Sidqiyah, Itqonus (2014) Pengaruh tradisi menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar Matematika di MI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu keutamaan yang besar, dan posisi itu selalu didambakan oleh semua orang yang benar, dan seorang yang bercita-cita tulus, serta berharap pada kenikmatan duniawi dan ukhrawi agar manusia nanti menjadi warga Allah dan dihormati dengan penghormatan yang sempurna. Menghafal Al-Qur’an merupakan tradisi yang dilakukan oleh siswa yang sekaligus santri di Pondok Pesantran Nurul Qur’an. Berdasarkan pengamatan peneliti dan penjelasan yang telah dipaparkan oleh peneliti bahwasannya siswa yang menghafalkan Al-Qur’an dalam hasil belajar mereka sangat baik, dalam hal ini peneliti sangat tertarik untuk meneliti hal tersebut, dan dalam hal ini peneliti lebih spesifik terhadap mata pelajaran Matematika. Yang dalam hal ini judul dalam penelitian skripsi ini yaitu “Pengaruh Tradisi Menghafal Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Matematika di MI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo”. Adapun rumusan masalah yang peneliti ambil adalah: (1) Bagaimanaka tradisi menghafal Al-Qur’an bagi siswa MI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo? (2) Bagaimanakah Hasil belajar matematika siswa di MI Nurul Qur’an Kraksaan probolinggo? (3) Bagaimana pengaruh tradisi menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika di MI Nurul Qur’an?
Penelitian ini mengunakan peneltian campuran yakni dengan pendekatan Kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif ini mneggunakan strategi studi kaasus, untuk penelitian kuantitatf menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang menggunakan rumus product mument yakni dengan menghitung korelasi antara tradisi menghafal Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya (1) Tradisi menghafal Al- Qur’an di MI Nurul Qur’an bekerja sama dengan pondok pesantren Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo. Dengan mewajibkan siswanya mempunyai hafalan minimal Juz 30 dan Surah Munjiyat. Kegiatn menghafal terbut dilaksanakan ba’da subuh, ashar, magrib dan isya’. (2) Adapun nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa MI Nurul Qur’an adalah 67, 48. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tradisi menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar Matematika MI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo dengan hasil koefisien korelasi 0,845 dengan kontribusi sebesar 71,4% terhadap hasil belajar siswa maka 28,6% ditentukan oleh faktor lain.
ENGLISH:
Memorizing Koran such a big virtue which is pined for every moslem who is hitch wage to a star and desire of bliss wordly and hereafter in order to be Ahlullah.Memorizing Qur’an is one of student’s tradition in Nurul Qur’an Islamic Boarding School. Based on observation and explanation below, researcher has got that students which are memorizing Koran have an excellent learning result especially in Mathematic course, and title of this thesis is “The Influence of Memorizing Koran Towards Mathemathic Learning ResultinMI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo”. Here, the problem study of this observation are: 1) How is Memorizing Koran applied to MI Nurul Qur’an students in Kraksaan Probolinggo? (2) How is Mathemathic Learning Result of MI Nurul Qur’an students in Kraksaan Probolinggo? (3) How big influence of memorizing Koran towards mathemathic learning resultin MI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo is?
This research use compound research, viz Qualitative Approach and Quantitative Aprroach. Qualitative Approach use case study as a method, while Quatitative Approach use Survey and Correlational Approach with Product Moment Method in counting correlation between Memorizing Koran with Mathematic Learning Result.
This result proved that(1) Memorizing Koran becomes a tradition in Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo. Principal of MI Nurul Qur’an obliged the students to memorizing Juz 30 and Surah Munjiyat in any case. Memorizing Koran activity are implementable after Shubh, Ashr, Magrib, and Isya’(2) The average point of Mathematic Learning result of MI Nurul Qur’an students is 67, 48. (3)There a such a significant positive relation between Memorizing Koran and Mathemathic Learning ResultinMI Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo. Withcoefisien corelation 0,845 and contribution71,4% towards Mathemathic learning result, so 28,6% undertermined another factors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh; Tradisi Menghafal Al-Qur’an; Hasil Belajar Matematika; Influence; Memorizing Koran Tradition; Mathemathic Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:49 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 08:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7449 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |