The development of quartet card game media to increase reading interest and learning result of social science at MI Sunan Ampel Sidoarjo

Finayatul, Maula (2014) The development of quartet card game media to increase reading interest and learning result of social science at MI Sunan Ampel Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10140042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

INDONESIA:

Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Proses pembelajarannya menekankan pada pembiasaan membaca, guru memfasilitasi siswa untuk bisa berperan aktif dalam pembelajaran, dan membutuhkan media sesuai denga karakteristik siswa yang mendukung dalam pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi agar bisa menjelajahi dan memahami kehidupan bermasyarakat secara alamiah.

Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang berbasis permainan seperti permainan kartu kwartet yang mampu meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS materi bentuk-bentuk peninggalan sejarah.

Penelitian ini dilaksanakan di MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo, dengan objek penelitian siswa kelas IV A dan IV B yang masing-masing berjumlah 22 siswa, dan masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; menghasilkan produk yang berbentuk kartu kwartet materi bentuk-bentuk peninggalan sejarah; buku petunjuk penggunaan yang berisi pengertian, manfaat dan fungsi, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, prosedur dan petunjuk penggunaan media permainan kartu kwartet IPS; dan buku album yang berisi rangkuman dan gambar materi bentuk-bentuk peninggalan sejarah. Semuanya telah tervalidasi untuk meningkatkan minat baca untuk pembelajaran IPS di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Sidoarjo, dan meningkatkan pencapaian hasil belajar untuk pembelajaran IPS di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model prosedural Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media permainan kartu kwartet mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 98,75% yang berarti media permainan kartu kwartet sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan media permainan kartu kwartet mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 95,38% dan berada pada kualifikasi sangat layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain media permainan kartu kwartet mendapat nilai 85,56% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi.

Dengan program SPSS 16.0 didapatkan bahwa uji t berpasangan diperoleh hasil yang sangat signifikan dapat meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa kelas 4 MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo. Dengan melihat rata-rata (mean) minat baca kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen, dan rata-rata (mean) hasil belajar kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 61.82 < 91.59, maka dapat dikatakan bahwa media permainan kartu kwartet IPS terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi bentuk-bentuk peninggalan sejarah pada siswa kelas 4 di MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat hasil thitung ≥ ttabel = 5,341 ≥ 2.080 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar IPS siswa kelas 4 yang menggunakan media permainan kartu kwartet dengan prestasi IPS siswa kelas 4 yang tidak menggunakan media permainan kartu kwartet di MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo.

ENGLISH:

Social Science subjects designed to develop knowledge, understanding, and analysis ability of the social conditions in society when entering the life of society. The lesson emphasizes conditioning process of reading, the teacher facilitates the students to be able to play active role in learning, and require the media which are suitable with the students characteristics that support in learning to develop competencies in order to explore and understand social life naturally.

To realize the learning, the development of learning media needs based games such as quartet card games that able to increase reading interest and learning result of the student specially in social science subject with material about the forms of historical relics.

This research is implemented at MI Sunan Ampel Sidoarjo, with the research object in 4th grade (A and B class) and each classes there are 22 students. 4thA grade is a control class and 4thB grade is an experiment class. The purposes of researcher done this research are; produce products shaped quartet card about the forms of historical relics; guide book to use quartet card that contains understanding, benefits and functions, competence standard, basic competence, indicators, procedures and guide media to use quartet card for social science; and album books containing the summary and large pictures about material the forms of historical relics. Everything has validated to increase reading interest and learning result for learning social science in 4th grade at Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Sidoarjo.

This research method uses type of Research and Development (R & D), with procedural model from Dick and Carey that had ten steps in the procedure of development.

Based on the result of research is gotten that quartet card game media get judgment good qualification because based on the validation obtained the value from subject teacher is 98,75 %, it means that the learning very valid and unnecessarily revision, from field trial test learning is gotten very valid qualification of all subjects validation trial field. From content expert is gotten 95,38 % and it is very valid qualification so that unnecessarily revision, while from the design expert of quartet card game media is gotten 85,56 % and it is valid qualification, so that media unnecessary is revision.

With SPSS 16.0 program is got that t-test paired obtained very significant results can achieve reading interest and learning result of the student for 4th grade at MI Sunan Ampel Sidoarjo. With looking average (mean) reading interest in control class is lower than experiment class, and the average (mean) learning result in control class is also lower than experiment class, namely 61.82 < 91.59, so can be said that quartet card game media for social science proved significantly effective in increasing on reading interest and learning result of social science with material the forms of historical relics for 4th grade at MI Sunan Ampel Sidoarjo. From manual calculation by using t-test correlated (related) obtained the result tarithmatic ≥ ttable = 10,256 ≥ 2.080, it means that HO is rejected and HA is received. The conclusion, there are differences significant on learning result of the social science for 4th B grade that use quartet card game media with 4th A grade that does not use quartet card game media for Social Science at MI Sunan Ampel Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prabowo, Sugeng Listyo
Keywords: Media Permainan Kartu Kwartet; Minat Membaca; Hasil Belajar; Quartet Card Game Media; Reading Interest; Learning Result
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:14
Last Modified: 03 Aug 2017 02:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item View Item