Waziroh, Fitri Badiul (2014) Pengembangan buku bergambar materi tempat makhluk hidup pada siswa kelas 2 Semester I di Sekolah Dasar Islam as-Salam Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPA pada materi tempat makhluk hidup berdasarkan wawancara kepada guru kelas II SD Islam As-Salam Kota Malang, guru mengatakan bahwa buku yang digunakan masih berupa buku teks saja, dan kurang didukung oleh gambar yang kongkrit. Adapun materi yang terdapat pada buku teks masih terbatas oleh contoh-contoh yang kurang lengkap. Dapat dilihat juga dari hasil nilai siswa yang belum memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimum). Oleh karena itu perlu adanya buku bergambar yang mampu menyajikan contoh-contoh gambar yang menarik. Buku bergambar ini dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaan tempat makhluk hidup, karena di dalam buku bergambar terdapat latihan soal yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menyusun bentuk buku bergambar yang dikembangkan, untuk menjelaskan efektifitas dan kemenarikan buku bergambar materi tempat makhluk hidup dan menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan buku bergambar.
Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sadiman yang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian dilaksanakan di SD Islam As-Salam Kota Malang dengan subyek penelitian siswa kelas II.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli media menunjukkan persentase mencapai 86% yang berada pada kriteria sangat layak, ahli materi mencapai persentase 92% yang berada pada kriteria sangat layak, ahli pembelajaran mencapai persentase 88% yang berada dalam kriteria sangat layak, dan hasil uji coba lapangan mencapai 83,5% yang berada dalam kriteria layak. Hal ini menyatakan bahwa buku bergambar efektif dan menarik. Hasil belajar siswa rata- rata nilai pre-test 67,15 dan nilai post-test 85,15. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji T menghasilkan thitung 6,097 dan ttabel 1,729 Yang artinya thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku bergambar yang dikembangkan. Dengan menggunakan uji T tersebut buku bergambar yang telah dibuat mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Background of this development research is a fact that the science learning refers to living things material based on interviewed with the 2 nd grade teacher in SD Islam As-Salam Malang, the teachers said that the book is just in textbook style and less supported by the concrete images. The materials in a textbook are limited by the incompleteness of examples. In other side, the author can explained from the outcomes learning that not reached KKM (minimum completeness criteria) yet. Because of it, there needs a picture books to provide the interesting images as a examples. This picture book can help the students to understand the living things material, because the inside of the book there are several exercises and it will help the students to understanding more the material.
The aim of the this development research is to compile the picture book type that developed, to describe the effectiveness and attractiveness of the picture book in the living things material and explain the increasing outcomes learning by using the picture book.
The development of this research is using Research and Development (R & D) type. This study refers to Sadimans development model that has six steps in the development procedure. The experiment was conducted in SD Islam As-Salam Malang with the 2nd grade students as the subjects of research.
Based on the results of the validation of media expert, shows the percentage reached 86% which is at a very decent criteria, a material percentage reaches in 92%, which is at a very decent criteria, a learning percentage reached 88%, which are in very feasible criteria, and the results of field trials to reach 83.5% that explained in feasible criteria. It is claimed that an effective and attractive images book. Student learning outcomes the average value of 67.15 and a pre-test post-test value of 85.15. Based on analysis using T test and produce tcount 6,097 and ttable 1,729 Which means that tcount is bigger than t table. Thus, there is a significant difference to the picture book developed. By using the Ttest , the picture books that have been made to increase student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Bergambar; Tempat Makhluk Hidup; Kelas II SD/MI; Development; Picture Book; a Living Creature; 2nd Grade of Elementary School/Islamic Elementary School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:22 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7555 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |