Muqit, Abdul (2011) تعليم البلاغة في شعبة التفسير والحديث بالجامعة الإسلامية الحكومية بجمبير (المشكلات والحلول). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan pada pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan kependidikannya yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilain. dan salah satu dari unit pendidikan adalah universitas, dan kemamapuan guru sangat diperlukan untuk melakukan pembelajaran yang efektif.
Balaghoh adalah materi khusus bagi mahasiswa program studi tafsir hadits. Adapun tujuan pembelajaran Balaghoh adalah memberikan kemampuan dan pengetahuan yang cukup dalam ilmu Balaghoh terlebih dalam ilmu ma’aniy dan bayan sebagai alat dalam memahami Quran dengan tafsirnya dan hadits dengan penjelasannya. Berdasarkan analisa, bahwa pembelajaran Balaghoh tidak berjalan efektif seperti yang diinginkan, disitu terdapat beberapa masalah, termasuk: materi pembelajaran tidak efektif dari sisi penyampaian guru sedangkan siswa berbeda, dan metode pengajaran yang tidak efektif, dan evaluasi dalam pembelajaran tidak terfokus dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan masalah pengajaran Balaghoh, menganalisis dan evaluasi, dan memberikan solusi untuk masalah tersebut, serta memberikan usulan-usulan dalam pembelajaran Balaghoh. Secara praktis, hasil dari penelitian ini untuk memecahkan masalah dan untuk meningkatkan pembelajaran Balaghoh di STAIN Jember serta universitas lain yang serupa. Dan Secara teori, menjadi standar dan sumber dalam pengajaran Balaghoh.
Dalam penelitian ini peneliti Menggunakan Pendekatan kualitatif, dan metodologi penelitian ini adalah metologi studi kasus yaitu metologi deskriptif, analitis dan kritis. jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Dan sumber data, termasuk: dosen Balaghoh, mahasiswa, dan kaprodi Tafsir Hadits, dan observasi dari proses pembelajaran Balaghoh. Peneliti menggunakan tehnik Purposive Sampling dalam pemilihan sampel, yaitu semua siswa Program Studi Tafsir Hadits. Dan instrumen pengumpulan data, yaitu: peneliti sendiri, panduan wawancara, dan dokumentasi di lapangan. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan kuesioner. adapun metodologi analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan ini bermanfaat kepada rincian pembahasan, dan semua rincian tersebut sesuai fakta. Adapun rencana analisis data tersebut adalah sebagai berikut: 1. Penyajian data, 2. Klasifikasi dan tabulasi data, 3. Analisis data dan diinterpretasikan secara kritis.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa problematika pembelajara Balaghoh di program studi tafsir hadits, adalah: 1) masalah dalam mendesain pembelajaran dan persiapan bahan ajar bagi dosen Balaghoh. 2) mata pelajaran yang acak, 3) metode yang digunakan kadang-kadang membosankan, 4) kekurangan dalam penggunaan media pembelajaran, 5) evaluasi hasil siswa terkonsentrasi pada ketepatan jawaban dan pemahaman kosakata saja tidak focus kepada cara berekspresi yang baik dalam menjawab, 6) siswa berasumsi bahwa hal yang paling penting dalam pengajaran Balaghoh adalah akurasi jawaban saja, tanpa adanya cara ekspresi/pengungkapan yang baik saat menjawab, 7) siswa memiliki motivasi yang berbeda, serta kemampuan bahasa yang membantu mereka untuk belajar Balaghoh.
Adapun factor-faktor penyebabnya adalah: 1) dosen kurang memperhatikan tujuan utama dari setiap mata pelajaran, 2) kurang baiknya desain pembelajaran dan persiapan materi dan menentukan topik, 3) minimnya pengetahuan dosen dalam merancang materi pendidikan untuk materi Balaghoh, 4) kurangnya pengetahuan dosen terhadap macam-macam metode pengajaran Balaghoh dan cara menggunakannya, 5) kurang dalam keragaman metode yang digunakan yang mempengaruhi aktivitas siswa dalam pembelajaran, 6) kruangnya penggunaan media pembelajaran yang tersedia, 7) kurang mendorong siswa berekspresi dengan baik, 8) lemahnya kemampuan bahasa siswa yang dapat membantu mereka memperoleh kemampuan Balaghoh, 9) lemahnya motivasi siswa untuk belajar Balaghoh.
Adapun solusi yang disarankan yaitu: 1) Dosen harus memperhatikan tujuan utama dengan jelas dari setiap mata pelajaran, 2) Dosen harus mendesain pembelajaran dan menyiapkan bahan ajar dengan baik, 3) Memilih materi sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu guru harus mengalisis dan memilih materi yang paling penting yang dibutuhkan, mengingat banyaknya materi dalam Balaghoh sedangkan waktu yang disediakan sangat terbatas, kemudian menyusun materi (topic-topik) tersebut. 4) Meragamkan penggunaan metode pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh, seperti Tanya jawab, diskusi, menggunakan media yang ada seperti teks-teks yang didalamnya terdapat sair-sair percintaan, dan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengarahkan siswa untuk menggunakan ta’bir yang baik. 5) Dosen harus memperhatikan cara ta’bir siswa dalam menjawab dengan tanpa mengesampingkan ketepatan jawaban dan pemahaman kosa kata. 6) Dosen harus mmbimbing siswa untuk mengekspresikan pikirannya sesuai dengan kaidah Balaghoh dan memotivasi mereka bahwa Balaghoh adalah salah satu syarat untuk memahami Al-qur’an dan Hadits. 7) meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap pembelajaran Balaghoh oleh kaprodi tafsir hadits dan dosen Balaghoh.
Dilihat dari hasil belajar siswa, bahwa siswa yang mempunyai keaktifan yang baik dalam pembelajaran menerima hasil yang sangat baik, dan siswa yang memiliki keaktifan yang cukup baik dalam pembelajaran, ia menerima hasil yang baik, dan siswa yang memiliki keaktifan yang cukup baik menerima hasil yang cukup baik, dan siswa yang memiliki keaktifan yang kurang dalam pembelajaran, ia menerima hasil yang cukup baik . Dan kualitas hasil belajar mahasiswa tersebut kadang-kadang berubah karena beberapa faktor.
Proses pembelajaran dan keaktifan siswa yang menunjukkan kecenderungan dan motivasi siswa, serta kemampuan siswa selain kemampuan Balaghoh secara signifikan mempengaruhi hasil belajar Balaghoh siswa.
ABSTRACT
Based on development appropriate curriculum for the educational level of the unit, the teacher demands to increase the abilities of the education that has to do the planning, implementation, and evaluation or appreciation. It is one of the educational units are university, in teaching and learning, capability of teacher is required in order to be effective.
Balaghoh is one of essential subject for students of the Tafsir and Hadits. The main objective of the subject in this is to skillese the students and give them sufficient knowledge in Balaghoh as well as in the Ma’aniy (semantics) and Bayan as a tool in understanding the Quran with interpretation and hadits with explains. It is noticeable, that the teaching and learning Balaghoh has not been effective, there are some problems in teaching and learning Balaghoh, its of this are: the educational material were not effective, in terms of teacher subject is not suitable for the students that were different of level ability, and teaching methods were not effective, and the evaluation of the education process Is not focused well.
The goals of this research is to find the problems of Balaghoh teaching, analysis and evaluation, and provide solutions to these problems, and give some suggestions in teaching Balaghoh. practically, the result of this research to solve problems and to develop Balaghoh teaching in State College of Islamic studies Jember as well as in other similar universities. theoretically, be a standard and a source in the teaching of Balaghoh.
In the research the researcher used Qualitative Approach, and the methodology of this research is case study is descriptive, analytical and critical. And kinds of this research is the evaluation research. The sources of data were: teacher of Balaghoh, and students, and Chief of the Tafsir and Hadits Department And observation of teaching process. and students' writings by using purposive sampling. The instruments of data collection were: the researcher, interview guide and documents, The method of data collection were: observation, interview and Questionnaire. For the data analysis, the researcher used: 1. display data, 2. classification and tabulation, 3. analysis and interpretation by using critical interpretation.
And the most important results of this research are the problems of Balaghoh teaching in the Tafsir Hadits , including: 1) the problems of design education and the preparation of material for teacher of Balaghoh. 2) random selection of materies, 3) the methods are monotonous, 4) limitations in the use of teaching aids, 5) evaluation of the results of students is just concentrated in the accuracy of answers and understanding of vocabulary, it is not concentrated in good method of expression, 6) students suggest that the most important thing in the teaching of Balaghoh Is the only accurate answers it is no focused on good style of speech when answering, 7) the student motivation are different and also the level of ability in learning Balaghoh.
The causes of these problems: 1 lack of teacher attention to the main goal of every lesson and every title of materies, 2) inadequate teaching design and its preparation, 3) . less knowledge on teacher in designing for Balaghoh material, 4) weak of theacher knowledge of the types of Balaghoh teaching methods and how to use its, 5) lack of diversity method that is used to influence the students activity in the class, 6) less use of various media, 7) lack of motivation of students to express well, 8) low student language competences which influences Balaghoh learning, 9) low students' interest in Balaghoh learning.
The suggested solutions of these problems were: 1) teachers must consider the main purpose of each lesson clearly, 2) lecturers should consider the instructional design and preparation of good teaching materials, 3) choose a topic teaching materials according to the needs of students in the sense that the lecturers have to analyze and choose the important topics (The most important) is needed by students, see the materials provided while and the time provided little, and then organize the materials.4) using the various teaching methods to decrease boredom of students, like frequently asked questions and discussion, and use educational tools such as a text in which there is poetic romance, and the question that should guide the students in the appropriate expression, Take into account the teacher's method of expression when answering students not to ignore the accuracy of answers and understanding of vocabulary. 6) the teacher instructs the students to express their ideas according to the rules of Balaghoh and encourage them to Balaghoh eloquence that one of the conditions to reach an understanding of qoran and the Hadits. 7) improve the monitoring and evaluation in the conduct of education by the Chief of Tahsir and Hadits Department and lecture.
It is noticeable about the results of the students that the student who has good practice in learning received very good result, and the student who has a practice of learning accepted, it received a good result, and the student who has a practice of learning accepted received an acceptable outcome, and the student who has a practice of learning missing, it received an acceptable outcome . And the quality of the results of these students are changing, sometimes for several reasons.
The process of education, learning and practice, which indicate the tendencies of students in the learning and competencies in other non-rhetorical efficiency significantly affect the outcome of the learning Balaghoh material.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | البلاغة; تعليم البلاغة; المشكلات تعليم; Balaghoh (Rhetoric); Balaghoh Teaching; Teaching Problems; Balaghoh; pembelajaran Balaghoh; problematika pembelajaran | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:18 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 09:59 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7475 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |