Mufarrihah, Atim (2013) Desain perubahan animasi pergerakan non player character pada game 3D edukasi bahasa Arab menggunkan fuzzy mamdani. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09650192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, dan merupakan bahasa tertua di dunia serta hanya sedikit perubahan selama ribuan tahun. Dengan demikian bahasa Arab merupakan bahasa yang penting untuk difahami dalam kehidupan manusia. Akan tetapi belajar bahasa Arab tidaklah mudah, karena bahasa Arab termasuk bahasa yang rumit dan metode pembelajaran bahasa Arab selama ini juga terkesan membosankan. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian dilakukan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran bahasa Arab yaitu sebuah game 3D edukasi bahasa Arab dengan menggunakan metode fuzzy mamdani sebagai kontrol perubahan animasi pergerakan Non Player Character (NPC) yang mana metode fuzzy mamdani merupakan metode yang intuitif dan mirip dengan pemikiran manusia. Sehingga diharapakan game 3D edukasi pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih menarik. Mengacu pada penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan fuzzy mamdani sebagai kontrol perubahan animasi pergerakan Non Player Character (NPC) berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan dengan prosentase kesesuaian sebesar 95%
ENGLISH:
Arabic is the main language of 22 countries, the oldest language in the world and only a slight change for thousands of years. Thus the Arabic language is the language that important to be understood in human life. However, learning of Arabic is not easy, because the Arabic language including language that cumbersome and Arabic language learning method for this was also impressed. Based on the background of research conducted to create a media learning Arabic is an Arabic education 3D games using fuzzy mamdani as control of change the animated movement of the Non-Player Character (NPC) whose method of fuzzy mamdani is the method that is intuitive and similar to human thought. So the expected 3D games educational learning Arabic is becoming more interesting. Referring to research can be aware that the use of fuzzy mamdani as control of change the animated movement of the Non-Player Character (NPC) is going well according to plan with the percentage compliance of 95%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Syauqi, A’la | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Bahasa Arab; Pembelajaran Bahasa Arab; Game 3D; Fuzzy Mamdani; Arabic; Arabic Educational; 3D Game; Fuzzy Mamdani | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Sri Widiyanah | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:51 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:51 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7568 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |