Mufida, Hadirotul (2013) Aplikasi sudoku sharaf menggunakan metode linear congruential generator sebagai pembangkit dan depht first search sebagai penyelesaian permainan berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08650072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Agama islam sudah ditetapkan oleh Allah SWT diturunkan melaluiRasul yang diutusdaribangsa Arab, sehinggakitabsuci Al-Qur'an pun diturunkan dalam bahasa Arab.Al-Qur’an sebagai kitab suci umat islam diturunkan dengan bahasa arab. Tentunya sudah menjadi kewajiban bagi umat islam untuk mempelajari bahasa arab agar dapat memahami kandungan dalam Al-Qur’an. Dalam mempelajari bahasa arab tentunya banyak cabang ilmu yang harus dipelajari, salah satunya yaitu Ilmu Sharaf.
Permasalahan siswa-siswi ketika mempelajari sharaf (bahasa arab) adalah model pembelajaran yang monoton dan tidak interaktif. Guru / ustadznya memberi penjelasan dan soal-soal sharaf sehingga seringkali siswa-siswi merasa bosan. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang interaktif dengan model pembelajaran menggunakan game untuk mempelajari ilmu sharaf.
Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian untuk menciptakan aplikasi permainan Sudoku Sharaf dengan algoritma Linear Congruential Generator sebagai pembangkit dan Depht First Search sebagai penyelesaian permainan yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaran Ilmu Sharaf. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwasanya algoritma Linear Congruential Generator mampu melakukan pengacakan soal game Sudoku sharaf dan algoritma Depth First Search (DFS) berhasil digunakan sebagai solver dengan tingkat keberhasilan 100%. Dari sisi pembelajaran game Sudoku Sharafsangat membantu untuk mempelajari dan menghafal perubahan kata (sharaf) dalam bahasa arab hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan 90,91% responden pada jurusan Agama dan 91,43% pada jurusan IPA menyatakan bahwa game Sudoku sharafmembantu proses belajar dan menghafal shighah.
ENGLISH:
Islamic religion has been established by God revealed through the Apostle who is sent from the Arabs, so that the holy book Quran was revealed in Arabic. Al-Quran as a holy book of Islam revealed to the Arabic language. Surely, it is obligatory for Muslims to learn Arabic in order to understand the content of the Qur'an. In studying the Arabic language course many disciplines that must be learned, one of which is Sharaf Science.
Problems of the students when studying sharaf (Arabic) is a learning model that monotonous and not interactive. Teacher / ustadznya give explanations and questions sharaf that students often feel bored. Necessitating an interactive learning model with a model of learning using games to learn the science of sharaf.
Based on this research to create a Sudoku game application Sharaf Congruential Generator with Linear algorithms for generating and Depht First Search as completion of a game that is expected to be a medium of learning science Sharaf. From the results of research conducted shows that the algorithm is able to perform Linear Generator Congruential scrambling about Sudoku game and algorithms sharaf Depth First Search (DFS) was successfully used as the solver with a 100% success rate. Learning the game of Sudoku Sharaf very helpful to learn and memorize the word change (sharaf) in Arabic it is evident from research conducted 90.91% of respondents in the Department of Religion and 91.43% on majoring in science states that the game Sudoku sharaf help process shighah learn and memorize.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Nugroho, Fresy | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Ilmu Sharaf; Articial Intelligent; Linear Congruential Generator; Depth First Search; Quisioner; Sharaf Science; Articial Intelligent; Linear Congruential Generator; Depth First Search; Quisioner | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:34 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:34 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7556 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |