ”siapa dia” untuk meningkatkan keterampilan membaca telah terbukti secara nyata dan meyakinkan dengan bukti yang kuat berdasarkan dua cara, pertama berdasarkan hasil pretest-post test kelompok eksperimen dengan nilai t0 lebih besar dari nilai t tabel ( 2,04 <16,39>2,76 ), kedua berdasarkan hasil post test kelompok Eksperimen dan Kontrol nilai t0 juga lebih besar dari t tabe (2,00<4,56>2,65)

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi guru atau peneliti selanjutnya untuk mengembangkan permainan yang dipakai peneliti dalam ranah pengajaran keterampilan berbahasa yang lain seperti keterampilan berbicara, menulis, atau pembelajaran kosa kata, begitu juga agar mengembangkan memperbanyak variasinya sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan

ABSTRACT

Reading skill is one of important language skill which is necessary to improve and to develop. Reading also represents the most important lesson material because always relates to the other materials. Therefore, in the learning process of reading, teacher must use the appropriate strategy or technique of teaching, or involve the interesting learning medium and the language game to motivate the students to learn in order to help them to improve their reading skill.

The objective of research is to acknowledge the effectiveness of the language game through the questions “test your knowledge” and “who is” to improve the reading skill and the understanding of reading text among the Grade I students at MTsN Model Sorong, West Papua. Some problems are determined: (1) What is the format of the language game with the questions “test your knowledge” and “who is” to improve the reading skill of the Grade I students at MTsN Model Sorong, West Papua? (2) How is the effectiveness of the language game with the questions “test your knowledge” and “who is” to improve the reading skill of the Grade I students at MTsN Model Sorong, West Papua? The author assumes that the use of this game is effective to improve the reading skill, especially the understanding of reading text among the student at that school.

Experiment procedure used in this research. Research design is Pretest-Posttest for two groups (Experiment and Control). Research population is all The Grade VII Students in the period of 2010-2011, which is totaled to 300 students. Research sample is 60 students taken from in the VII A Class and VII B Class.

Result of research indicates that: (1) The use of the language game “test your knowledge” and “who is” is effective as the learning medium to help students to improve their reading skill and their understanding of reading text. The students have been seen active, enthusiastic and happy during the learning process; (2) The effectiveness of the language game “test your knowledge” and “who is” to improve the reading skill is obviously confirmed with strong evidence in two ways. First, it is validated by the result of pretest-posttest over experiment group, in which t0 is higher than ttable (2.04 < 16.39 > 2.76). Second, it is also supported by the result of posttest over experiment and control groups with t0 is higher than ttable (2.00 < 4.56 > 2.65) With respect to these results, the teacher and next author are expected to develop this language game in other realms of language skill teaching such as speaking skill, writing skill, and vocabulary learning. The variation may be necessary to reduce to students’ boredom and saturation.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mahmoud Adam Ibrahim, Faisol and Hasan Abdul Bari, Nur
Keywords: الألعاب اللغوية; مهارة القراءة; تعليم اللغة العربية; Arabic Teaching; Reading Skill, Language Game; Pengajaran Bahasa Arab; Keterampilan Membaca; Permainan Bahasa
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:04
Last Modified: 04 Aug 2017 08:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item View Item