Aini, Arifatul Nur (2014) Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa di Sekolah Dasar Alam al–Ghifari Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kreativitas Guru merupakan proses menantang ide- ide dan cara- cara melakukan hal- hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi- solusi atau konsep- konsep baru. Pemahaman Belajar Siswa merupakan satu tujuan pengajaran yang penting untuk membantu murid memahami konsep utama dalam suatu objek. Pemahaman akan berkembang apabila guru dapat membantu murid untuk mengeksplorasikan topik secara mendalam dan memberi mereka contoh yang tepat dan menarik.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Alam Al- Ghifari Blitar dengan objek penelitian yaitu semua siswa Kelas III yang berjumlah 40 siswa. Adapun tujuan dilakukanya penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) untuk menjelaskan seberapa besar kreativitas guru di SD Alam Al- Ghifari Blitar, 2) Untuk menjelaskan seberapa besar pemahaman belajar siswa di SD Alam Al- Ghifari Blitar, 3) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa di SD Alam Al- Ghifari Blitar.
Teknik analisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian korelasi merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau beberapa variabel.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa (1) tingkat kreativitas guru dalam pembelajaran tematik membuktikan bahwa kreativitas guru sangat tinggi dengan jumlah prosentase 42,12%. (2) Tingkat pemahaman belajar siswa di SD Alam Al- Ghifari Blitar dapat diketahui bahwa pemahaman belajar siswa tinggi dengan prosentase sebesar 40%. (3) terdapat pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa. Dari uji regresi linier sederhana yang telah dilakukan dapat diketahui dari jumlah konstanta sebesar 25, 416 dan koefisien regresi sebesar 0,684. Sehingga dapat menghasilkan persamaan garis Y= 25,416 + 0,684 X. konstanta sebesar 25,416. Berdasarkan pengujian Hipotesis (Uji T) yang telah dilakukan diketahui bahwa thitung 4,723 > ttabel 2,024, ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima,atau bahwa ada pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa. Berdasarkan dari koefisien determinasi (R2) yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,370. Arti dari koefisien ini adalah bahwa sumbangan relative yang diberikan oleh variabel X terhadap Y adalah sebesar 37% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
ENGLISH:
Teachers’ creativity is a challenging process for teaching ideas and methods to find new concept in teaching. Students’ comprehension is the essential goal in facilitating students to understand the main concept of an object. The students’ comprehension will evolve if teachers are able to help students in exploring the topic deeply and giving appropriate and interesting example.
The study was done at Sekolah Dasar Alam Al- Ghifari Blitar. Subjects of the study were 40 studens of the third grade. The significant of the study are finding out : 1) for the explain how much creativity in elementary school teacher Alam Al-Ghifari Blitar, 2) the students’ comprehension at SD Alam Al-Ghifari. 3) the influence of teachers’ creativity in thematic teaching toward students’ comprehension at SD Alam Al- Ghifari.
The study was conducted quantitatively by implementing correlation design. It is a design which aims to find the correlation between two variables or more.
Based on the research result, (1) the level of creativity of teachers in thematic learning teacher proves that creativity is very high with the amount of 42.12% percent. (2) The level of understanding student learning in elementary Alam Al-Ghifari Blitar is known that a high understanding of student learning with a percentage of 40%. (3) there is the influence of teachers' creativity in thematic learning to understanding student learning. The simple linear regression test reveals the number of constants for 25,416 and regression coefficient for 0,684. Thus, it results equation of line Y= 25,416 + 0,684 X with constants for 25,416. Based on the T- test which had been done, it was found that Pvalue 4,723 > tvalue 2,024. This shows that H0 is rejected and Ha is accepted, in other word teachers’ creativity in thematic learning gives effect to the students’ comprehension. Based on the coefficient of determination which had been done, it was found that R2 was 0,370. It means that the relative contribution which was given by variable X to variable Y was 37%, while the rest was influenced by other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Pemahaman Belajar Siswa; Teacher's Creativity; Student's Comprehension | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:45 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7431 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |