Khujaimah, Khujaimah (2014) Penerapan metode sakamoto dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas III Sekolah Dasar Negeri Dukuh Sari I Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Matematika juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan teknologi maupun ilmu-ilmu yang lainnya. Pembelajaran matematika sering kali mengunakan metode ceramah hal inilah yang membuat siswa masih bingung dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, siswa juga merasa sulit dalam menyelesaikan soal cerita, karena masih mengalami kesulitan dalam mengubah kalimat-kalimat menjadi symbol-simbol matematika, salah satunya yang terjadi di SDN Dukuh Sari I. Dengan realita yang seperti itu maka diperlukan metode yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, salah satunya dengan metode sakamoto.
Penelitian ini membahas tentang: Pertama, penerapan metode sakamoto untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Kedua, hasil dari penerapan metode sakamoto untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Dukuh Sari I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis data setelah penerapan metode pembelajaran dengan metode sakamoto menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk soal cerita materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada mata pelajaran metematika.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbukti adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk soal cerita. Untuk itu, saran yang disampaikan pada pelaksana pembelajaran agar dapat menerapkan metode ini lebih bervariasi. Guna penelitian lebih lanjut dapat sebagai kajian untuk diadakannya penelitian tentang penerapan metode sakamoto.
ENGLISH:
Mathematics is a subject that is very important because it relates to human daily activities. Math is not only importance on it but also very influential on the advancement of technology and other sciences. Commontly, lecture method on learning of math, though that makes student confuse in doing story content of math. On the other words, mostly student feel difficul to resove story cntent of math. Because they have difficulty in changing sentences into mathematical symbols, it like as happen in SDN Dukuh Sari I. because of this reality so we need a method that can improve the ability of students in solving word problems, one of the method is the sakamoto method.
This study discusses: first the application of the sakamoto method to improve student ability in solving word problems. Second, the results of the application of the sakamoto method improve student ability to complete the word problems.
This study uses a qualitative approach with Classroom Action Research (CAR) with 2 (two) cycles research types. The subjects of this research are third grade students of SDN Dukuh Sari I. Data collection techniques use are observation, interview, tes, and analyzed by qualitative descriptive documentation, while the data is numeric or quantitative data are analyzed by using a sufficiently quantitative descriptive analysis.
The results of the analysis of the data after the application of learning methods with method sakamoto show that the application of this method can improve the ability of students in solving word problems mathematicswhich material addition and subtraction operations on the natural numbers matematika types.
Conclution of this research is evidence of an increase in studentst ability in solving mathematical problems in story content of math. For that, suggestions submitted on implementing learning in order to apply method is more varied. In order to further study the study for research based on the application of the method of sakamoto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abdussakir, Abdussakir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Sakamoto; Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita; Matematika; Methods Sakamoto; Story Problem Solving Ability; Mathematics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:59 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7420 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |