Azmi, Ulfa Ulil (2014) Implementasi pembelajaran tematik di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Implementasi pembelajaran tematik merupakan suatu penerapan atau pelaksanaan pembelajaran dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya berdasarkan pemaduan beberapa materi pembelajaran dari berbagai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari satu atau beberapa mata pelajaran pada suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, sehingga pelaksanaan pembelajaran tematik ini tidak akan monoton karena menggunakan berbagai media dan alat pembelajaran lain yang sesuai dengan tema pembelajaran yang dilaksanakan.
Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik yang mencangkup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?, (2) Apa kendala atau problematika pembelajaran tematik pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran tematik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang implementasi pembelajaran tematik yang mencangkup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri, untuk mengetahui apa saja kendala atau problematika pembelajaran tematik yang mencangkup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri, dan untuk mengetahui tentang upaya yang dilakukan dalam perencanaan, pelaksaan, dan evaluasi di dalam pembelajaran tematik kelas
1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa gambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya implementasi pembelajaran tematik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Gampengrejo Kediri ini belum menerapkan pembelajaran tematik secara menyeluruh. Hal ini dapat di lihat terutama pada evaluasi pembelajarannya yang masih menggunakan per mata pelajaran, bukan secara holistik dan di intergrasikan. Sedangkan di dalam perencanaan pembelajarannya di susun dengan tulisan tangan sendiri oleh bapak Syafaat selaku wali kelas 1A yang mencangkup analisis hari efektif, analisis pekan efektif, PROTA, PROSEM, pemetaan, penentuan tema dan jaring-jaring tema, KKM, silabus, RPP, dan evaluasi. Dan terkait pelaksanaannya dilakukan dengan mengaplikasikan perencanaan yang sudah di buat serta melakukan pembelajaran sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Kendala yang ditemui di dalam pembelajaran tematik adalah terletak pada medianya yang sangat terbatas, sedangkan problematika yang ditemui guru di dalam pembelajaran tematik terletak pada pemetaan tema. Sehingga di dalam mengatasi kendala ataupun problematika pembelajaran tematik tersebut antar guru melakukan diskusi ataupun musyawarah dengan saling bertukar ilmu kepada guru lain yang sudah memahami terkait pembelajaran tematik yang mencangkup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
ENGLISH:
Implementation of thematic learning is a learning application or implementation of the lesson plan that had been developed previously by integrating multiple learning materials from various standards of competence and basic competences from one or more subjects in a process of interaction with educators and learners learning resources in a learning environment, so that the implementation of this thematic learning will not monotonous because it uses a variety of media and other learning tools that fit the theme of learning undertaken.
Based on the above background, the problems that arise are : (1) How does the implementation of thematic learning which include lesson planning, lesson implementation, and evaluation of learning in the classroom 1 State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?, (2) What obstacles or problems of thematic study on grade 1 Elementary School Affairs (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?, (3) How can the efforts of teachers in grade 1 thematic learning State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri?.
The purpose of this study is to describe on implementation of thematic learning which include planning, implementation, and evaluation of classroom teaching 1 State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri, to find out what are the obstacles or problems of thematic learning which covers the planning, implementation, and evaluation of learning thematic class 1 State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri, and to know about the efforts made in the planning, implementation, and evaluation of learning in the classroom thematic 1 State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri.
Research by the author is included into the qualitative descriptive study using a case study approach. In the course of data collection, the author uses the method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques in the form of a picture with words or phrases that are split apart by category of research data in order to obtain a conclusion, a picture with words or sentences inductive manner.
The results of research by the author can be submitted here, implementation of thematic learning class 1 State Government Elementary School (MIN) Doko Gampengrejo Kediri have not implemented the overall thematic learning. This can be seen especially in the evaluation of learning which still uses per subject, not holistically and in intergrasikan. While in the planning of learning in the bunk with his own handwriting by the father as guardian Intercession 1A class that covers the analysis of the effective, effective the week of analysis, Prota, PROSEM, mapping, determination of themes and theme nets, KKM, sylabus, lesson plans, and evaluation . And related implementation is done by applying the planning that has been made and do the learning in accordance with a predetermined theme. Obstacles encountered in the thematic learning medium is located on a very limited, while the problems encountered in the learning of teachers in thematic mapping lies in the theme. Hence, in overcoming obstacles or problems of the thematic learning between teachers conduct discussions or deliberations by exchanging knowledge to other teachers who have a grasp of relevant thematic learning which covers the planning, implementation and evaluation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran; Tematik; Implementation; Learning; Thematic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:38 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7414 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |