Permatasari, Haniffia Hajar (2014) Penerapan metode Fingermathic pada penjumlahan dan pengurangan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MINU Abdussalam Bangil Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan salah satunya adalah karena guru. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Oleh karena itu, guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa senang dalam belajar. Penjumlahan dan pengurangan ini adalah kemampuan dasar berhitung yang harus dikuasai oleh peserta didik. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode fingermathic, dengan menerapkan metode ini peseta didik akan lebih mudah menghitung bilangan-bilangan tertentu dan menumbuhkan rasa percaya diri sesorang. Metode Fingermathic ini mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam metode fingermathic mempunyai cara yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efisien dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode fingermathic pada penjumlahan dan pengurangan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MINU Abdussalam Bangil Kabupaten Pasuruan. Selain meningkatkan motivasi belajar siswa, metode fingermathic juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelas III MINU Abdussalam Bangil Kabupaten Pasuruan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode fingermathic terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-100 pada siswa kelas III MINU Abdussalam Bangil Kabupaten Pasuruan. Peningkatan motivasi ini dapat dilihat pada tabel instrumen motivasi yaitu, awalnya siklus I adalah 92%, dan siklus II meningkat menjadi 113,6%.
ENGLISH:
Success or failure of an education is one of them because the teacher. The teacher is the most crucial component in the education system as a whole, which must be a central concern, first and foremost. Therefore, teachers should be good at choosing the right strategy and in accordance with the needs of the students so that the students get excited to learn. Addition and subtraction are basic numeracy capabilities that must be mastered by learners. One alternative is to apply the method used fingermathic, by applying this method learner peseta would be easier to calculate certain numbers and the growing confidence of someone. Fingermathic method invites students to take an active role in implementing the learning, as in the method fingermathic have a way to create an atmosphere of learning to be efficient and enjoyable.
The purpose of this study is to describe the application of the method fingermathic on addition and subtraction in increasing students' motivation class III Minu Abdussalam Bangkil Pasuruan. In addition to improving students' motivation, fingermathic method also can improve student learning outcomes.
This research is classroom action research (CAR) using a qualitative approach. Stages of the research was conducted with four stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. While data collection using observation, interviews, and documentation is done directly in the field. The data source of this research is a class that is a class III student Minu Abdussalam Bangkil Pasuruan.
The results showed that through fingermathic methods proven to increase motivation to learn mathematics in particular material addition and subtraction of numbers 1-100 on third-grade students Minu Abdussalam Bangkil Pasuruan. Increased motivation can be seen in the table, namely motivation instruments, beginning the first cycle was 92%, and the second cycle increased to 113.6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Fingermathic; Penjumlahan dan Pengurangan; Motivasi Belajar; Fingermathic Methods; Addition and Reduction; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:13 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 08:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7487 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |