Yulianti, Dyah Retno (2014) Pengembangan buku ajar IPS berbasis multimedia interaktif pada kompetensi dasar perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV di MIN Sumberjo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam belajar mengajar IPS penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain materi yang terlalu banyak dan membutuhkan kekuatan menghafal, metode pembelajaran ceramah, media pembelajaran yang kurang efektif dan interaktif. Dari faktor tersebut, tampak bahwa penyajian materi menjadi penyebab rendahnya pemahaman konsep siswa yang berpengaruh pada hasil belajarnya. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan dengan memberikan buku ajar dan media pembelajaran yang tidak hanya memberikan materi secara instan, tapi mampu membawa siswa untuk berpikir dan memahami konsep yang dipelajari sehingga bermakna.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model pengembangan Borg & Gall yang pernah di tulis oleh Cepy Riyana dalam bukunya yang berjudul Media Pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MIN Sumberjo Kabupaten Blitar dengan mengambil siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa buku ajar IPS berbasis multimedia interaktif mendapat penialaian kualifikasi yang baik. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 72%, ahli desain 88% untuk buku ajar dan 82% untuk media pembelajaran, ahli pembelajaran sebesar 88%, dan dari angket siswa didapat persentase sebesar 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku ajar IPS berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak dan tidak memerlukan revisi.
Penghitungan menggunakan uji t dengan tingkat kebermaknaan 0,05 diperoleh hasil thitun 2≥ t2 yaitu 5 ≥ 1,703 artinya H ditolak dan H diterima. Jadi, buku ajar IPS berbasis multimedia interaktif terbukti secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV MIN Sumberjo Kabupaten Blitar. Dengan melihat rata-rata diketahui X2 lebih dari X1 (91,11 > 61,48) juga menunjukkan bahwa post-test lebih besar dari pre-test. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep siswa kelas IV sesudah menggunakan buku ajar berbasis multimedia interaktif dan sebelum menggunakan buku ajar berbasis multimedia interaktif di MIN Sumberjo Kabupaten Blitar.
ENGLISH:
The cause of the lack of student understanding toward concepts in social studies teaching and learning taught was influenced by several factors such as material strength too much and required memorization, lecture teaching methods, instructional media were less effective and interactive. From these factors, it appeared that the material presentation into the cause of the lack of understanding concepts that affected student learning out comes. For solving this, it can be done by providing textbook sand learning media was not only providing instant matter, but it was able to bring the students to think and understand the learned concept was so meaningful.
This research used research development Research and Development (R&D), with a Borg & Gall model of development that was written by Cepy Riyana in his book of Learning Media. This research was conducted in MIN Sumberjo Blitar by taking the fourth grade students of the 27 students.
Based on the results obtained that the social science textbook was based on interactive multimedia media got a good qualification assessment. Validation results obtained from material expert by 72%, 88% design expert of 82% for textbooks of learning media, teaching expert by 88%, and the percentage of the student questionnaire obtained by 92%. This showed that the social learning textbook developed interactive multimedia declared eligible and did not require revision.
Calculations used the t test with a significance level of 0.05 obtained results thitun 2 ≥ t2 el, namely 5 ≥ 1.703 meant that H0 was rejected and Ha accepted. Thus, textbook-based interactive multimedia proven social science can significantly improved student’s understanding of the concept of class IV MIN Sumberjo Blitar. By looking at the average of known X2 over X1 (91.11 > 61.48) also showed that the post-test was greater than the pre-test. In conclusion here were significant differences in the understanding of the concept off ourth grade students after the use of interactive multimedia-based on textbook and before using the textbook-based interactive multimedia in MIN Sumberjo Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; Media Pembelajaran; Pemahaman Konsep; Textbook; Learning Media; Conceptual Understanding | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:44 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7440 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |