Megawati, Afif Desti (2014) Peningkatan kemampuan membaca melalui strategi CBSA berbasis audio visual pada siswa kelas II di MI Islamiyah Kaumrejo Ngantang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kemapuan membaca siswa diharapkan dapat membaca dengan baik dan benar, dari segi intonasi suara, dan jeda juga harus diperhatikan. Pembelajaran Bahasa Indonesia sering kali menggunakan metode ceramah ha l inilah yang membuat siswa masih bingung dalam memahami materi membaca nyaring, karena masih mengalami kesulitan dalam membaca. Salah satunya yang terjadi di MI Islamiyah Kaumrejo Ngantang Malang. Dengan realita yang seperti itu maka diperlukan strategi yang mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa, salah satunya dengan Strategi CBSA Berbasis Audio Visual.
Penelitian ini membahas tentang: (1) Bagaimanakah proses perencanaan kemampuan membaca melalui strategi CBSA berbasis audio visual pada siswa kelas II di MI Islamiyah Kaumrejo? (2) Bagaimanakah proses pelaksanaan kemampuan membaca melalui strategi CBSA berbasis audio visual pada siswa kelas IIdi MI Islamiyah Kaumrejo? (3) Bagaimanakah penilaian kemampuan membaca melalui strategi CBSA berbasis audio visual pada siswa kelas IIdi MI Islamiyah Kaumrejo?
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Islamiyah Kaumrejo Ngantang Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri adri hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa strategi CBSA berbasis audio visual dapat meingkatkan kemampuan membaca siswa kelas II MI Islamiyah Kaumrejo Ngantang Malang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Setelah melewati beberapa siklus dapat diketahui dari suasana kelas yang menjadi aktif, tumbuhnya keberanian, dan rasa percaya diri siswa. Serta dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya hingga mencapai standar kelulusan minimal yang ditetapkan baik secara individual maupun secara klasikal.
ENGLISH:
Indonesian is a very important lesson because it relates to everyday life. In learning Indonesian at the Traffic reading students are expected to read properly, in terms of tone of voice, and pause should also be considered. Learning Indonesian often use the lecture method it is this which makes the student is still confused in understanding the material read aloud, with difficulties in reading. One of them happened in MI IslamiyahKaumrejoNgantang Malang. With the reality that such a strategy is needed that is able to improve the reading skills of students, one of them with CBSA Strategy Based Audio Visual.
This study discusses: (1) How does the planning process through the ability to read the CBSA-based audio-visual strategies in class II in MI Islamiyah Kaumrejo? (2) How does the process of implementing the ability to read through the CBSA based audio visual strategies in class II in MI Islamiyah Kaumrejo? (3) How is assessment literacy through CBSA based audio visual strategies in Class II in MI Islamiyah Kaumrejo?
The researchers used a qualitative approach to the research type of st udy follow Class (PTK) with 2 cycles. The subjects of this study were students of class II MI Islamiyah KaumrejoNgantang Malang. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and testing. Qualitative data consisting from observation, interviews, and analyzed by qualitative descriptive documentation, while the data is numeric or quantitative data were analyzed by using a sufficient quantitative descriptive analysis.
Based on the results of this study proved that the CBSA-based audio- visual strategies can boost the reading skills of students of class II MI Islamiyah KaumrejoNgantang Malang in learning Indonesian. After passing through several cycles can be known from the classroom atmosphere becomes active, growing courage, and self-confidence of students. And can be seen from the test results that have increased student learning at each cycle until it reaches the minimum passing standard set individually or in classical.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqin, M. Zubad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kemampuan Membaca; Strategi CBSA; Audio Visual; Bahasa Indonesia; Reading Ability; Strategy CBSA; Audio Visual; Indonesian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2017 09:13 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2017 09:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |