Mulyani, Titi (2014) Implementasi strategi REACT dalam meningkatkan keterampilan berhitung bilangan pecahan siswa kelas V A MIN Gedog Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam suatu proses pembelajaran strategi atau metode yang digunakan oleh seorang pendidik atau guru sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan dalam pembelajaran, agar materi yang diajarkan dapat mudah dimengerti dan di serap oleh peserta didik. Guru harus pandai memilih strategiyang cocok dan disesuaikan dengan materi yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran dan proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan siswa yang membuat siswa merasa bosan dan malas dalam proses pembelajaran.
Strategi REACT adalah suatu strategi dimana seorang guru dalam pembelajaran selalu mengaitkan persoalan – persoalan maupun contoh dengan kehidupan sehari-hari. Strategi REACT ini merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan keterkaitan (relating), pengalaman langsung (experiencing), penerapan atau aplikasi (appliying), kerjasama (cooperating), dan alih pengetahuan (transfering). Implementasi menggunakan strategi ini siswa dapat menemukan sendiri cara untuk menyelesaikan suatu perhitungan bilangan pecahan dengan berdiskusi dengan teman kelompoknya.
Penelitian berlangsung di MIN Gedog Kota Blitar dengan obyek penelitian kelas V A. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi strategi REACT untuk meningkatkan keterampilan berhitung bilangan pecahan siswa kelas VA MIN Gedog Kota Blitar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini lebih memfokuskan pada penggunaan strategi REACT untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan enam kali pertemuan.
Hasil penelitian yang telah diakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa implementasi strategi REACT dapat meningkatkan keterampilan berhitung bilangan pecahan yang siswa kelas V A MIN Gedog Kota Blitar. Hal ini dapat diketahui dari proses pembelajaran dengan strategi REACT pada tiap pertemuan dan nilai siswa pada pre test dan post test yang dilakukan. Sebelumnya nilai mereka sangat rendah dan sedikit siswa yang memenuhi standar KKM. Setelah dilaksanakanya pembelajaran dengan strategi REACT siswa lebih aktif dan lebih bersemangat dalam belajar karena dalam pembelajaran juga terdapat unsur cooperating yang sangat bermanfaat untuk siswa dalam bertukar pendapat untuk mengembangkan fikiran ataupun ilmu yang dimilikinya. Sebelum diterapkanya pembelajaran ini siswa kurang aktif dan prestasi yang ditunjukan siswa melalui nilai – nilai yang saya dapatkan dari guru pengampu mata pelajaran matematika kelas V A ini dibawah standa KKM (70). Dari dua siklus yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat dilihat dari hasil pre test sampai post test, siswa mengalami peningkatan pada hasil pre test yang dilakukan dari 32 siswa kelas V yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM yaitu 12 siswa atau sebesar 37,5%, pada siklus 1 post test yang dilakukan dari 32 siswa yang memperoleh nilai sesuai standar KKM yaitu sebanyak 23 siswa atau sebesar 71,78% dan pada siklus II post test diperoleh hasil dari 32 siswa yang memenuhi nilai sesuai standar KKM yaitu 27 siswa atau sebesar 84, 37 %. Jadi nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 46,87% dari pre test awal 37,5% menjadi 84,37% pada post test siklus II. Selain itu proses pelaksanaan strategi REACT dalam pembelajaran juga 74,4% dapat dijalankan dengan baik.
ENGLISH:
In the process of teaching, strategy or method that’s used by the teacher is very important for determining the success in a teaching, in order to the students can understand the subject well. Teacher must be clever and smart in choosing the the strategy for teaching and choosing the strategy that’s suitable with the subject, so the teaching will be run well, not annoying or boring, because it can make the students be lazy to do studying.
The strategy of REACT is a strategy that’s the teacher always relates the problems or examples in the daily life. This REACT strategy is an strategy that gives priority to relate, experience, apply, cooperate, and transfer. The implementation in using this strategy makes the students can find by them selves how to solve their problems in accounting fraction by cooperating with their friends.
This research is a class room research that using qualitative approach and descriptive with this kind of research is a class room research. This research focuses more to use strategy of REACT for improving skill of students in accounting. The method of collecting files is observation method, interview, and documentary. This research runs twice with 6 meetings.
The result that has done by the researcher, shows that the implementation of REACT strategy can improve the skill of accounting fractions for students of V A MIN Gedog Blitar City. This case can be known from the process of teaching using the strategy of REACT in every meeting and the value of student in pre test and post test that’s done. Before it, the value of students is so low, the student that can reach the KKM just little. After doing the teaching by using the strategy of REACT, students come more active and more spirit in studying because in teaching it has a cooperating unsure that’s very usefull for students in discussing about science. Before using this method, students were not so active and their value, the students of V A, most of it is under standart of KKM (70). From the two cycles that’s done by the researcher, it can be seen that from the result of pre test and post test, students improved, from the pre test that’s done by 32 students of Grade V, the result of value is suitable with the standart of KKM, it reaches 23 students or 71,78%, and at the second cycle post test is done by 32 students and the students that can reach up to the standart of KKM is 27 students or 84, 37%. So the value of students improved until 46,87% from the pre test from the 37,5% to 84,37% at the post test of second cycle. The other it, the process of practicing strategy of REACT in a teaching is 74,4% run well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumastuti, Ari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi REACT; Meningkatkan Keterampilan Berhitung Bilangan Pecahan; Improving Skill of Accounting Fraction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7531 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |