Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI al-Falah Kanigoro Blitar

Fadilah, Fitri Nur (2014) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI al-Falah Kanigoro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10140049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

INDONESIA:

Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan dasar yang dikembangkan guna menciptakan generasi muslim yang berkompeten dalam keilmuan Agama dan umum. Hal ini melihat banyak generasi-generasi muda yang pada kecerdasan akademik dan non akademik bagus tetapi dalam ibadahnya masih kurang untuk dilaksanakan pada kesehariannya. Melihat masalah yang ada di lapangan para orang tua khawatir jika putra-putrinya yang bersekolah di MI hanya dapat mengetahui materi-materi agamanya saja dan tiada pengamalan. Dalam masalah yang dihadapi orang yang pertama kali menjadi sorotan adalah kapala sekolah atau kepala madrasah. Kepala madrasah sebagai orang yang bertanggung jawab atas segala yang berlangsung dalam madrasah. Untuk itu kepala madrasah memiliki peran penting dalam lembaga yang dipimpinnya.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI Al-Falah Kanigoro Blitar. (2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI Al-Falah Kanigoro Blitar.

Adapun tujuannya adalah(1) Untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI Al-Falah Kanigoro Blitar. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan di MI Al-Falah Kanigoro Blitar.

Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriftif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah kualitatif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) peran kepala madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan terdapat lima peran yaitu kepala madrasah sebagai manajer, administrator, motor hubungan sekolah dengan madrasah, pemimpin dan supervisor. Akan tetapi peran yang paling menonjol adalah peran kepala madrasah sebagai manajer 2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaan praktik keagamaan. Faktor Penghambat meliputi: Kondisi lingkungan luar yang kurang mendukung, perbedaan kemampuan dan karakteristik siswa, kurangnya dukungan dari wali murid. Sedangkan Faktor pendukungnya adalah: Motivasi yang tinggi, Tenaga pengajar yang berkompeten, penyediaan sarana prasarana yang memadai.

ENGLISH:

Islamic Elementary School is an institution of base education that be increased to shaped a moslem generations whose have competency on religious and general education. This phenomenon seeing of many young generations whose have good achievement on academic and nonacademic site but thet is not good in their spiritual daily activity. Look at to the social problem many of parents whose worried if their child whose get study in to Islamic Elementary School just Knowing about religiion materials without real action of that. On this problem, the headmaster is one of person as the object. The headmaster as the responsibly of all the problem at the time in School. Therefor the headmaster have the important role on the his institution.

Based on that background, so there some problem that appear are (1) what is the role of headmaster to increase the spiritual quotient of students by habbitual religion activity in Islamic elemntary school of al-Falah Kanigoro Blitar? (2)what are the inhibbitition and support factor that faced of headmaster on increaseing the student’s spiritual quotient by habitual religion activity in Islamic Elementary School of Al- Falah Kanigoro Blitar.

The pupose of this research are (1) to know about the role of headmaster to increaseing the spiritual quotient by habitual religion activity in Islamic Elementary School of Al-Falah Kanigoro Blitar.

Base on the kind of research, in use description qualitative research with phenomenologist approaching. The method of collecting data by observe, interview and documentation method. The data analisys by qualitative.

The result of this research are (1) The role of headmaster to increase the spiritual quotient of the student by habitual religion activity are there 5 role: headmaster as the manager, administrator, monitoring the school and islamic school relation, leader and supervisor, the most great role is a manager. (2) the inhibbitition and suppoeted factor are faced by the headmaster to increase the spiritual quotient by habitual religion activity. The inhibitiion factor are: the environment of outside school that not supported, the difference of ability and caracteristic of the students, supportless from the parents. The supported factor are: the high motivation, the great competence of the teacher, good facilities and tools.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Kepala Madrasah; Kecerdasan Spiritual; Pembiasaan Praktik Keagamaan; Headmaster; Role; Habitual Religion Activity; Spiritual Quotient
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:20
Last Modified: 03 Aug 2017 02:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item