Sukenti, Mia (2014) Pengembangan media kalkulator ajaib materi perkalian pada siswa kelas III MI al-Azhaar Bandung Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang meningkatkan kemampuan berfikir dan berargumentasi, memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dan dalam dunia kerja, serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi pokok yang dibahas adalah perkalian. Pada Hakikatnya perkalian adalah operasi penjumlahan dari bilangan yang sama secara berulang-ulang. Oleh karena itu, kemampuan prasyarat yang dimiliki siswa sebelum mempelajari perkalian adalah penguasaan penjumlahan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui spesifikasi produk yang dihasilkan berupa media kalkulator ajaib materi perkalian pada siswa kelas III MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. 2). Untuk mengetahui efektifitas media kalkulator ajaib materi perkalian sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey dan pendekatan kuantitatif.
Hasil dari penelitian Pengembangan Media Kalkulator Ajaib Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 81,25%, ahli desain mencapai 83,3%, ahli guru mata pelajaran mencapai 86,2%, dan hasil uji coba mencapai 83,9%, Dengan melihat rata- rata kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen pada soal post tes yaitu 68 < 82, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran papan kalkulator ajaib secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada materi perkalian pada siswa kelas III di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 3,21 ≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Mathematics is one of the disciplines study that enhance the ability to think and argue, contribute in solving everyday problems and in the world of work, as well as support in the development of science and technology. The Subject matter discussed is multiplication. Essentially multiplication is an operation on the sum of the same number over and over again. Therefore, the ability of the student’s prerequisite before studying multiplication is mastering the sum.
The objectives of this study are: 1) To find product specifications produced in the form of medium miraculous calculator for multiplication material in 3rd class MI Al-Azhaar Bandung, Tulungagung. 2) To determine the effectiveness of medium miraculous calculator for multiplication so that to improve the learning outcomes of 3rd class students in MI Al-Azhaar Bandung, Tulungagung.
The form of research used by the researchers is a descriptive analysis of qualitative and quantitative. This research is called Research and Development, which refers to the model of Dick and Carrey and quantitative approaches.
The results of the study, Development of miraculous calculator as a medium for multiplication subject of 3rd class elementary school students in MI Al-Azhar Bandung Tulungagung, fill the valid criteria with the material test result of validity achieve a level of 81.25%, 83.3% of design experts, the expert subject teachers achieve 86, 2%, and the test results achieve 83.9%, by seeing an average control class smaller than the experimental class on post-test questions that 68<82, it can be said that the magical calculator as medium is significantly effective to improve learning outcomes Math multiplication on the material of 3rd class students in MI Al-Azhaar Bandung, Tulungagung. The t test manual at the 0.05 significance by the results level t arithmatic ≥ t table that is t arithmatic 3.21 ≥ t table 2.14 then Ho is rejected and Ha acceptance. This shows that improved product has high validity of qualification in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media; Kalkulator Ajaib; Materi Perkalian; Medium, Miraculous Calculator; Multiplication Subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:50 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |