Maftuukhah, Syifaaiyatul (2014) Penerapan strategi poster comment dan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengajaran IPS di SD/MI berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dasar untuk memahami kenyataan sosial yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya, pembelajaran IPS ini masih dirasa sulit oleh siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan, karena materi IPS membutuhkan banyak hafalan, sehingga siswa merasa bahwa pelajaran IPS sangat membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menerapkan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi komunikasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan penerapan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan, (3) mendeskripsikan proses evaluasi penerapan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonokromo II Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru dan mengalami sedikit modifikasi dan perbaikan di siklus ke dua, (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan berjalan dengan baik dimana guru merasa mendapat pengalaman baru dan siswa merasa senang belajar, (3) proses evaluasi pembelajaran dengan menerapkan strategi Poster Comment dan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas IV SDN Wonokromo II Tikung Lamongan, secara kualitatif mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, keberanian berbicara, dan kerjasama antar siswa dalam kelompok, dan secara kuantitatif mampu meningkatkan hasil belajar dan jumlah siswa yang tuntas belajar dalam setiap siklusnya.
ENGLISH:
Teaching of Social Science in Elementary School/Islamic Elementary School in function to evolving of knowledge, attitude and basic skill to comprehend of social reality which faced students in everyday life. But reality, this Social Science learning still it is difficult by students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan, because most material of Social Science need a lot memorization, so students feel that Social Science lesson are boring. To cope that’s problem, researcher implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media to improve learning achievement students on Social Science learning on material of development of technology communication.
The goal of this research are to: (1) describe the process of planning by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan, (2) describe the process of implementating by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan, (3) describe the process of evaluation by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan.
This research was carried out in State Elementary School Wonokromo II Subdistrict Tikung Regency Lamongan, with the object of research grade IV with amounts to 27 students. This research used descriptive qualitative approach with the type of classroom action research with consist of two cycle. Key instrument is researcher, and technical of aggregation data are observation, interview, and documentation. Data analysis used with method of reduction data with not relevant, explanation data and take a conclusion.
The results showing that, (1) process of planning by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan carried out with collaboration between researcher and teacher and experiencing a bit modification and repair on cycle of two, (2) process of implementating by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan worked well in which teacher feel get new experience and students was feel fun to learn, (3) process of evaluation by implementation of strategies Poster Comment and Puzzle media in Social Science learning material development of technology communication on students grade IV State Elementary School Wonokromo II Tikung Lamongan, qualitatively can improving studens motivation in learning, courage to speak, and cooperation among students in group, and quantitatively can improving learning achievement and amount of students who pass study in each cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Strategi Poster Comment dan Media Puzzle; Hasil Belajar; Implementation of Strategies Poster Comment and Puzzle Media; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:33 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7418 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |