Pengembangan evaluasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis Web offline pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan berdasarkan SKL 2013 di Madrasah Ibtidaiyah IMAMI Kepanjen Malang

Badi’ah, Nur Ainul (2014) Pengembangan evaluasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam berbasis Web offline pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan berdasarkan SKL 2013 di Madrasah Ibtidaiyah IMAMI Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penilaian hasil belajar siswa oleh pemerintah dilaksanakan pada setiap akhir jenjang pendidikan yang biasa disebut dengan ujian nasional. Hal ini dilakukan untuk menilai hasil belajar siswa dalam pencapaian kompetensi lulusan siswa secara rasional pada mata pelajaran tertentu. Pada setiap satuan pendidikan selalu mengadakan pembekalan dalam menghadapi ujian nasional. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat terutama dalam bidang pendidikan maka penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk; 1) menyediakan produk berupa media evaluasi belajar berbasis web offline, 2) mengetahui kevalidan dan kemenarikan media evaluasi belajar berbasis web offline pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan berdasarkan SKL 2013.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi lima tahap yaitu 1) analisis pokok bahasan dan studi lapangan, 2) desain kerangka media dan pengumpulan data, 3) pengembangan media, 4) implementasi/penerapan media evaluasi belajar, dan 5) evaluasi dari pengembangan dan penerapan dengan melakukan perbaikan dan penyempurnaan produk. Penelitian ini dilaksanakan di MI IMAMI Kepanjen Malang dengan subjek uji coba siswa kelas VI sebanyak 6 siswa. Uji coba ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kemenarikan dari media yang telah dikembangkan.

Pengembangan produk ini menghasilkan media evaluasi belajar berbasis web offline pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan mata pelajaran IPA berdasarkan standar kompetensi lulusan tahun 2013. Dari hasil validasi menunjukkan bahwa media evaluasi belajar telah memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 86,6%, uji coba ahli desain media pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 96,6% pada desain web offline dan 98,2% tingkat kevalidan pada desain buku evaluasi belajarnya, hasil uji ahli pembelajaran (guru bidang studi IPA) mencapai tingkat kevalidan 88%, serta tanggapan peserta didik sebagai pengguna media mendapatkan presentase kemenarikan sebanyak 97%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi dan tingkat kemenarikan yang tinggi, sehingga produk evaluasi belajar yang dikembangkan layak digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

ENGLISH:

Student learning outcomes assessment carried out by the government in the end of each level of education which is usually referred to as the national exam. This is done to assess student learning outcomes in graduate student competency achievement rationally on a particular subject. At each educational unit always hold a briefing in a face of national exams. This study developed the interactive media or tools that aims to provide the convenience to students in their learning to face the national exams and provide the interest things to learn the questions on the subject of living organisms and life processes based on SKL 2013. Multimedia Interactive based on web offline is a learning tools by self that can be accessed by students, the presentation of the material in this media is also accompanied by images and the examples of the national examinations that have been carried out in previous years.

The method of this research is aresearch and development (Research and Development) with the ADDIE development model. Development procedures in this study includes in five stages: 1) the analysis of subject and field studies, 2) media framework design and data collection, 3) the development of the media, 4) implementation/application media of study evaluation, and 5) evaluation of the development and implementation of the make improvements and product improvements. This research was conducted in MI Imami Kepanjen Malang with the subject test as many students 6th grade and 6 students. The trial was conducted to determine the level of validity and attractiveness of the media that have been developed.

The result of the development media study evaluations based on web offline in living things and the processes of life subject based on competency of standards in 2013 has found the valid criteria with the result from material expert that reached a validity level of 86.6%, the test from design expert reached a validity level of 96.6% on web design offline and 98.2% validity rate on book design evaluation study, test from the learning expert (the teacher of science) reached 88% validity rate, and as well as user feedback learner attractiveness of the media get as much as 97%. This indicates that the product has developed a high level qualification validity and attractiveness of the high level, so that the product of study evaluation developed is feasible to use in support of teaching and learning activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abtokhi, Ahmad
Keywords: Pengembangan; Evaluasi Belajar; Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan; SKL 2013; Web Offline; MI/SD; Development; Evaluation of Study; Life Processes and Living Things
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:14
Last Modified: 03 Aug 2017 02:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item