تطوير منهج تدريس البلاغة على مدخل الكفاءة: بحث تطويري في جامعة دارين إنتان الإسلامية الحكومية لامبونج

Masyithah, Siti (2011) تطوير منهج تدريس البلاغة على مدخل الكفاءة: بحث تطويري في جامعة دارين إنتان الإسلامية الحكومية لامبونج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran Balaghah adalah suatu kegiatan belajar yang bertujuan untuk meningkatan daya rasa peserta didik dalam menilai aspek keindahan sastra, maka dalam prakteknya tidak cukup hanya mengetahui makna dan memahaminya. IAIN Raden Intan Lampung adalah salah satu sekolah tinggi Islam yang menjadikan mata kuliah Balaghah sebagai mata kuliah pokok di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Namun demikian masalah yang dihadapi oleh Institut ini adalah kurikulum yang ada tidak sesuai dengan tujuan utama pembelajaran Balaghah sebagaimana tertulis diatas.

Oleh karena itu, Peneliti melihat bahwa Institut ini sangat membutuhkan pengembangan kurikulum terpadu pembelajaran Balaghah yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Balaghah. Tujuan penelitian ini adalah mempersiapkan kurikulum baru dalam pembelajaran Balaghah yang sesuai dengan peserta didik ditingkat tinggi dengan pendekatan kompetensi, juga mengetahui sejauh mana kelayakan kurikulum ini digunakan di IAIN Raden Intan Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan dosen Balaghah di jurusan ini yang terdiri dari 57 mahasiswa dan 4 dosen. Kemudian semua populasi ini peneliti tetapkan sebagai sampel penelitian, sehingga dapat mengungkap kebutuhan dan pandangan mereka secara nyata.

Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan instrument penelitian angket dan pedoman wawancara ditambah data – data sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk kurikulum pembelajaran Balaghah dengan pendekatan kompetensi untuk Jurusan Pengajaran Bahasa Arab Institut Agama Islam Raden Intan Lampung, yang divalidasi oleh dua ahli dibidang kurikulum pembelajaran Bahasa Arab. Kurikulum tersebut terdiri dari: (1) Pendahuluan, (2) Pengertian Kurikulum dengan Pendekatan Kompetensi, (3) Kurikulum Pembelajaran Ilmu Bayan, (4) Kurikulum Pembelajaran Ilmu Ma'ani, (5) Kurikulum Pembelajaran Ilmu Badi', (6) Silabus.

ABSTRACT

The balaghoh learning is the learning process to increase students ability in appraise of letters, and in learning process knews the definition and undesrstanding not enough only. Islamic state Institute of Raden Intan Lampung is one of Islamic Institute who is include the balaghoh lesson for subject lesson in Arabic education department. But the problems in this institute is doesn’t suitable with the principal purpose in the balaghoh learning based on the texs above. Therefore, the researches opinion that the institute needed the integrated developing curriculum in suitable learning balaghoh with purpose learning balaghoh.

Problem statement of this research is: (1) How is the curriculum development at the entrance to the existing competence in the Balaghah teaching to students at the university level? (2) What is the appropriate method based on entrance competency for Balaghah learning at the Raden Intan Islamic Institut of Lampung?

In this research, the researcher used research & development (R&D) methodology with quantitative approach. The population of this research is all (57) students and (4) teachers of balaghoh in Raden Intan Raden Intan Islamic Institut of Lampung. Instruments for this research were researcher him self, questionnaire, interview schedule and documentation.

The results of this research is to prepare the curriculum for the teaching of rhetoric based on the entrance efficiency at the Raden Intan Islamic Institut of Lampung, which is a polite way when two experts in the field of teaching Arabic language curriculum. And consists of this approach (1) Introduction, (2) the concept of the curriculum at the entrance of efficiency and its components, (3) approach in teaching Bayan, (4) curriculum in the teaching of Ma'ani, (5) approach in teaching Badi', (6) Syllabus.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Wargadinata, Wildana
Keywords: تطوير منهج; تدريس البلاغة; مدخل الكفاءة; Developing of curriculum; the learning balaghoh; the competence approach; Pengembangan Kurikulum; Pembelajaran Balaghah; Pendekatan Kompetensi.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:02
Last Modified: 28 Jul 2017 02:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item View Item