Wastyanti, Afina (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis Adobe Flash pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya Kelas V di MIN Gedog Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis tentang gejala alam. Belajar ilmu pengetahuan alam merupakan proses aktif, di mana dalam proses pembelajarannya menekankan pada keaktifan siswa dengan tujuan agar siswa mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keterbatasan bahan ajar yang ada di sekolah merupakan salah problematika pendidikan yang dapat menghambat keberhasilan proses belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam penelitian ini mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia (adobe flash) yang berkaitan dengan pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Bahan ajar berbasis multimedia (adobe flash) merupakan strategi dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan penyajian materi secara konkrit kepada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development. Pengembangan atau Research and Development adalah adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan dan kemenarikan produk tersebut. Model yang digunakan dalm pengembangan bahan ajar ini mengacu pada mode Walter Dick and Low Carey. Langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar ini delapan tahap, (1) analisis karakteristik siswa, (2) melakukan analisis SK-KD dan tujuan pembelajaran, (3) memilih bahan ajar, (4) pengembangan atau penyususnan bahan ajar, (5) menyususn soal pre-test dan post-test,(6) pelaksanaan validasi ahli, (7) revisi produk berdasarkan hasil validasi, (8) penggunaan bahan ajar. Penelitian ini di laksanakan di MIN Gedog Kota Blitar.
Hasil validasi dari ahli isi matei bahan ajar menunjukkan persentase mencapai 82% yang berada pada kriteria valid, ahli desain bahan ajar mencapai persentase 82% yang berada pada kriteria layak, validasi ahli pembelajaran bidang studi ilmu pengetahuan alam kelas V mencapai persentase 90% yang berada pada kriteria layak. Kualifikasi keefektivan dan kemenarikan bahan ajar berbasis multimedia (adobe flash) diberikan kepada siswa dengan analisis keseluruhan mencapai 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar sangat efektif dan sangat menarik serta layak untuk digunakan oleh siswa.
Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis multimedia (adobe flash) dilakukan pre-test dan post-test pada siswa kelas V MIN Gedog Kota Blitar. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung 4,51 dan ttabel 1,697 atau thitung > ttabel, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan produk hasil pengembangan bahan ajar ini. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia (adobe flash) yang telah dikembangkan sangat berpengaruh pada hasil beljar siswa.
ENGLISH:
Science is a collection of systematically knowledge about natural phenomena. Learning science is an active process, which the learning process stressing in involvement of student’s activeness in order to student can learn about themselves and the nature and apply in everyday of their life. Limitations of existing teaching materials in school is a problems of education that can hinder the success of the learning process. To overcome this, this study developed a teaching material based on multimedia (adobe flash). Teaching materials based on multimedia (adobe flash) is an effective strategy in the learning process and the presentation of the concrete material to the students.
The method that used in this research is a method of research and development or Reseacrh and Development. Development or Research and Development is a method to produce a particular product and test the effectiveness and attractiveness of the product. The model used to development of teaching materials refers to the mode of Walter Dick and Carey Low’s model. The steps in development of teaching materials is consist in eight steps, (1) identification of student characteristics, (2) analyzing the SK-KD and learning objectives, (3) selecting instructional materials, (4) the development or prepare the teaching materials, (5) arranged the pre-test and post-test material, (6) implementation of expert validation, (7) product revision based on the results of the validation, (8) the use of instructional materials. This study was carried out in MIN Gedog Blitar.
The results of the validation from the expert content of teaching materials showed the percentage reached 82% which is the valid criteria, the expert design teaching materials reach the percentage of 82% which is at a decent criteria, validation of the expert learning in science subjects 5th grade reaches the percentage of 90% which is at worth criteria. Qualifications effectiveness and attractiveness of teaching materials based on multimedia (adobe flash) is given to students with an overall analysis reaches 87.5%. This suggests that the teaching materials are very effective and very attractive and feasible to use by students.
To find an increase learning outcomes by using teaching materials based on multimedia (adobe flash) conducted by pre-test and post-test in 5th grade MIN Gedog Blitar. Based on the analysis using t-test produces tcount 4.51 and 1.697 ttable or tcount> t table, so there is a significant difference after using the product of the development teaching materials. This suggests that teaching materials based on multimedia (adobe flash) which has developed very influential on the outcome learning students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; IPA; Adobe Flash; Development; Instructional Materials; Science; Adobe Flash | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:22 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7552 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |