Pengembangan bahan ajar operasi hitung perkalian dan pembagian melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk kelas IV MI Bustanul Ulum Batu

Ummah, Wulida Khoirotul (2014) Pengembangan bahan ajar operasi hitung perkalian dan pembagian melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk kelas IV MI Bustanul Ulum Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Mata pelajaran matematika perlu diberikan pada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa kelas IV madrasah ibtidaiyah pada mata pelajaran matematika yaitu melakukan operasi perkalian dan pembagian. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil tes evaluasi tahun ini mengenai materi operasi perkalian dan pembagian, siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum Batu memperoleh nilai dibawah rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran sebesar 50%. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemahaman siswa masih rendah. Berdasarkan paparan tersebut, terdapat sebuah masalah yang harus diselesaikan. Cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melakukan pengembangan bahan ajar matematika menggunakan pendidikan matematika realistik indonesia yang mengembangkan dari bahan ajar matematika yang telah digunakan oleh siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Batu.

Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana spesifikasi produk bahan ajar operasi hitung perkalian dan pembagian untuk siswa kelas IV yang akan dikembangkan? (2) Apakah bahan ajar operasi hitung perkalian dan pembagian melalui pendidikan matematika realistik indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum Batu? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar, sehingga menggunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat. Pengujian bahan ajar ini dilakukan dengan metode eksperimen yaitu membandingkan suatu kelompok yang menerima treatment eksperimental dengan kelompok lain yang tidak mendapatkan treatment eksperimental. Pada hal ini, kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan IV B sebagai kelompok eksperimen. Subjek dalam kelas eksperimen digunakan teknik pengambilan sample dengan Simple Random Sampling, yakni pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memerhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut.

Dalam penelitian ini menghasilkan produk berupa buku siswa dan buku guru. Sebelum diujicobakan kepada siswa, produk ini melalui proses validasi terhadap ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Dalam tahap validasi ini, produk tidak perlu direvisi. Setelah validasi, produk diujicobakan di kelas IVB. Adanya hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar pada kelas kontrol. Hal ini dilihat dari rata-rata (mean) kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen pada soal post test yaitu 65,8 < 83,3, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar operasi hitung perkalian dan pembagian melalui pendidikan matematika realistik indonesia secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum.

ENGLISH:

Mathematics courses should be given to all students start from elementary school to equip students with the ability to think logically, analytical, systematic, critical and creative as well as the ability to cooperate. Competence is required so that learners can have the ability to acquire, manage, and utilize the information to survive in a state of ever-changing, uncertain, and competitive. One of the capabilities that must be owned by the IV grade students of Islamic elementary schools in mathematics is to do multiplication and division operations. But in fact, based on this year's test results regarding the evaluation of material multiplication and division operations, IV grade students of at Islamic Elementary School Bustanul Ulum Batu obtain an average value below the KKM (Complete Minimal Criteria) by 50% of subjects. This proves that the low level of student understanding. Based on these exposures, there is a problem to be solved. The means used to resolve the problem is to do with the development of mathematical teaching materials using Indonesian realistic mathematics education which develops mathematical teaching materials that have been used by IV grade students of Islamic Elementary School Bustanul Ulum Batu. Based on the background of the problems that arise are: (1) How the product specifications teaching materials arithmetic operations of multiplication and division to IV grade students of that will be developed? (2) What instructional materials arithmetic operations of multiplication and division by Indonesia realistic mathematics education can improve student learning outcomes IV grade in Islamic Elementary School Bustanul Ulum Batu? The purpose of this research is to find solutions to these problems.

This type of research in this thesis is to use methods of research and development (Research and Development). This research aims to produce a product in the form of teaching materials, so the use of research and needs analysis is to test the effectiveness of these products in order to function in the community. Testing of these materials is done by comparing the experimental method is an experimental group that received treatment with other groups who do not get the experimental treatment. In this case, class IV A as a control group and IV B as the experimental group. Subjects in the experimental class used sampling techniques with simple random sampling, ie, taking members of a population sample was randomly without regard to existing strata in the population.

In this study, the products with the student book and teacher book. Before the students tested, these products by validation process to matter experts, media specialists and learning specialists. In this validation phase, the product does not need to be revised. After validation, the product tested in class IVB. The existence of student learning outcomes in the experimental class better learning outcomes than the control class. It is seen from the average (mean) of the control class is smaller than the experimental class on post-test questions which 65.8 <83.3, it can be said that the teaching materials arithmetic operations of multiplication and division by Indonesian realistic mathematics education is significantly effective for improve learning outcomes as mathematics subject arithmetic operations of multiplication and division in grade IV in Islamic Elementary School Bustanul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Buku Ajar; PMRI; Matematika; Teaching Material; Indonesian Realistic Mathematics Education; Matematics
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:33
Last Modified: 28 Jul 2017 01:33
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item