Zamhari, Abdul Aziz (2014) Implementasi cooperative learning melalui metode PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV materi perkembangan teknologi di MIN Druju Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial akan tercapai jika didukung oleh iklim pembelajaran yang kondusif, karena mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan motivasi belajar siswa. Namun kenyataan dilapangandalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif terhadap materi pembelajaran.Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam penelitian ini menerapkan pendekatan cooperative learning melaluimetode PBL (Problem Based Learning) dalam proses pembelajaran IPS.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, proses implementasi, dan proses evaluasi implementasi pendekatan cooperative learning melalui model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MIN Druju Malang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas menggunakan model yang dirujuk dalam buku Suharsimi Arikunto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, partisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Druju Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan cooperative learning melalui metode PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dengan materi perkembangan teknologi mampu meningkatkan kreativitas siswa, hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan dari pre tes ke post tes yang semula perolehan nilai skor 13 menjadi 25. Dikuatkan pula berdasarkan hasil perhitungan skor penilaian kreativitas berdasarkan indikator dalam lembar observasi menunjukkan bahwa pada siklus I penilaian sebesar 53 %, siklus II sebesar 69% dan siklus III sebesar 84 %. Jadi mengalami peningkatan sebesar 31%. Perolehan nilai belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata 65,07, siklus II nilai rata-rata 75, 61, dan perubahan pada antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS, indikator yang dicapai adalah memiliki rasa ingin tahu yang besar, menyukai hal-hal yang baru, mampu memberikan ide kreatif serta gagasan dengan baik, mampu menunjukkan berbagai macam hasil karya, menghargai pendapat orang lain, mampu menyesuaikan diri dengan kelompok, semangat dalam proses pembelajaran, mempunyai rasa percaya diri, dan mempunyai rasa kemandirian dalam proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan perencanaan pembelajaran IPS dengan model problem based learning (PBL) dengan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan materi, sumber belajar, lembar kerja siswa, soal latihan, dan lembar observasi kreativitas. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model problem based learning (PBL) dapat memningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan penilaian evaluasi tentang kreativitas siswa mengalami perubahan yang signifikan. Saran yang direkomendasikan peneliti agar siswa dapat ikut berperan aktif dalam pembelajaran dan guru hendakanya dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan strategi dan metode yang tepat.
ENGLISH:
Purpose of Social science learning will be achieved if supported by a conducive learning environment, because it has a very large influence on the success and student motivation. But the ground reality in the learning process of teachers still use the lecture method so that the students tend to be passive towards the learning material. To overcome, in this research applied thecooperative learning approach through the method of PBL (Problem Based Learning) in the process of learning social studies.
Purpose of this research is to investigate the process of planning, implementation process, and evaluation of the implementation process through a cooperative learning approach to problem based learning models to enhance creativity of fourth graders Druju MIN Malang.
This research uses Classroom Action Research design, using a learning model that is referenced in the book of SuharsimiArikunto. The data was collected by observation, participatory, interviews, and documentation. Data analysis was performed by descriptive quantitative. Data source of this research is fourth grade in MIN DrujuMalang.
The results of this research show that the cooperative learning approach through method of PBL (Problem Based Learning) in the social science subjects (IPS) with the material technologydevelopment can improve the creativity of students, this is indicated by an increase from pre-test to post-test score of the original acquisition value 13 to 25. Upheld also based on the calculation of creativity assessment score based on the indicators in the observation sheet shows that in the first cycle rating of 53%, 69% second cycle and third cycle of 84%. So an increase of 31%. Acquisition value also increased student learning. In the first cycle the average value of 65.07, the second cycle the average value of 75, 61, and changes to the enthusiastic students in participating in learning social studies, indicators met is to have a great curiosity, likes new things, able providing creative ideas and good ideas, able to demonstrate a wide variety of work, respect others' opinions, able to adjust to the group, in the spirit of the learning process, have confidence, and have a sense of independence in the learning process.
From these results, we can take the summaryof social studies lesson plan with model of problem-based learning (PBL) to prepare a lesson plan (RPP), preparing materials, learning resources, student worksheets, exercises, and creativity observation sheet. The implementation of the IPS model of learning problem based learning (PBL) can improvestudent creativity and student learning outcomes. While the evaluation of the assessment of student creativity undergone significant changes. Recommendation of researchers for students to take an active role in learning and teacher should be optimize learning in the classroom by using appropriate strategies and methods.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Problem Based Learning; Kreativitas Siswa; Student Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:32 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7423 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |