Virlyani, Nurlyta (2014) Pengembangan bahan ajar Matematika berbasis karakter pada pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk kelas IV MINU Raudlatul Falah Talok Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis karakter ini dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi real yang ada di lapangan. Kondisi ideal yang dimaksud adalah (1) tersedianya buku ajar matematika yang mengintegrasikan nilai karakter, (2) tersedianya buku ajar matematika yang mengakomodir faktor-faktor yang diharapkan ada dalam sebuah buku ajar yang efektif.
Penelitian ini dilaksanakan di MINU Raudlatul Falah Talok Malang, dengan objek penelitian siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mengetahui spesifikasi produk berupa bahan ajar matematika berbasis karakter pada pokok bahasan operasi bilangan bulat.; 2) Mendeskripsikan karakter siswa kelas IV MINU Raudlatul Falah; 3) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara kelompok yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter dengan kelompok yang tanpa menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah mengunakan model desain Dick and Carey. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, melaksanakan analisis pembelajaran, mengenal tingkah laku masukan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan khusus pembelajaran, mengembangkan butir tes acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, dan yaitu merevisi bahan pembelajaran.
Pengembangan bahan ajar ini telah menghasilkan produk berupa buku ajar matematika berbasis karakter pada pokok bahasan operasi bilangan bulat dilengkapi dengan media pembelajaran berupa dakon. Dari hasil kevalidan, menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis karakter pada pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk kelas IV MI ini menunjukkan kevalidan, terbukti prosentase rata-rata perolehan dari hasil validasi oleh ahli. Pada aspek materi menunjukkan 83,75% menyatakan valid, aspek pembelajaran menunjukkan 82% manyatakan valid, dan aspek desain buku ajar menunjukkan 77,5% menyatakan cukup valid. Hasil persentase tingkat kevalidan pada uji coba siswa kelas IV B MINU Raudlatul Falah menunjukkan 85,2% menyatakan valid.
Pada saat proses pembelajaran matematika, kelompok yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter lebih dapat menumbuhkembangkan nilai karakter percaya diri, kejujuran, teliti, dan cermat daripada kelompok yang tidak menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter.
Dari hasil analisis data yang melalui program SPSS 16.0 for Windows dan rumus manual uji t–test berkorelasi (related), menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis karakter pada pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk kelas IV MI ini lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada penggunaan tanpa bahan ajar berbasis karakter, terbukti bahwa nilai sig.(2- tailed) pada taraf signifikansi 0,05 kemampuan kedua kelas mengenai operasi bilangan bulat adalah 0,000. Hal ini diperkuat dengan hasil dari t hitung = 2,18 sedangkan t tabel = 2,14. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Artinya Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada pokok bahasan operasi bilangan bulat yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV yang tidak menggunakan bahan ajar matematika berbasis karakter di MINU Raudlatul Falah Talok Malang.
ENGLISH:
The development of character-based mathematics teaching material is intended to address the gap between ideal conditions with the real conditions on the ground. Ideal conditions in question are (1) the availability of a mathematical textbook that integrates the value of character, (2) the availability of math textbooks to accommodate the factors that are expected in a textbook effective.
This research was conducted in Malang Talok Minu Raudlatul Falah, with the object of research grade IV A as the control group and class IV B as the experimental group. The objectives to be achieved in this study are; 1) Knowing the product specifications in the form of character-based mathematics teaching material on the subject of integer operations.; 2) Describe the character of fourth grade students Minu Raudlatul Falah; 3) Knowing the difference in improvement of mathematics learning outcomes between the groups using character-based mathematics teaching material with the group without the use of character-based mathematics teaching material.
The method used in this research is a method of research and development (Research and Development) which is used to produce a particular product and test the effectiveness of these products. The design used in the development of this textbook is to use the design model of Dick and Carey. The steps of development are as follows: identify the general purpose of learning, carrying out the analysis of learning, knowing the behavior and characteristics of student input, formulate specific learning objectives, develop test items reference benchmark, develop learning strategies, selecting and developing teaching materials, designing and implementing formative evaluation, and is revising instructional materials.
The development of these teaching materials have produced a character- based math textbook on the subject of integer operations is equipped with a learning medium dakon. Validity of the results, suggesting that the development of character-based mathematics teaching material on the subject of integer operations for the fourth grade this MI shows validity, proven average percentage gain of the results of the validation by experts. In the aspect of the material showed 83.75% declared invalid, the learning aspect shows 82% say any valid, and aspects of design textbook showed 77.5% stated they were quite valid. The percentage level of validity of the test grade IV B minu Raudlatul Falah showed
85.2% declared invalid.
The learning process of mathematics At the time, the group using the character-based mathematics teaching material to develop a more confident character values, honesty, thorough, and accurate than the group who did not use a character-based mathematics teaching material.
From the results of data analysis through SPSS 16.0 for Windows and formulas manually correlated t-test (related), showed that the use of character- based mathematics teaching material on the subject of integer operations for the fourth grade MI was more effective in improving student learning outcomes than without the use of character-based teaching materials, proved that sig. (2-tailed) at the 0.05 significance level on the ability of both classes of integer operations is 0,000. This is reinforced by the results of t = 2.18 while the t table = 2.14. Because t> t table then Ho is rejected. Meaning There is a significant difference in improvement of learning outcomes math fourth grade students on the subject of integer operations that use character-based mathematics teaching material with the results of the fourth grade students learn math that does not use character-based mathematics teaching material in Minu Raudlatul Falah Talok Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Matematika Berbasis Karakter; Operasi Bilangan Bulat; Development; Character-Based Mathematics Instructional Materials; Integer Operation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:51 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7428 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |