Nisak, Naimatun (2014) Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembentuk karakter siswa di SD Alam Ar Rohmah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan terjadinya globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang timbul adalah terjadinya pergeseran nilai dalam realita kehidupan, baik secara pribadi, masyarakat, maupun kehidupan berbangsa. Melihat perubahan-perubahan yang terjadi maka menjaga jati diri dan karakter sangatlah penting. Menjaga karakter bangsa dapat dilakukan dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Agar pendidikan karakter dapat benar-benar tersampaikan, maka harus dengan menggunakan media yang tepat. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan lingkungan yang ada seperti yang telah diterapkan di SD Alam ArRohmah Malang.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memberikan batasan masalah agar penelitian dapat lebih terfokus, yaitu meliputi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembentuk karakter siswa melalui kegiatan Pandu Hidayatullah dan Market Day, serta tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana perencanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembentuk karakter siswa, bagaimana pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembentuk karakter siswa, dan bagaimana hasil karakter siswa di SD Alam ArRohmah Malang.
Penelitian ini dilakukan di SD Alam ArRohmah Malang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada dua jenis lingkungan yang dimanfaatkan dalam membentuk karakter, yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan alam digunakan sebagai media pembentuk karakter siswa melalui kegiatan Pandu Hidayatullah, sedangkan lingkungan sosial melalui kegiatan Market Day. Perencanaan kegiatan Pandu Hidayatullah dilakukan secara bersama dengan seluruh pendidik dalam lingkup yayasan Hidayatullah, sedangkan perencanaan Market Day dilakukan melalui rapat mingguan bersama dewan guru di SD Alam ArRohmah Malang. Hasil karakter yang diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan alam melalui kegiatan Pandu Hidayatullah adalah disiplin, cinta alam, komunikatif, dan syukur. Sedangkan karakter yang diperoleh dari pemanfaatan lingkungan sebagai media pembentuk karakter melalui kegiatan Market Day adalah percaya diri, kreatif, dan jujur.
ABSTRACT
The development of information technology and globalization bring both positive and negative impacts. One of the negative impacts is to shift the value in the reality of life, either in person, society, and life as a nation. Looking at the changes that occurred then keeping the identity and character is very important. Keeping the character of a nation can be done by implementing character education in schools. In order for character education can actually be delivered, it must be using the right media. One of the medias that can be used is the environment as it has been applied in the Natural Elemantary School ofArRohmah Malang.
Based on the background above, the researcher gives boundary of problem to be more focusedin study, which includes the use of the environment as a media for the character builder of students through the activities Pandu Hidayatullah and Market Day, and three problems statements, namely how to use planning environment as a media of character builder for students? How is the implementation of the use of the environment as a media of character builder for students? How the character of students in Natural Elementary School of ArRohmah Malang?
This research was conducted in Natural Elementary School of Ar Rohmah Malang. The method used isqualitative descriptive research. The data was collected by using observation, interviews, and documentationmethods. Data collected is in the form of words thatwere analyzedby using qualitative descriptive techniques.
The results obtained shows that there are two types of environments are utilized in building the character, the natural environment and social environment. Natural environmentis used as a character builder media for students through Pandu Hidayatullah, while the social environment through Market Day. Planning activities of Pandu Hidayatullah was conducted along with all educators within the scope of the foundation Hidayatullah, while the Market Day planning is done through weekly meetings with the board of teachers in Natural Elementary School of Ar Rohmah Malang. The results were obtained by utilizing the character of the natural environment through Pandu Hidayatullah activities are discipline, love of nature, communicative, and gratitude. While the characters are derived from the use of the environment as a character builder media through Market Day is the confident, creative, and honest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemanfaatan; Lingkungan; Karakter Siswa; Utilization; Environment; Character Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:19 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2023 11:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7513 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |