فعالية الطريقة اللفظية لتنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرسة الرفاعى المتوسطة كوندانج لكى بمالانج جاوا الشرقية

Alim, Zainal (2011) فعالية الطريقة اللفظية لتنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرسة الرفاعى المتوسطة كوندانج لكى بمالانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mayoritas siswi Sekolah Menengah Al Rifa’I tidak bisa berbicara bahasa Arab dengan benar. Masalah ini berkaitan dengan metode pengajaran bahasa Arab yang digunakan oleh para guru bahasa arab, karena mereka tidak menggunakan metode pengajaran yang beragam. Akan tetapi mereka banyak yang memakai metode membaca dan menerjemah, dan menghafal kosakata di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan metode Phonetic untuk meningkatkan kemampuan berbicara? 2) Seberapa efektif penggunaan metode Phonetic untuk meningkatkan kemampuan berbicara?. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mengetahui bagaimana penggunaan metode Phonetic untuk meningkatkan kemampuan berbicara 2) Mengetahui seberapa efektif penggunaan metode Phonetic untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah: bahwasannya langkah-langkah pembelajaran kemampuan berbicara pada kelas eksperimen adalah menggunakan
metode Phonetic.

Guru membaca teks/naskah bacaan di depan kelas atau membaca dengan menggunakan radio atau tape atau video. Para siswa mendengarkan dengan seksama dan memperhatikan guru. Dan siswa memperhatikan penekanan dan irama bunyi, dan elemen audio lainnya yang digunakan dalam membaca. Serangkaian teks membaca diatur dengan benar dan baik sehingga menjadi bacaan yang berkelanjutan dan sempurna.

Guru dapat meninggalkan serangkaian pelajaran jika siswa memahami dengan pemahaman yang mendalam, dan guru bisa melanjutkan seri lain (yang akan dipelajari berikutnya). Setelah latihan membaca selesai dilanjutkan dengan latihan berdialog زDan dimulai dengan latihan dialog yang sederhana, kemudian berdialog dalam bentuk yang lebih tinggi. Untuk menjelaskan cara pengucapan dan berdialog yang baik, guru menggunakan alat bantu yang bermacam-macam atau alat bantu pengajaran.

Pada akhir pelajaran, guru memberikan latihan bacaan dan dialog bagi siswa, dan tidak lupa untuk menambahkan catatan khusus dan, ringkasan intervensi dan saran yang mendorong siswa untuk belajar dengan memotivasinya. Selama 8 pertemuan mereka mempunyai pemahaman yang baik dalam memahami buku bahasa Arab.

Bahwa jumlah siswa sebelum hasil dari penggunaan metode Phonetic atau dalam pengujian pra-tes pada kelas eksperimen adalah 1775 dan kelas kontrol adalah 1855, dan kuadrat deviasi dari kelas eksperimen adalah 2259,42 dan kelas kontrol adalah 3619,26. Dan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 52,21 dan kelas kontrol adalah 54,56.

Bahwa jumlah hasil post-tes dalam penggunaan metode Phonetic untuk kelas eksperimen adalah 2385, hasil post-test untuk kelas kontrol tanpa menggunakan metode Phonetic adalah 1830, kuadrat deviasi pada kelas eksperimen adalah 1974,18 dan untuk kelas kontrol adalah 3802,86 . Dan rata-rata kelas eksperimen adalah 70,15 dan kelas kontrol adalah 53,82. Setelah berlangsungnya pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode Phonetic dan tanpa menggunakan metode ini, hasil dari T hitung adalah 7,200 kemudian nilai T tabel adalah 2,384, maka T hitung > T tabel, atau dapat kita katakan: hasil uji "T": 7.200 lebih besar dari 2,384 oleh karena itu, Ho harus ditolak, dan H1 diterima atau dengan hipotesis sebagai berikut: bahwa penggunaan metode Phonetic dalam meningkatkan keterampilan berbicara sangat efektif.

ABSTRACT

Many students who can not speak Arabic properly. This issue is related to Arabic language teaching methods used by teachers of Arabic, because they do not use diverse teaching methods. But they are many who use the method of reading and translating and memorizing vocabulary in school. Problems in this study were 1) How to use Phonetic methods to improve the ability to speak? 2) How effective is the use of methods to improve speech Phonetic?.

The purpose of this study: 1) Determine how the use of methods to improve speech Phonetic 2) Determine how effective the use of methods to improve speech Phonetic. The approach used in this study is quantitative experiments.

The results of this study is: Praise be to Allaah the steps of learning the ability to speak in class experiment is to use a method Phonetic. Teachers read the text / manuscript reading in class or read using a radio or tape or video. The students listen carefully and pay attention to the teacher. And students' attention to the emphasis and rhythm sounds, and other audio elements used in the reading. A series of text reading correctly and well regulated that it becomes sustainable and perfect reading. Teachers can leave a series of lessons if students understand the deeper understanding, and teachers can continue another series (which will be studied next).

Having finished reading exercises followed by practice dialogue. And begins with a simple dialogue exercise, then a dialogue in the higher forms. To explain how the pronunciation and dialogue is good, teachers use a tool or a variety of teaching aids. At the end of the lesson, teachers provide practice reading and dialogue for students, and do not forget to add a special note and, summary of interventions and suggestions that encourage students to learn to motivate him. During the eight meetings they have a good grasp in understanding the Arabic language books.

That the number of students before the results of the use of methods of testing Phonetic or in pre-tests on the experimental class is the class of 1775 and the control is 1855, and the squared deviation from the experimental class is 2259.42 and the control class was 3619.26. And the average yield was 52.21 and the class of experimental control class is 54.56.

That the number of post-test results in the use of experimental methods for the class Phonetic is 2385, post-test results for the control class without using the method Phonetic is 1830, the squared deviations in the experimental class is 1974.18 and 3802.86 for the control class is. And the class average is 70.15 and the experimental control class is 53.82.

After the course of learning conversational skills using methods Phonetic and without using this method, the results of the count is 7.200 T and T table value is 2.384, then T count> T table, or we can say: the results of the test "T": 7200 is greater than 2.384 therefore, the Ho should be rejected, and H1 is received or the following hypotheses: that the use of methods Phonetic in improving speaking skills are very effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masqon, Dihyatun and Wargadinata, Wildana
Keywords: مهارة الكلام; الطريقة اللفظية; speaking skill; Phonetic Method; keterampilan berbicara; metode phonetic
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:01
Last Modified: 28 Jul 2017 02:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item View Item