Mia, Agustin Islam (2014) Analisis butir soal dalam buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Evaluasi adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari pada sesuatu. Sesuai dengan pendapat tersebut makna evaluasi pendidikan dapat diartikan sebagai tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan.Evaluasi sangat penting dalam pendidikan untuk mengetahui sejauh mana siswa paham dengan materi yang telah diajarkan oleh guru dan untuk mengetahui hasil evaluasi perlu adanya analisis butir soal.Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Ika Rahmawati, S.Pd selaku guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas Vdi Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan peneliti memperoleh data bahwasanya guru jarang sekali menganalisis butir soal yang telah dikerjakan siswa karena kurang fahamnya guru dalam menganalisis butir soal. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ini banyaknya nilai siswa yang jelek atau buruk diantara pelajaran yang lain. Berdasarkan paparan diatas peneliti mengangkat rumusan masalah sebagai berikut 1).Bagaimana kualitas telaah soal-soal pilihan gandan secara kualitatif, 2).Bagaimana tingkat kesukaran dan daya pembedasoal-soal pilihan ganda semester satu dalam buku ajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) kelas V yang di gunakan di Madrasah IbtidaiyahAl Maarif02 Palang Sukorejo Pasuruan, 3). Bagaimana validitasdan reliabilitas soal-soal pilihan ganda semester satu dalam buku ajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) kelas V yang di gunakan di Madrasah IbtidaiyahAl Maarif02 Palang Sukorejo Pasuruan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dan kuantitatif deskriptif.Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi dari para ahli evaluasi, bahasa serta ahli materi, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan alat ukur yaitu MicroCAT ITEMAN.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kualitas butir soal dari para ahli evaluasi, bahasa dan ahli materi masuk dalam katagori soal baik untuk digunakan dalam evaluasi pembelajaran. Hasil validasi dari ahli evaluasi memperoleh hasil 88,6%, dari ahli bahasa memperoleh hasil 82,1%, sedangkan dari ahli materi memperoleh hasil 83,3%. 2). Memiliki tingkat kesukaran redah hal ini terbukti dari 50 butir soal terdapat 25 butir soal yang memiliki tingkat kesukarann rendah. Memiliki kategori soal dibuang atau soal tidak digunakan hal ini terbukti dari 50 butir soal terdapat 26 butir soal yang dibuang.memiliki daya pengecoh baik.Hal ini terbukti dari 50 butir soal terdapat 48 butir soal tergolong dari daya pengcohnya baik atau daya pengecohnya dipilih siswa 5% nya.3). Berdasarkan hasil analisis diperoleh tingkat validitas sebesar 84% artinya butir soal pilihan ganda pada semester ganjil dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V karangan A. Suyitno dan Rachmadi Achirul Salambaik dan dapat di implementasikan atau digunakan.Memiliki tingkat reliable 0.576 perolehan ini menunjukkan tingkat reliable soal rendah.Secara keseluruhan kualitas butir soal secara kualitatif valid dan baik untuk digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran, sedangkan kualitas butir soal secara kuantitatif kurang valid dan kurang baik untuk digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran.
ENGLISH:
Evaluation is an act or process to determine a value of something. Thus, education evaluation is an act or process to determine anything which has relation with education. Evaluation in education is very salient for identifying the students’ comprehension toward the materials delivered by teachers. The result of the evaluation can be known by doing the analysis of each question. Based on the interview result done by researcher to Ika Rahmawati, S.Pd., a Nature Science teacher of fifth grade in Islamic Elementary School Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan, the analysis of each question which has been done or answered by students is rarely done by teachers because of the their lack of comprehension toward this analysis. This research is done since the students’ value in Nature Science subject which is bad are found more than in other subjects. The research problems are: 1). How is the quality of first semester multiple choices questions study qualitatively?, 2). How is the difficulty level and distinguishing capacity (used to distinguish students’ capability toward the subject) of first semester multiple choices questions in Nature Science handbook for fifth grade used in Islamic Elementary School Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan?, and 3). How is the validity and reliability of first semester multiple choices questions in Nature Science handbook for fifth grade used in Islamic Elementary School Al Maarif 02 Palang Sukorejo Pasuruan?.
This research uses descriptive qualitative and quantitative methods. Qualitative research is done by using the validation from evaluation, language, and material experts, while quantitative research is done by using MicroCAT ITEMAN.
The result indicates that: 1). The quality of each question from the experts of evaluation, language and material are categorized into good questions used for learning evaluation. The validity result of evaluation expert is 88,6%, language expert is 82,1%, and material expert is 83,3%. 2). The questions has low level of difficulty in which 25 of 50 questions have low level of difficulty. In addition, they have unused questions category in which 26 of 50 questions which are unused have good outwitted capacity. It has been proven that 5% of the outwitted capacity of 48 questions from 50 questions is chosen by students. 3). The validity result is 84% which means that each of questions in multiple choices of odd semester in Nature Science handbook for fifth grade composed by A. Suyitno and Rachmadi Achirul Salam is good and can be implemented or used. In addition, the reliability is 0.576. It indicates that the questions’ reliability level is low. Overall, the quality of each question qualitatively is valid and good to be used for learning evaluation process, while the quality of each question quantitatively is less of valid and less of
good to be used for learning evaluation process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ilmu Pengetahuan Alam; Analisis Butir Soal; Evaluasi pembelajaran; Nature Science; Analysis of Each Question; Learning Evaluation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:13 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7490 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |