Santoso, Teguh (2013) Rancang bangun game catur untuk smartphone dengan metode forward chaining pruning. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08650051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permainan catur adalah permainan strategi yang melibatkan dua pemain, sebidang papan catur dan beberapa bidak. Dalam permainan catur, kedua pemain secara bergantian melakukan langkah dengan memindahkan bidak dari satu kotak ke kotak lainnya. Sebelum melangkah, pemain akan menentukan langkah terbaik yang bisa diambil. Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka komputer dapat bermain catur sebagaimana manusia. Komputer seolah-olah dapat berpikir sebagaimana manusia dalam menentukan langkah yang akan diambil.
Dalam penentuan langkah yang akan diambil, komputer menggunakan perhitungan dengan formulasi-formulasi (algoritma) yang sudah dikenal secara umum. Algoritma seperti forward chaining dan pruning merupakan cabang dari kecerdasan buatan. Forward Chaining (runut maju) menggunakan himpunan aturan kondisi-aksi. Dalam metode ini, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan dengan menambahkan data ke memori kerja. Proses diulang sampai ditemukan suatu hasil. Sedangkan Pruning (pemangkasan tree) merupakan bagian dari proses pembentukan decision tree. Saat pembentukan decision tree, beberapa node merupakan outlier maupun hasil dari noise data. Penerapan pruning pada decision tree dapat mengurangi outlier maupun noise data pada decision tree awal sehingga dapat meningkatkan akurasi pada klasifikasi data. Dalam hal ini pelacakan dimulai dari informasi masukan, dan selanjutnya mencoba menggambarkan kesimpulan. Dengan menggunakan algoritma forward chaining dan pruning diperoleh hasil pencarian langkah terbaik dengan waktu berpikir pemain komputer pada level pemula antara 4 – 5 detik, level menengah antara 8 – 10 detik, lanjut antara 29 – 30 detik, dan master antara 59 – 60 detik. Sehingga semakin tinggi level yang digunakan dalam permainan, maka semakin banyak pula waktu permainan komputer yang dibutuhkan untuk mencari langkah terbaik.
ENGLISH:
Chess is a strategy game that involves two players, chess piece and a few pawns. In the game of chess, both players move alternately perform by moving the pawn from one box to another. Before moving, the player will determine the best steps that can be taken. With the development of computer technology, the computer can play chess as humans. Computer as though you may think as humans in determining the steps to be taken.
In determining the measures to be taken, using computer calculations formulations (algorithm) that is known in general. Algorithms such as forward chaining and pruning a branch of artificial intelligence. Forward Chaining (trace forward) using a set of condition- action rules. In this method, the data is used to determine which rules are to be executed, then the rule is implemented by adding data to the working memory. The process is repeated until you find a result. While Pruning (tree trimming) is part of the process of formation of decision tree. When the formation of decision tree, some nodes are outliers and the results of the noise data. Application of the decision tree pruning can reduce outliers and noise data on the decision tree early so as to improve the accuracy of the data classification. In this case begins tracking the input information, and then try to describe conclusions. By using the forward chaining and pruning algorithm obtained the best results with a time step thinking computer players at beginner level between 4-5 seconds, intermediate level between 8-10 seconds, advanced level between 29-30 seconds, and the master level between 59-60 seconds. So the higher level used in the game, more time game to computer is needed to find the best move.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Syauqi, A’la | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Catur; Forward Chaining; Pruning; Chess; Forward Chaining; Pruning | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:35 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7545 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |