Fahruddin, Lalu Ahmad (2011) إعداد وسيلة البرنامج الحاسوبي ديلفي سيفن اتدريس مهارة الاستماع: بحث تجريبي في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثانية النموجية متارام. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
4.09720096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Media Pengajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena eksistensinya mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam upaya membangkitkan dan memusatkan perhatian para siswa pada pelajaran, menambah pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi mereka sekaligus menjadikan mereka betul-betul siap menerima pelajaran.
Dalam era teknologi dan informasi seperti sekarang ini, sudah saatnya dan sepantasnya kita mampu memanfaatkan ketersediaan peralatan-peralatan modern yang ada di tengah-tengah kita seperti komputer yang mampu menciptakan proses dan hasil pembelajaran yang lebih berkualitas.
Pengajaran Bahasa Arab di MAN 2 Unggulan Mataram -menurut pengamatan peneliti- masih belum berjalan dengan efektif karena masih dijumpainya beberapa persoalan penting, diantaranya, minimnya media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Sejalan dengan itu para siswa juga merasa bosan, malas dan kurang antusias dalam menerima pelajaran.
Oleh karena itu, menghadapi permasalahan-permasalahan serupa, maka menjadi suatu keniscayaan bagi guru untuk dapat menuangkan inovasi dan kreativitasnya guna menciptakan dan mendesain strategi pengajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan, salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran dengan dengan menggunakan program komputer seperti Borland Delphi 7.0.
Rumusan Masalah : "Sejauhmana efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan program komputer (Delphi 7.0) dalam pengajaran kemahiran mendengarkan Bahasa Arab di MAN 2 Unggulan Mataram?".
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Populasi penelitian adalah 311 siswa kelas X MAN 2 Unggulan Mataram dengan sampel 29 siswa kelas X-A dan 30 siswa kelas X-B Tahun Pelajaran 2010-2011.
Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket serta tes kecakapan mendengarkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan program komputer (Delphi 7.0) sebagai media pengajaran terbukti efektif meningkatkan kecakapan mendengarkan siswa kelas sepuluh MAN 2 Unggulan Mataram dengan melihat kenyataan meningkatnya motivasi belajar para siswa yang pada akhirnya berefek pada meningkatnya kemampuan mendengarkan. Kemampuan dan kecakapan siswa dalam mendengarkan meningkat sebagaimana terlihat pada perbandingan nilai antara pre test dan post test kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa diperoleh t hitung sebesar 3,63. Selanjutnya berkonsultasi pada nilai t tabel dengan N = 28 dan taraf signifikansi 5% = 2,05 serta 1% = 2,76. Demikian juga halnya dengan perbedaan antara hasil post test kelas kontrol dan post test kelas eksperimen. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 3,96, selanjutnya berkonsultasi pada nilai t tabel dengan N = 58 dan taraf signifikansi 5% = 2,00 serta 1% = 2,66. Maka, t hitung dari keduanya lebih besar dari pada t tabel, sehingga H0 ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Istima’ dengan menggunakan program komputer (Delphi 7.0) dengan selainnya. Bukti ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran kecakapan mendengarkan Bahasa Arab.
ABSTRACT
Teaching Aids is a very important aspect in teaching-learning process, because it has significant influence in attracting and keeping student’s attention during a class session, enriching learning experience, improving their motivation, and preparing their mentality to receive the lesson.
In the recent technological and informational era, we need to utilize modern equipments, such as computer, to improve the quality of learning process and its out put.
According to researcher’s observation, Arabic teaching in Islamic High School (MAN) 2 Unggulan Mataram is less effective because there are some main problems, for instance: there is no appropriate learning media that is coherence with the curriculum. Consequently, the students could easily get bored, less motivated and less enthusiastic in accepting the lesson.
Therefore, to solve the problems, teachers have to generate creative ideas and innovation to create and design a more attractive instruction strategy that would make teaching-learning process more effective. One of possible solutions is utilizing computer programming, such as Borland Delphi 7.0 in designing an instructional media.
The Problem statement of this research is "How effective the utilization of a computer programming (Delphi 7.0) in developing the listening skill of Arabic language (Experiment Research in MAN 2 Unggulan Mataram)?"
This research used experimental research that consists of four steps: planning, action, observation and reflection. The population was 311 student at the 10th grade in the year of study 2010-2011, with the sample of 29 students from X-A and 30 students from X-B. The instruments for this research were researcher himself, observation schedule, interview, questionnaire and test (listening skill test).
The result of the research indicates that using computer programming as an instructional media was proven to be an effective way of improving listening skill of the Students at first class in MAN 2 Mataram. It increased the students’ learning motivation, by which, at the end, increasing their ability on listening. The increasing of their listening ability is indicated at the differences between pre-test
and post-test score of the experiment class. Those t arithmatic = 3,96 and t table at significant level 5% = 2,00 and 1% = 2,75. also reflect differences between post- test of experiment and control class. Those t arithmatic = 3,63 and t table at significant level 5% = 2,05 and 1% = 2,66. Both values indicate the H0 is denied. It’s means that using Delphi 7.0 computer programming in improving listening skill of arabic language acquisition is more effective than the conventional one. These Evidences prove that all students tended to increase their listening skill of Arabic
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | برنامج الحاسوبي ديلفي سيفن اتدريس مهارة الاستماع; Program Komputer; Kemahiran Mendengarkan; Computer Programming; Listening Skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:08 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 14:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7535 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |