Pengembangan buku ajar IPS berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerja sama kelas III SDN Ngoro 2 Mojokerto

Afifah, Khoridatun Nur (2014) Pengembangan buku ajar IPS berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerja sama kelas III SDN Ngoro 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran IPS adalah suatu proses yang diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan siswa guna memperoleh ilmu pengetahuan sosial dan kerja sama antar sesama manusia dalam kehidupan. Sistem pembelajaran IPS ini bisa mengarahkan anak dengan cara memotivasi dan keberanian anak supaya anak bisa mandiri dalam berfikir melakukan sesuatu yang nyata. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan buku ajar dengan metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode inkuiri, yaitu metode yang menggunakan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah secara langsung guna menyeimbangkan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik melalui metode berbasis inkuiri siswa akan menemukan sendiri dan untuk berinteraksi secara langsung dengan kehidupan yang nyata atau lingkungan sekitar tanpa bantuan dari guru.

Penelitian ini dilakukan di SDN Ngoro 2 Mojokerto, dengan obyek penelitian siswa kelas III. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai secara umum adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar IPS kelas III MI/SD berbasis Inkuiri yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk buku ajar IPS kelas III MI/SD berbasis Inkuiri khususnya materi kerja sama yang valid dan dapat memotivasi hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penilaian produk untuk kelayakan buku ajar terbatas pada 3 ahli, yakni ahli isi/materi, ahli media buku ajar dan ahli pembelajaran serta sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas III SDN Ngoro 2 Mojokerto. Prosedur pengembangan ini hanya dilakukan tiga langkah yang meliputi: (1) melaksanakan analisis untuk menentuan masalah dan solusi yang tepat, (2) menentukan kompetensi khusus, metode bahan ajar, (3) memproduksi program bahan ajar yang digunakan dalam program pembelajaran, (4) melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain, (5) melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa buku ajar IPS berbasis Inkuiri yang dikembangkan ini memiliki tingkat kevalidan, keefektifan dan memotivasi siswa. Hal ini dibuktikan dari dari hasil validasi ahli isi tingkat kevalidan 93% kualifikasi valid sangat baik, validasi ahli media buku ajar tingkat kevalidan 88% kualifikasi valid sangat baik, validasi ahli pembelajaran tingkat kevalidan 92% kualifikasi valid sangat baik. Demikian dari hasil uji lapangan terhadap produk buku ajar yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas III SDN Ngoro 2 Mojokerto tingkat kemenarikan mencapai 84,2% beradap pada kualifikasi valid sangat baik. Sedangkan hasil penyajian nilai pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan analisis mean (rerata). Diperoleh mean pre-test menunjukkan hasil 78,44 lebih kecil dibandingkan post-test sebesar 86 hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman sebesar 7,5%. Hasil analisis dari pre-test dan post-test untuk mencari tingkat pengaruh pembelajaran sebelum dan setelah buku pengembangan diaplikasikan melalui one-group pre-test dan post-test design menyatakan tingkat pengaruh pembelajar sebelum dan sesudah penerapan buku pengembangan berjumlah 68. Selain itu untuk memperkuat hasil peningkatan pemahaman siswa dilakukan dengan analisis t-test yang menunjukkan Thitung= 5,39 lebih besar dari Ttabel= 1,833, maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan buku hasil pengembangan, maka dapat disimpulkan buku ajar IPS terbukti secara signifikan efektif meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS khususnya materi kerja sama.

ENGLISH:

Social Sciences learning is a process of learning organized by the teachers to make students learning to gain social science and collaboration between human beings in life. This social science learning system can direct the students with ways to motivate students courage in order that students could be independent in thinking to do something real. To cope it, need textbook development by appropriate method. Therefore, in this study the researchers using the inquiry method, which is the method that uses students to conduct scientific investigations directly to balancing between cognitive, affective and psychomotor aspects through the method based students inquiry will find itself and to interact directly with the real-life or around environment without help from a teacher.

This research was conducted at SDN Ngoro 2 Mojokerto, with the object of research is the students of III class. As for the research objectives to be achieved generally are to produce a product in the form of IPS textbook for III class of SD/MI-based Inquiry that can improve the students comprehension. Whereas in particular goals to be achieved in this research is to produce IPS textbook for III class of SD/MI-based Inquiry especially for the valid collaboration subject and can motivate student learning outcomes.

Research methods used in this research is the Research and Development method. Model used in the development of this textbook is ADDIE model of Analysis, design, Development, Implementation, and Evaluation. The subject of the products assessment for the eligibility of textbook limited to 3 experts, i.e. the expert of content/material, expert of textbook media, and expert of learning, then the objectives to test-drive of products are all students of III class at SDN Ngoro 2 Mojokerto. This development procedure is only done three steps which include: (1) carrying out the analysis to determine exact problems and solutions, (2) determining the specific competencies of methods of learning materials, (3) producing the program of learning materials that are used in learning program, (4) implementing the learning program by applying design, (5) conducting the learning program evaluation and student assessment.

The results showed that Social Science textbook based Inquiry was developed it has validity level, effectiveness and motivate students. This is evidenced from the validation results of content expert, the validity level 93% valid qualification is very good, the validation of textbook media expert, the validity level 88% valid qualification is very good, the validation of learning expert, the validity level 92% valid qualification is very good. Thus the results of field toward the product of textbook conducted by all students of III class at SDN Ngoro 2 Mojokerto, the conspicuousness level reached 84.2% on valid qualification is very well. While the results of representation of pre-test and post-test value are done by using analysis of mean (average). Obtained the pre-test mean showed results 78,44 smaller than post-test is 86, such analysis results indicate that there is a growing understanding of 7.5%. Results of pre-test and post-test analysis to find the level of learning influence before and after the development of book was applied through one-group-pre test and post test design expresses that the level of learning influence before and after the application of book development totaling 68. In addition to strengthening the improvement results of students comprehension was carried out by the analysis of t- test that shows Thitung = 5.39 greater than Ttabel= 1,833, then inferred H0 is rejected and Ha accepted, so there is a significant difference between the results of comprehension before and after using the book of development, then it can be conclude that Social Sciences textbook proved significantly effective in improving students comprehension of III class on Social Sciences subject especially for collaboration subjects.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, Ahmad
Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial; Pengembangan Buku Ajar; Untuk Meningkatkan Hasil Belajar; Berbasis Inkuiri; Social Sciences; Textbook Development; To Improve The Results of Learning; Based on Inquir
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:56
Last Modified: 28 Jul 2017 01:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item