ستخدام قصص الحكايات الشعبية لتنمية مهارة القراءة للتدرس الاضافي: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة كاديري جاوى الشرقي

Maftuhah, Millatul (2011) ستخدام قصص الحكايات الشعبية لتنمية مهارة القراءة للتدرس الاضافي: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة كاديري جاوى الشرقي. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan ektra kurikuler pada suatu lembaga pendidikan bertujuan membantu dan mengantarkan siswa untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan yang ada pada diri siswa. Pada Madrasah Aliyah Negeri kota Kediri 3 misalnya, memberi kesempatan dan mendorong siswa-siswanya untuk mengasah ketrampilan mereka dengan mengadakan berbagai kegiatan yang juga mendukung kegiatan belajar dipagi hari. Salah satu dari kegiatan ekskul pada madrasah ini adalah Arabic-English Matrix club.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan folklor dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas X pada Madrasah Aliyah Negeri 3 kediri. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan qualitative dan kualitatif dimana peneliti mendesain pre-test dan post-tes terhadap dua kelompok (control & eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan menggunakan sampel berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa dikelas control dan 20 siswa di kelas eksperimen.

Dari hasil penelitian ini adalah: (1). Penggunaan cerita rakyat dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan berbagai methode pembelajaran yang menarik sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar siswa dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. (2). Hasil ekperimen menunjukkan bahwa penggunaan folklor atau cerita rakyat dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya dalam kemampuan membaca.

Dari hasil penelitian diatas, sudah semestinya folklor dapat dipakai untuk sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk menumbuhkan minat siwa dalam belajar bahasa Arab dan meningkatkan kemampuan membaca. Selain itu

penulis berharap agar hasil peneliatian menjadi referensi untuk penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga dapat dikembangkan kedalam bentuk bahan ajar lainnya.

ABSTRACT

Extracurricular activities at an educational institution aim to assist and deliver students to develop their talents and skills. For example, Man 3 provides opportunities and encourages student to develop their skills by conducting various activities that also support learning activities in the morning. One of the activities is Arabic-English Matrix Club.

This research aims to know the effectiveness using folklore to improve students’ reading skill at tenth grade of Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. It uses qualitative and quantitative approach designed by using pre-test and post-test for both group (control and experiment). From the total of population in the tenth grade student, the researcher has taken 40 students consisting of 20 students for control group and 20 students for experiment group.

The results of this research are obtained as follow: (1). The use of folklore in teaching reading by interactive learning method is effective to improve student’s reading interest and ability (2). The use of folklore could improve the student’s reading ability.

Based on this research, the use of folklore must be taken more attention as one of teaching material to improve student’s interest in Arabic learning and to improve reading ability. Furthermore, the researcher hopes that the result of this research becomes the reference for the other research that related with it and it could developed for the other teaching materials.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Huda, Miftahul and Mohamed Baheet, Bakri
Keywords: قصص الحكايات الشعبية; مهارة القراءة; درس الاضافي; المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة كاديري جاوى الشرقية; Cerita Rakyat; Kemahiran Membaca; Ektra-Kurikuler; MAN 3; Folklore, Reading; Extracurricular; MAN 3 Kediri
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:07
Last Modified: 04 Aug 2017 08:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item