Nailufar, Naily (2014) Pengembangan bahan ajar Aqidah Akhlak dalam bentuk buku saku 99 Asmaul Husna untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darussalam Pejangkungan Prambon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar Aqidah Akhlak dalam bentuk buku saku 99 Asmaul Husna berdasarkan kenyataan yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap materi al-Asma’ al-Husna masih belum bisa dikatakan berhasil. Hal ini dikarenakan IQ siswa yang rendah, dan belum ada bahan ajar yang digunakan dan dikembangkan. Dengan dikembangkannya dalam bentuk buku saku 99 Asmaul Husna ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi. Selain itu buku saku ini juga bisa membantu siswa untuk menghafal 99 Asmaul Husna, mengetahui manfaat, dan cara meneladaninya. Buku saku 99 Asmaul Husna ini terdapat kisah, informasi dan permainan sehingga menjadikan materi menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu penelitian ini adalah untuk 1) menjelaskan keefektifan dan kemenarikan bahan ajar, 2) menjelaskan proses pengembangan bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui buku saku
99 Asmaul Husna.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development. Pengembangan atau Reseacrh and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan dan kemenarikan produk tersebut. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan dari Borg and Gall, 1983. Tahap dalam pengembangan bahan ajar ini ada empat tahap yaitu: 1) tahap pengembangan, 2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji coba produk, (4) tahap pasca pengembangan.
Hasil dari pengembangan bahan ajar Aqidah Akhlak dalam bentuk buku saku 99 Asmaul Husna adalah: 1) keefektifan dan kemenarikan bahan ajar telah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100%, ahli desain dan media pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 86%, uji ahli pembelajaran Aqidah Akhlak mencapai tingkat kevalidan 80%, dan uji coba lapangan mencapai tingkat kevalidan 87,7%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangakan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sedangkan 2) dalam proses pengembangan bahan ajar telah dilakukan beberapa hal, yaitu: membuat soal pre-test berupa pilihan ganda, menjelaskan materi, menerapkan buku saku 99 Asmaul Husna pada siswa dalam bentuk kelompok, dan yang terakhir adalah melakukan post-test pada siswa.
ENGLISH:
The development of Material Moral Beliefs in a pocket book 99 of Asmaul Husna according to the fact that showed the student achievment to the material al-Asma’ al-Husna still can’t say success because of the lower of IQ. And the less of media that used to improve in the school, it needed improvment in a pocket book 99 of Asmaul Husna its can help the student to understand the easy material that taught by the subject teacher. The others of this book also helped the student to memorize 99 of Asmaul Husna and khow the advantage, and the student can understand easily. The pocket book 99 of Asmaul Husna that were history or information also games, made this interesting material to study. The purpose of this development to make the material became effective and interesting, to increase the material and to discribe student achievment through pocket book 99 of Asmaul Husna.
The metode that used in this research Development was Research & Development. Research and Development was research metode that used to make definite product and to know the effective and interesting of this product. This model that used was the model development from Borg and Gall, 1983. This steps in this material development had 4 steps, thats were: 1) development step, 2) product development step, 3) products tryments step, 4) post-development step.
The moral beliefs material achievment in a pocket book 99 of Asmaul Husna was validity according to the material tryments results at reach 100%, design and media science at reach 86% validity, the learning trying of moral beliefs at reach 80% validity and the try out of field at reach 87,7% validity. From this validity, it knew that the material that were developed confortable used in the teaching and learning process. In development process of learning media was done in some steps, namely making pre-test task like multiple choice, material explanation, pocket book of 99 asma’ul Husna application toward student in group and the last was doing the post-test to the students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Buku Saku 99 Asmaul Husna; Hasil Belajar; Material Development; Pocket Books; 99 Of Asmaul Husna; Achievment Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:18 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |