استخدام مشغلات الوسائط 3 اتنمية مهارة الاسنماع: دراسة تجريبية بمدرسة سونان بيجاكونج الثانوية الإسلامية توبان جاوا الشرقية

Abqoriya, Rifqi (2011) استخدام مشغلات الوسائط 3 اتنمية مهارة الاسنماع: دراسة تجريبية بمدرسة سونان بيجاكونج الثانوية الإسلامية توبان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mendengar adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita, karena tanpa pendengaran yang baik maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan yang lain. Banyak dari para guru sekarang, khususnya guru Bahasa Arab, belum mampu dan mengetahui apa yang harus dikerjakan dalam pembelajaran mendengar, sedangkan mendengar adalah tahap pertama pemerolehan bahasa anak. Peneliti memilih pembelajaran ketrampilan mendengar di Madrasah Aliyah karena pada tingkatan ini pembelajaran ketrampilan mendengar tidak begitu diperhatikan, sedangkan pembelajaran ketrampilan mendengar sangat penting bagi kita saat ini ataupun untuk masa depan. Dan alasan peneliti memilih Madrasah Aliyah Sunan Bejagung Tuban Jawa Timur disebutkan pada Bab pertama dalam thesis ini.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana penggunaan dan pelaksanaan MP3 dalam pembelajaran ketrampilan mendengar pada kelas satu (sepuluh) di Madrasah Aliyah Sunan Bejagung Tuban Jawa Timur? Dan sejauh mana efektifitasnya untuk meningkatkan ketrampilan mendengar dalam membedakan suara-suara bahasa Arab?”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan MP3 dalam pembelajaran ketrampilan mendengar pada kelas satu (sepuluh) di Madrasah Aliyah Sunan Bejagung Tuban Jawa Timur, Dan mengetahui sejauh mana efektifitasnya untuk meningkatkan ketrampilan mendengar dalam membedakan suara-suara bahasa Arab.

Hipotesa dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan MP3 dapat meningkatkan pembelajaran ketrampilan mendengar bahasa Arab baik dalam membedakan suara huruf–huruf bahasa Arab dalam bentuk kata, kalimat ataupun dialog. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisa kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design pre-test dan post-test pada dua kelompok.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran ketrampilan mendengar dalam bahasa arab menggunakan MP3 dilaksanakan dengan bagus dan menyenangkan hal itu dibuktikan dengan respon siswa yang merasa senang ketika memakai media ini. Dan MP3 ini akan berpengaruh pada siswa yang memiliki kemampuan berfikir yang tinggi (cerdas) dengan kenaikan hasil sebesar 6%, tetapi media ini tidak efektif jika diterapkan pada siswa yang memiliki kemampuan berfikir yang lambat dengan penurunan nilai sebesar -6,5. Hal itu disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa yang berfikir lambat dalam mendengarkan suara dari penutur arab asli yang terlalu cepat, selain itu dialek yang digunakan oleh penutur asli juga berbeda dengan dialek yang dipakai sehari-hari oleh para siswa tersebut.

ABSTRACT

Listening is very important in our lives, without the good hearing we can not contact and talk with others. And now many teachers, especially teachers of the Arabic language, did not appreciate and know what to do in teaching listening skills, with listening is the first stage the child acquires a language around it. In this research, researcher focused in the education of Islamic senior high school because in this level, interest in teaching listening skills is very lacking with that teaching skill is important for us in the present or the future.

Problem statement of this research is how effective use of media players 3 (MP3), and teaching listening skills in the education of the class one in the Islamic senior high school of Sunan Bejagung Tuban East Java?

The hypothesis of this study is that the use of MP3 listening skills can enhance learning in both the Arabic language to distinguish the sound of Arabic letters in a word, sentence or dialogue. This study uses quantitative analysis approach with an experimental method to design pre-test and post-test in two groups. The research sample is the first semester students in the Islamic senior high school of Sunan Bejagung Tuban in East Java of the school year 2010/2011
M, and the member of this group is 28 students.

The result of this research, the researcher know that the media players 3 (MP3) used in teaching listening skills in the Arabic language by direct method and oral hearing in a good and intensive, which indicates that the large turnout of students when using this method.

The use of media players 3 does not affect in teaching listening skills in the Arabic language in the Islamic senior high school of Sunan Bejagung Tuban, East Java, especially among students vulnerable, despite its impact in a positive way to the top students, not least due to the inability of students vulnerable to hearing voices that say the by native speaking in Arabic to speed. For its part, the other rhetoric uttered by the native speaker of Arabic speaking is dialect different from the students when they speak in Arabic.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Wargadinata, Wildana
Keywords: مشغلات الوسائط 3; تعليم مهارة الاسنماع; MP3; Meningkatkan Ketrampilan Mendengar; MP3; teach listening skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:02
Last Modified: 28 Jul 2017 02:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item View Item