Lusiana, Wuwuk (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum materi sifat benda dan perubahannya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III di MI Sunan Giri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menekankan pada pemberian pengalaman langsung yang bermakna pada siswa. Kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA dapat melatih kemandirian siswa untuk mengembangakan kompetensi agar lebih memahami konsep-konsep materi. Hal tersebut menjadi sebuah harapan bagi guru IPA kelas III di MI Sunan Giri Malang, karena melihat juga hasil prestasi siswa yang banyak di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan adanya pengembangan bahan ajar berbasis praktikum ini dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III materi sifat benda dan perubahannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis praktikum dan mendeskripsikan hasil penerapan dari bahan ajar tersebut pada siswa kelas III di MI Sunan Giri Malang.
Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan menerapkan dari model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah dalam prosedur pengembangannya yaitu Analisis, Desain, Development/Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di MI Sunan Giri Kota Malang dengan subyek penelitian siswa kelas III.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli isi bahan ajar ini menunjukkan persentase mencapai 90% yang berada pada kualifikasi sangat layak, ahli desain mencapai persentase 84% yang berada pada kualifikasi layak, validasi guru mata pelajaran mencapai persentase 75% yang berada pada kualifikasi cukup layak. Hasil penerapan bahan ajar tersebut dilihat berdasarkan dari hasil pre-test dan post-test. Hasil rata-rata pre-test mencapai nilai 69,42 dan rata-rata nilai Post-tes adalah 84,28. Sedangkan pada perhitungan uji t manual denan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 9,787>1,761. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat validasn yang tinggi, sehingga bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahamn konsep siswa kelas III di MI Sunan Giri Malang.
ENGLISH:
Learning of Natural Sciences (IPA) emphasizes on granting direct experience that meaningful for students. Practical activities in learning of IPA can train students autonomous to grow up students competence in understanding more matter concepts. It becomes an expectation for teachers of IPA in 3rd grade at MI of Sunan Giri Malang, because there are many student achievement under the KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). By development of learning materials based on practical work, help teacher in learning process, so can enhance understanding in thing characteristic and change concept of students in 3rd grade at MI of Sunan Giri Malang.
The purpose of this research to produce learning materials based on practical work, and describes the results of implementation of learning materials in students in 3rd grade at MI of Sunan Giri Malang.
This Research uses research type of Research and Development (R & D), by applying development model of ADDIE, that has five steps in development procedure such as analysis, design, Development, implementation and evaluation. The research was carried out in MI of Sunan Giri Malang with research subjects
students at 3rd grade.
Based on validation results of contents profesional of learning materials shows the percentage reaches 90% on very decent qualification, design profesional reaches a percentage of 84% on decent qualification, validation of teacher subjects achieved a percentage of 75% on the qualifying was quite decent. Implementation results of learning materials seen from pretest and posttest. The average Pre-test reaches score of 69,42 and the average Post-test is 84,28. . While on t-test calculations manually with significance level 0.05 obtained tcounting ≥ ttable, i.e. 9,787>1,761. This means, Ho is rejected and Ha accepted. So, there are significance differences on learning materials that developed. The difference significant results prove that practical work based on learning materials that have been developed by researcher able to enhance an understanding concept of
students at 3rd grade in Sunan Giri MI Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar IPA; Praktikum; Pemahaman Konsep; Learning Material of IPA; Practical Work; Understanding in Concept | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7528 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |