Asrofi, Bangkit Alfan (2014) Penerapan pembelajaran cerpen dengan teknik ungkapan kreatif untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Tegal Gondo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran Cerpen adalah suatu pembelajaran yang menggunakan cerita sebagai media dalam pembahasan di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Cerpen merupakan cerita pendekyang di bagi ke dalam beberapa macam yaitu dongeng, legenda, dan fabel. Cerita dapat digunakan oleh orang tua dan guru sebagai sarana mendidik dan membentuk kepribadian anak melalui pendekatan tranmisi budaya ( suyanto abbas, 2001) dalam cerita nilai-nilai luhur ditanamkan pada diri anak melalui penghayatan terhadap makna dan maksud cerita. Demikian pula pembelajaran yang dilakukan sekarang ini yang sedikit sekali dalam menyampaikan cerita kepada siswa terpaku pada teori saja dan siswa hanya disuruh membaca teks cerita yung sudah ada. Sehingga siswa tidak mempunyai kesempatan dalam menerapkan secara langsung melalui praktek, adapun praktek itu dilaksanakan hanya pada membuat sebuah karangan yang selanjutnya dibaca di depan kelas. Sebenarnya dalam membuat sebuah karangan itu berasal dari imajinasi setiap orang sehingga menghasilkan karangan berdasarkan pemikirannya
sendiri.
Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dari adanya permasalahan yang ada dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Tegal Gondo Malang pada siswa kelas IV. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana cara meningkatkan hasil keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dengan menerapkan pembelajaran cerpen melalui teknik Ungkapan Kreatif .
Maka dari itu penerapan pembelajaran cerpen dilakukan dengan memberikan cerita kepada para siswa serta melakukan teknik ungkapan kreatif dengan cara membentuk kelompok terlebih dahulu kemudian kelompok tersebut diberikan satu kata untuk dikembangkan sendiri secara berantai sehingga menjadi suatu kalimat. Dengan demikian siswa dapat melatih imajinasinya secara kreatif sesuai dengan pemikirannya sendiri.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran cerpen dengan teknik Ungkapan Kreatif diketahui dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MI Mambaul Ulum, sehinggaini dapat menjadi salah satu pedoman atau acuan dalam kegiatan Bahasa Indonesia di sekolah. Khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.
ENGLISH:
Learning is a short story using the story as a learning medium in the discussion on Indonesian subjects. Short Story is a short story which are divided into several kinds of fairy tales, legends, and fables. Stories can be used by parents and teachers as a means of educating and shaping the child's personality through cultural transmission approach (suyanto abbots, 2001) in the story of the noble values instilled in children through the understanding of the meaning and purpose of the story. Similarly, the current study conducted a few convey the story to the students fixated on theory alone and just told students to read the text of existing yung story.
So that students do not have the opportunity to apply directly through the practice, while the practice was carried out only on making a subsequent essay read to the class. Actually, in making an essay that comes from the imagination of every person to produce essays based on his own ideas. Departing from these problems, this study is of the problems that exist in the Indonesian Subjects Elementary School MambaulUlumTegalGondo Malang in grade IV. Therefore, this study aimed to uncover how to improve writing skills results Indonesian subjects IV class by applying the technique of learning stories through creative expression.
Thus the application of learning stories done by giving the story to the students as well as the techniques of creative expression by forming a group first and then the group was given a single word to be developed itself in a chain so that it becomes a sentence. Thus, students can exercise creative imagination in accordance with his own ideas.
The results of this study indicate that the application of learning stories with creative expression techniques are known to improve the writing skills of fourth graders MI MambaulUlum, so this may be one of the guidelines or reference in Indonesian in school activities. Particularly at the level of Government Elementary School or Elementary School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqin, M. Zubad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan Keterampilan Menulis; Pembelajaran Cerpen dengan Teknik Ungkapan Kreatif; Mata Pelajaran Bahasa Indonesia | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:49 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7447 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |