Pengembangan media autoplay berbasis video animasi pada materi kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Ponggok 1 Blitar

Anwar, Muhammad (2014) Pengembangan media autoplay berbasis video animasi pada materi kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Ponggok 1 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan media Autoplay Berbasis Video Animasi merupakan suatu proses pengembangan media yang dalam proses belajar mengajar dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta memadukan media gambar, gambar bergerak (animasi), video, suara maupun teks, sehingga pembelajaran tidak akan terkesan monoton, Untuk itu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang banyak membutuhkan pengetahuan secara nyata bisa terwujud, dengan demikian akan berdampak baik terhadap peningkatan pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SDN Ponggok 1 Blitar.

Pengembangan media autoplay Berbasis video Animasi memiliki kelebihan lebih dekat dengan siswa, sehingga siswa sangat mudah dan senang belajar materi Ilmu Pengetahuan sosial yang selama ini dianggap Ilmu pengetahuan sosial itu membosankan dan pengajarannya hanya ceramah saja.

Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana desain Autoplay Berbasis Video Animasi sebagai media pembelajaran IPS? (2) Apakah Autoplay Berbasis Video Animasi ini efektif pengunaanya sebagai media pembelajaran IPS pada materi kenampakan Alam dan Sosial Budaya kelas IV SDN Ponggok 1 Blitar?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut diatas, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pengembangan media Autoplay berbasis Video Animasi yang menghasilkan media CD (Compact Disc).

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media Autoplay berbasis Video animasi ini mampu meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SDN Ponggok 1blitar, terbukti prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 94,84% dibanding tes awal yang prosentasenya hanya 67,6% yang menunjukan bahwa ada peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 40,29% setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan media ajar ini.

ENGLISH:

Autoplay Media Development Based Animation Video is a process of media development in the learning process that made using of a computer and how to use the media to combine images, moving images (animation), video, sound and text, so it will not seem monotonous learning, for the learning Social Sciences which requires a lot of real knowledge can be realized, this will contribute to an improved understanding of the material of Social Sciences at the IV grade students of SDN Ponggok 1 Blitar.

The Autoplay Media Development Based AnimationVideo has advantage scloser to the students, so that student tsare very easy and fun in learning social studies material that considereda social science teaching was boring and just lecture course.

Based on the background above, the problems that arise are: (1) How todesign Autoplay Media Based Video Animationas a medium forsocial studies? (2) Is this using of Autoplay Media Based Video Animation effectiveas a learning medium in material appearance IPS Natural and Cultural Social class IV SDN Ponggok 1Blitar?

The purposeof this study is to find the solution of the problem above, so that researc her sconducting resear chusing Autoplay Media Development Based Video Animation that produced the CD media(Compact Disc).

The results showed that the development of Autoplay Media Development Based Video Animationis able to improve the understanding and achievement of students in social science subjectsin IV grade SDN Ponggok 1 Blitar, provenver
age percentage of learning gain son the last testresult sreach 94.84% compared to thein itial test the percentage isonly 67.6%, which in dicates that there isan increase in the acquisition of student learning out comesat 40.29% after learning to use the results of this teaching media product development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Keywords: Pengembangan; Autoplay Berbasis Video Animasi; IPS; Development; Autoplay Media Based Video Animation; Social Science
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:43
Last Modified: 28 Jul 2017 01:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item