Rahma, Arika Aulia (2014) Penerapan media Circular Cards dengan teknik Substitution untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Sonowangi 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam era globalisasi setiap manusia tidak hanya dituntut untuk memiliki pendidikan yang tinggi, namun juga harus memiliki keterampilan. Keterampilan yang harus dimiliki adalah khususnya keterampilan berbahasa. Mengingat bahasa adalah jendela untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pada era globalisasi saat ini, bahasa Internasional yang sering digunakan adalah Bahasa Inggris. Pada pembelajaran Bahasa Inggris, kendala yang dihadapi adalah kemampuan siswa dalam mendengarkan, membaca, menulis, dan pelafalan kosa kata masih kurang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Sonowangi 01 dengan menerapkan media circular cards dengan teknik substitution.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflekstif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan yang dilakukanya itu, serta untuk memperbaiki kondisi nyata dimana praktik pelaksanaan pembelajaran tersebut dilakukan di dalam kelas. Pada penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris dan penelitian dikhususkan pada siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 27.
Hasil dari penerapan media circular cards dengan teknik subtitution terhadap peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kelas V SDN Sonowangi adalah prosentase siswa yang dinyatakan tuntas pada pelaksanaan pre-test adalah 88,8% siswa dinyatakan tidak tuntas, sedangkan 11.2% siswa dinyatakan tuntas. Pada siklus I pertemuan pertama prosentase siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 18, 55% dan 81,45 % siswa dinyatakan tidak tuntas. Untuk siklus I pertemuan kedua prosentase siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 18,55% dan 81,45 siswa dinyatakan tidak tuntas, namun semua aspek penilaian mulai meningkat.
Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama prosentase siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 75 % dan siswa yang dinyatakan tidak tuntas sebesar 25 %. Dan pada siklus II perteman kedua prosentase siswa yang dinyatakan tuntas mencapai angka 93 % dan siswa yang dinyatakan tidak tuntas sebesar 2 %. Berdasarkan hasil tersebut maka, penerapan media circular cards dengan teknik substitution dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Sonowangi 01.
ENGLISH:
In this globalization era, people are not only demanded to have a qualified education, but also they have to have a competent skill. The skill that is supposed exactly is about language skill. It is regarding that language is becoming the main vehicle to get information people needed. In today era, the international language is English that almost people are speaking with it as their second language. However, some problems occur when learning English especially for students improving the ability in listening, writing, reading, and the less of pronunciation skill.
This research is purposed to know the improvement of English vocabulary of the fifth grade elementary student SDN Sonowangi 01 by applying circular cards media with substitution technique.
The qualitative phenomenological is applied in this research and the type of this research is Classroom Action Research. It is a kind of reflective research type that is done by the doer to improve the rational ability from the action being done, also; it is to improve the real condition where the practice is done in class by the researcher. In this case, the researcher is collaborating with the English lesson teacher focusing on the fourth grade students as many 27 students.
The result of circular cards media application with substitution technique toward the improvement of English vocabulary of the fifth grade elementary student SDN Sonowangi 01 is student pre-test percentages, there are 88,8% are passed from the test , while there are 11,2 % students do not pass the test. The first meeting of first cycle student are asserted passing the test up to 18,55% and 81,45% students are failed. Then, the second meeting as 18, 55% students passed and 81,45% are failed in the test but all of the aspects got better improvement.
Afterward, the first meeting of second cycle, the student who passed as 75% and about 25% are failed. The second meeting, 93% students could pass the test and students are failed is only 2%. Regarding to the result shown before, the application of circular cards media with substitution technique could improve student English vocabularies especially students of the fifth grade elementary student SDN Sonowangi 01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Circular Cards; Teknik Substitution; Penguasaan Kosa Kata; Bahasa Inggris; Circular Cards Media; Substitution Technique; Vocabulary Mastery; English | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:20 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7510 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |