Problems implementation of thematic learning in low grade at MIN Gedok Blitar

Fitriana, Maulida Arum (2014) Problems implementation of thematic learning in low grade at MIN Gedok Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam sebuah tema. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk memperoleh kebermaknaan dalam belajar kepada peserta didik. Pembelajaran tematik merupakan sebuah perubahan dalam pembelajaran. Merubah sistem pembelajaran clasik menjadi pembelajaran baru yang lebih bermakna. Karakteristik dari pembelajaran ini adalah berpusat pada peserta didik, pembelajaran langsung, flexible, dan menyenangkan. Karakteristik dari pembelajaran ini akan membuat proses pembelajaran berlangsung menyenangkan, aktif, dan pemahaman materi lebih mendalam.

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pelaksanaa pembelajaran tematik kelas bawah di MIN Gedok Kota Blitar. (2) untuk mengetahui apa saja problematika pelaksanaan pembelajaran tematik kelas bawah di MIN Gedok Kota Blitar. (3) untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dan mengkondisikan kelas bawah di MIN Gedok Kota Blitar.

Untuk mendapatkan tujuan diatas, peneliti menggunakan penelitian kualitative. Dalam penelitian kualitative instrumen terpenting adalah peneliti itu sendiri, dan teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitative adalah reduksi yaitu memila-milah data yang penting dan data yang ytidak penting, lalu pemaparan data dan tahap terakhir adalah menyimpulkan data yang telah disaring.

Perolehan data dari penelitian ini adalah: (1) pembelajaran di MIN Gedok Blitar belum menggunakan pembelajaran tematik. pembelajaran masih menggunakan mata pelajaran bukan sebuah tema, (2) guru di MIN Gedok Blitar menemukan beberapa permasalahan dalam penerapan pembelajaran tematik, yaitu: a. pengetahuan guru tentang pembelajaran tematik dirasa masih kurang model, b. buku pegangan pelajar masih menggunakan mata pelajaranbelum dalam bentuk tema, c. guru mendapat komplen dari wali murit karena wali murit belum paham tentang pembelajaran tematik, d. ujian sekolah masih dalam bentuk mata pelajaran bukan tema, (4) usaha-usaha guru dan pihak sekolah dalam menerapkan pembelajaran tematik, yaitu: a. mengikutkan guru dalam seminar dan workshop tentang pembelajaran tematik, b. guru belajar bersama tentang pembelajaran tematik, c. guru mengakses pembelajaran tematik dari internet.

ENGLISH:

Thematic learning is integrated learning, theme is used to integrate several material. The objective of this learning is to give meaningful learning for learner. Thematic learning is one breakthrough of learning, from classical learning to modern learning. The characteristic of this learning is student centered, direct experience, flexible, and fun learning. The characteristic of this learning is making student fun, active, deep understanding about material in learning.

The purpose of study, are: (1) to describe implementation of thematic learning in low grade at MIN Gedog Blitar, (2) to know problems of thematic learning implementation in low grade at MIN Gedok Blitar, (3) to know the teacher effort of implemented thematic learning in low grade MIN Gedok Blitar.

To achieve the purpose above, the result used qualitative research. The key instrument of this research is researcher self, and the technique of collecting data is observation, interview, and documentation. Data analysis is reduction un relevant data, so exposure data and the last taking conclusion of data.

The data result of this research is: (1) learning process in this school did not use thematic. Teacher use subject material in learning not a theme, (2) teachers in MIN Gedog face many problems to implement thematic, are: a. class teacher in low grade do not understand about thematic learning, b. the student hand book based on subject material not theme, c. many complain from student parent about this learning model, because student parent do not understand to thematic learning model. d. the evaluation base on subject material not theme, (3) the effort to implement thematic learning is: a. joining the workshop of thematic learning, b. teacher learn together about thematic learning, c. teachers access thematic alone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Thematic Learning; Problematika; Penerapan; Pembelajaran Tematik
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:44
Last Modified: 28 Jul 2017 01:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7438

Actions (login required)

View Item View Item