Rahayu, Erviana (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan media scrabble pada materi hubungan antar satuan siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Tlogosari-Tutur-Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran matematika adalah suatu proses yang diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan siswa guna memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan matematika. Cara yang tepat untuk menyampaikan materi hubungan antar satuan (waktu, sudut, jarak, dan kecepatan) adalah menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan media scrabble. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih ditekankan pada pengalaman sehari-hari. Sedangkan media scrabble digunakan sebagai alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang dipelajari dan mengembangkan tingkat berfikir siswa. Oleh karena itu, dalam mengajarkan materi hubungan antar satuan (waktu, sudut, jarak, dan kecepatan) ini lebih mudah menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan media scrabble.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui spesifikasi produk yang dihasilkan berupa bahan ajar berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Media Scrabble pada materi Hubungan Antar Satuan. 2) Untuk mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Media Scrabble pada materi Hubungan Antar Satuan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tlogosari-Tutur-Pasuruan.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey.
Hasil dari Penelitian Pengembangan Bahan Ajar berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Media Scrabble pada Materi Hubungan Antar Satuan Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Tlogosari-Tutur- Pasuruan memenuhi kriteria dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 95,48%, ahli desain mencapai 95,23%, guru bidang studi matematika mencapai 92,18%, dan hasil uji coba mencapai 85,84%. Dengan melihat rata-rata nilai post-test lebih bagus dari pada pre-test yaitu 77,14 > 43,33, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Media Scrabble secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada materi hubungan antar satuan pada siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Tlogosari-Tutur-Pasuruan. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 3,93 ≥ 1,72 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Teaching mathematic is a process in which teachers transfer and teach mathematic knowledge toward students in order to improve their comprehension about this subject. The precise way to deliver material about conversion is by using Indonesia realistic mathematics education method and scrabble media. Indonesia realistic mathematics education method is more emphasized on the daily experiences while scrabble media is used to assist the students in comprehending the materials more easily and fostering their thinking level. Therefore, implementing Indonesia realistic mathematics education using scrabble media in teaching material about conversion is the easier way to help the students easily comprehend the material.
This study is aimed: 1) To identify the specification of product which is the learning materials-based Indonesia realistic mathematics education using scrabble media in material about conversion. 2) To identify the effectiveness of learning material-based Indonesia realistic mathematics education using scrabble media of material about conversion in order to improve the success of fifth grade students’ learning in Miftahul Ulum Elementary School Tlogosari-Tutur- Pasuruan.
This research uses descriptive qualitative method and belongs into Research and Development which refers to Dick and Carrey model.
The result shows that Material Development-Based Indonesia Realistic Mathematics Education Using Scrabble Media of material about conversion at fifth grade students in Miftahul Ulum Elementary School Tlogosari-Tutur- Pasuruan meet a demand of criteria and significantly effective to improve the result of students’ learning since the post-test result is better than pre-test result that is 77,14 > 43,33. The validity level result in the test of material expert is 95.48%, design expert is 95,23%, mathematics teacher is 92,18, and the experiment result is 85,84%. In t-manual test with meaning level is 0,05, t count result ≥ t table that is 3.93 ≥ 1,72. It means Ho is refused and Ha is accepted. Hence, there is significant difference toward learning material which is developed. It indicates that the product which is developed has high validity level qualification. In brief, the learning material is proper to be used in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia PMRI); Media Scrabble; Materi Hubungan Antar Satuan; Material; Indonesia Realistic Mathematics Education; Scrabble Media; Material of Conversion | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:43 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7443 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |