Nasiruddin, Nasiruddin (2011) فعالية استخدام طريقة الحوار لترقية مهارة اكلام: بالتطبيق على مدرسة واحد هاشم الثنوية الإسلامية سليمان جوكجاكرتا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode adalah tatacara yang tetap yang tidak berubah sepanjang zaman. ia adalah sesuatu yang terpisah dari mata Pelajaran dan juga para pelajar, tetapi sebagai bagian integral dari pendidikan, termasuk pelajar dan kemampuan, kebutuhannya, planing, tujuan pencapaian guru dalam pelajaran, metode yang harus diikuti dalam mengatur bidang pembelajaran.
Metode bahasa Arab, khususnya dalam pendidikan keterampilan berbicara di sekolah-sekolah dan Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta khususnya, biasanya metode yang paling banyak digunakan dalam pengajaran bahasa Arab adalah Metode Qowaid dan terjemahan. Meskipun kita tahu bahwa metode ini memiliki banyak kelemahan yang membuat tidak efektif. Dan bahwa penggunaan tersebut mungkin membuat keterampilan bicara mereka membutuhkan waktu yang lama, sampai tidak ada lagi waktu untuk berlatih untuk berbicara dan hanya sedikit, siswa merasa bosan dan tidak suka. seharusnya Guru bahasa Arab harus menggunakan metode yang membuat proses pembelajaran sangat efektif, seperti menggunakan metode dialog.
Pokok masalah penelitian ini adalah: "bagaimana efektifitas penggunaan metode Percakapan terhadap peningkatan keterampilan pengucapan yang tepat dan kelancaran berbicara dan pemahaman bahasa terhadap siswa kelas satu di sekolah MA Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta"?
Metodologi penelitian ini jenis desain penelitian eksperimentatif dengan penggunaan test pretest dan post test dalam satu kelompok. Komunitas penelitian ini adalah untuk semua siswa dari kelas satu (b) di MA Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta, tahun ajaran 2010 / 2011 M, Dan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa cara penggunaan metode Percakapan dalam rangka untuk meningkatkan tingkat keterampilan siswa Berbicara sangat efektif karena hasilnya yang di dapat setelah test dengan nilai 58,31% dan setelah memakai metode ini 81,21 % pada tingkat derajat sangat baik. Dalam pengucapan yang tepat dari hasil nilai 61,7 % . setelah Penerapan pada nilai 85,2 % . Dalam Kelancaran dalam berbicara hasil pada derajat 45,25%. Setelah Penerapan pada nilai 74,3%. Dalam fahmul kalam sangat efektif karena hasilnya dengan nilai 74,0 % dengan level baik. setelah aplikasi pada nilai 86,3 %
ABSTRACT
Method is permanent tecnique and always no change how long period, Which is something separate from the material of lesson or the learner, but it is an integral part of the position education: includes the learner, his abilities, his needs, The Planning of the teacher in the purpose material of lesson, and the methods to be followed in organizing the field of learning.
The Arabic language method, especially in education of speaking skill at MA Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta the most widely used in the teaching of Arabic language is the Qowaid wa attarjamahmethod. Although we know that this method has many disadvantages and make them no effective. And that their use may make speaking skill takes a long time, until need the longer time to practice speaking, only a little. The students are bored and hate. If, it is necessary for the Arabic language teacher uses the method that makes the learning process effective, such as using the dialogue method.
The research questions are: "How effective the dialogue method in order to upgrade the skill of proper pronunciation and fluency of speech and understanding speech to the students of the first class in MA Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta?" In this research, the researcher uses experiment approach of pre test and post test in one group. The research community is to all students of the first class (b) in MA Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta, academic year 2010 / 2011 M, and Omainth is a first-grade students in this school. And the method of collecting data are observation schedule, interview, and test (Oral or speaking skill tes).
The Result of research indicate that Using the dialogue method in order to upgrade the Speaking skill for students is effective because the result modified by the application at the level of 58.31 % is weak and after the application 81.21% at the level very good. In the proper pronunciation of the result adjusted by the application at the level of 61.7 % and after application at the level of 85.2 % is very good. In fluent speech the result modified by the application at the level of 45.25 % is weak. After the application at level of 74.3 % is good. understanding of speech the result application at the level of 74.0 % is good, after the application at the level of 86.3 % is very good.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة الحوار; مهارة اكلام; The dialogue Method; speaking Skill; Metode Percakapan; Kemampuan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:06 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 13:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7567 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |