Masyithoh, Ana (2014) Pengembangan media papan pengukuran satuan panjang dan satuan massa untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari siswa mulai dari jenjang SD sampai perguruan tinggi. Matematika sebagai salah satu pelajaran eksak yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bentuk. Bahkan tanpa disadari, Matematika sering diterapkan dalam penyelesaian masalah seharihari. Papan pengukuran satuan panjang dan satuan massa adalah media yang membantu pembelajaran Matematika pokok bahasan hubungan antar satuan panjang dan satuan massa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah mengunakan model desain Sugiyono. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media ini adalah melalui tiga ahli, yakni ahli pembelajaran, ahli materi/isi, ahli desain. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen di SD An-Nur Tumpang Malang.
Dari hasil uji validitas, menunjukkan bahwa pengembangan mdia pembelejaran papan pengukuran satuan panjang dan Satuan Massa untuk kelas IV pada materi hubungan antar satuan panjang dan satuan massa menunjukkan kevalidan, terbukti prosentase rata-rata perolehan dari hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan 87,5% menyatakan valid, hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan 87,5% menyatakan valid, dan hasil validasi oleh ahli desain media menunjukkan 81,67% menyatakan valid.
Hasil perhitungan post tes yang di uji dengan melihat rata-rata kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen pada soal post tes yaitu 51,33 <78,33, peneliti menggunakan uji manual uji beda-t dengan signifikansi yang ditetapkan 0,05% dan uji hipotesis satu pihak, memperoleh hasil sebesar - 4,71 sedangkan (one-tail) sebesar 1,671, karena < maka ditolak dan, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran papan pengukuran satuan panjang dan satuan massa secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan hubungan antar satuan panjang dan satuan massa pada siswa kelas IV di SD An-Nur Tumpang Malang.
ENGLISH:
Mathematics is one of the lessons that is learned from elementary school to university level. Mathematics as one of the lessons which can be applied in our daily life. Even, mathematics often applied in solving problems our daily activity. As the example isunit of length and a unit of mass. A board of measurement length and mass is media that helps students learning them.
In this research, the methods used is a method of research and development which is used to produce a particular product and to test the effectiveness of the products. The design that was used in the development of this textbook is using Sugiyono design. The assessment of eligibility the media is three experts, namely learning experts, material/content expert, design experts. The subject of this research is IV A as the contol group and IV B as the experimental group.
The result of validity test show that media development board measurement length and mass for class IV is valid. It is proved by the percentage of validation from the expert material is 87,5%, it is declared valid. The validation by the expert study shows 87,5%, it is declared valid. The validation by an expert media design shows 81,67%, it is declared valid.
The results of post test show that the average of control group is smaller than the experiments group (51,33 < 78,33) and the significance assigned 0,05 and test hypotheses one party, so that the results of t_hitung-4,71 out while t_tabel (one-tail) of 1,671, it is showed that t_hitung<t_tabel, it means that is rejected and is accepted, so it can be said that the learning media using board measurement of lenght and mass significantly effective to improve the students abilty for mathematical study on the subject of relations between units of length and mass of the unit in grade IV An-Nur Elementary School in Tumpang Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, Fachrur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Pengukuran; Panjang dan Massa; Media; The Results of Learning; Math; Measurements; Mass and Length; Media | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:49 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7452 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |