Pengembangan media ajar Macromedia Flash materi bangun ruang kelas V SDI Riyadlul Mubtadiin Turen Malang

Khusnaini, Mufidatul (2014) Pengembangan media ajar Macromedia Flash materi bangun ruang kelas V SDI Riyadlul Mubtadiin Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Media ajar merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan kondusif. Matematika yang ada, pada hakekatnya merupakan suatu ilmu yang bernalarnya deduktif formal dan abstrak, harus diberikan kepada anak-anak sejak SD yang cara berpikirnya masih pada tahap operasional konkret. Oleh Karena itu perlu berhati-hati dalam menanamkan konsep-konsep matematika tersebut. Di satu pihak siswa SD berpikirnya masih sangat terbatas, artinya berpikirnya dengan dikaitkannya benda-benda konkret atau gambar-gambar nyata, dipihak lain matematika itu obyek-obyek penelaahnya abstrak, artinya hanya ada dalam pemikiran manusia sehingga matematika itu hanyalah suatu hasil dari kerja otak manusia.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan media ajar berbasis macromedia flash. Yakni, sebuah program animasi dua dimensi yang mudah dioperasikan dan sangat bermanfaat apabila diaplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran. Software ini memiliki fitur yang dapat memadukan teks, grafik, suara, video dan animasi, fitur-fitur tersebut sangat tepat untuk pembuatan media pembelajaran yang memiliki kemampuan interaktif dengan penggunaannya.

Penelitian ini dilaksanakan di SDI Riyadlul Mubtadiin Turen, dengan objek penelitian siswa kelas V. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui spesifikasi pengembangan animasi media macromedia flash sebagai media pembelajaran matematika, 2) untuk mengetahui efektifitas media macromedia flash dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Riyadlul Mubtadiin Turen.

Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari empat tahap, yaitu 1) tahap investigasi awal, 2) t ahap desain, 3) tahap realisasi, dan 4) tahap tes, evaluasi, dan revisi.

Validasi dilakukan kepada tiga validator praktisi, validator ahli materi, ahli desain, dan guru bidang studi matematika. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil, yaitu validasi ahli materi 87,5 % dengan kriteria kevalidan sangat valid, validasi ahli desain 88,75% dengan kriteria kevalidan sangat valid, dan validasi dari guru bidang studi matematika 88,75% dengan kriteria kevalidan sangat valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa media ajar berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai media ajar materi bangun ruang kelas V.

ENGLISH:

Learning media is things used to accordingly convey or deliver material in order to create conducive learning environment. It is done solely to assist the students to bring about efficient and conducive learning process. Mathematics is a knowledge of which its logical reasoning is abstract and formal deductive. It has better to be taught to elementary students whose way of thinking is still in an operational concrete phase. Therefore, teaching of Mathematics’ concepts should be in an appropriate way. Elementary students, on one hand, think definitely meaning that they think in relation to concrete things or real images. On the other hand, Mathematics has abstract of object study; it is merely pictured in human’s mind so that Mathematics is only a result of human’s brain work.

To overcome this problem, Mathematics should be taught using appropriate method. In this study, hence, the researcher utilizes media in a basic of macromedia flash. It is a two dimension of animated program which is easily to be operated and fully benefit once it is applied in making media. This software has features that can fuse texts, graphics, sounds, videos and animation. These features are properly used in making an interactive media for learning.

The research takes place on Islamic Elementary School of Riyadlul Mubtadiin Turen and students of fifth grade as object of the research. The aim of this study are: (1) to know the specification of the development of animated macromedia-flash-based media as Mathematics learning media, and (2) to recognize the effectiveness of macromedia flash media in enhancing the study’s outcome of fifth grade students of Islamic Elementary School of Hidayatul Mubtadiin Turen.

The development is done using Plomp model consisting of four stages, they are (1) first investigation, (2) designing, (3) realization, and (4) testing, evaluating and revising.

Validation, moreover, is done by three practitioner validators, one expert validator and teacher of Mathematics. The result is, based on the analys is, the expert validity reaches 87.5% belonging to level of very valid, expert of design validity reaches 88.75% belonging to the level of very valid, and teacher validity reaches 88.75% belonging to level of very valid. In sum, media based on macromedia flash is proper to be used as learning media of space geometry in fifth grade of Elementary School.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Media Ajar; Macromedia Flash; Bangun Ruang; Learning Material; Space Geometry
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:39
Last Modified: 28 Jul 2017 01:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item