Suprayati, Nely (2011) فعالية الأناشيد المعدة حسب موضوعات المواد الدراسية في ترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي بالتطبيق على طلاب مدرسة "المشهودين نهضة الوطن" المتوسطة الإسلامية بكاوو لومبوك الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fullltext)
09720101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lagu memiliki respon emosi dengan pendengarnya, sehingga lagu bisa memberi pengaruh positif terutama terhadap pelajar. Lagu bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab dengan cara menulis lirik lagu yang bersumber dari materi pelajaran yang akan disampaikan.
Metode yang akan diterapkan peneliti di Madrasah Tsanawiyah Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Lombok Tengah adalah Peningkatan Keterampilan Bicara Menggunakan Lagu-lagu Berbasis Materi Pelajaran. Alasan peneliti memilih sekolah ini adalah karena merupakan salah satu madrasah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan berdasarkan kurikulum dari Departemen Agama. Peneliti memilih kelas satu Tahun Ajaran 2010-2011 sebagai sampel penelitian.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Sejauh mana keefektifan lagu- lagu berbasis materi pelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo Lombok Tengah dalam hal pengucapan bahasa arab yang benar, penggunaan kosa kata bahasa Arab, penerapan kaidah-kaidah bahasa Arab dan berbicara bahasa Arab dengan lancar? (2) Apakah Lagu-lagu berbasis materi pelajaran memotivasi siswa kelas satu MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo selama mengikuti pembelajaran bahasa Arab?
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen (Experiment Research). Peneliti memperhatikan dan membandingkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan lagu-lagu berbasis materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan eksperimen satu kelompok (One Group Method). Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas satu MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo Lombok Tengah yang berjumlah 29 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan test
Hasil penelitian menunjukkan (1) Penggunaan lagu-lagu berbasis materi pelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan bicara siswa kelas I MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo Lombok Tengah dalam hal pengucapan bahasa arab yang benar, penggunaan kosa kata bahasa Arab, penerapan kaidah- kaidah bahasa Arab dan berbicara bahasa Arab dengan lancer. (2) Lagu-lagu berbasis materi pelajaran memotivasi siswa kelas satu MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo dalam belajar keterampilan berbicara bahasa Arab.
ABSTRACT
Song has emotion respon to its hearer, so that it can give a positive influence especially to the learner. Songs can be used to improve Arabic Speaking Skill by writing song lyrics steming from lesson items to be submitted.
The method wich will be applied by researcher to Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School is improving speaking ability by using Songs based on Lesson Items. The reason of researcher to choose this school is based on that one of The Islamic Junior High Schools wich applied KTSP (The School level of the unit Curriculum) and Departement of Religious Affair (Departemen Agama) curriculum. The researcher chosen class one in academic year 2010-2011 as research sample.
The problem formulation of this research are (1) How effective Songs based on Lesson Items in improving class one students’ ability of Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School to speak by using Arabic truly, to use vocabulary of Arabic Language, to use grammars of Arabic Language, and improving ability in conversing to use Arabic Language (2) Could Songs Based on Lesson Items motivate class one students of Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School Kawo Lombok Tengah during their participation in learning Arabic language?
The research method wich is as used is experimental research. The researcher paid attention and compared the ability of students in speaking by using Arabic Language learning by using Songs based on Lesson Items. The type of research is experimental research with one group method. The population and sampel are class one students of Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School there are 29 students. And research tools used are observation, interview, questionnaire and test.
The result of this research are (1) Arabic songs based on Lesson Items is effective in improving students’ ability of class one of Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School in speaking by using Arabic truly, using grammars of Arabic Language, using vocabulary of Arabic language, and conversing to use Arabic language. (2) Songs based on Lesson Items could motivate class one students of Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Islamic Junior High School in Arabic learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | مهارة الكلام; الأناشيد; Speaking Skill; Song; Improving Speaking Skill by Using Songs Based on Lesson Items; Keterampilan Bicara; Lagu; Peningkatan Keterampilan Bicara; Menggunakan Lagu-lagu Berbasis Materi Pelajaran | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:05 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 10:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7570 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |