Lutfiyah, Mafazatul (2014) Penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan serta cara pencegahannya di kelas IV MI al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode eksperimen adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa baik secara perorangan ataupun kelompok, untuk melakukan suatu proses dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Metode eksperimen dianggap sesuai untuk pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan kreativitas siswa. IPA tidak cukup hanya menggunakan metode ceramah, hanya guru yang aktif tanpa melibatkan siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan Penerapan Metode eksperimen dalam meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan alam tentang Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan serta Cara Pencegahannya di Kelas IV MI Al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep (2) Bagaimana Penerapan Metode eksperimen dalam meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan alam tentang Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan serta Cara Pencegahannya di Kelas IV MI Al- Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep. (3) Bagaimana hasil dari Penerapan Metode eksperimen dalam meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan alam tentang Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan serta Cara Pencegahannya di Kelas IV MI Al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1)Dalam proses perencanaan Penerapan Metode eksperimen dalam meningkatkan Keaktifan Siswa adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan mempersiapkan bahan-bahan untuk digunakan dalam eksperimen.(2)Proses pelaksanaan Penerapan Metode eksperimen dalam meningkatkan Keaktifan Siswa berjalan dengan lancar, guru mendapat pengalaman baru dan siswa merasa senang dengan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.(3)Hasil belajar Ilmu pengetahun alam dengan metode eksperimen secara kuantitatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu mulai pre test yang rata-ratanya 70,65, siklus I 76,30, siklus II 82,39, post test menjadi 90,00. Sedangkan pada keaktifan siswa juga mengalami peningkatan yang semula 1,6 meningkat menjadi 2,4 dan meningkat lagi menjadi 3,4 dari setiap siklusnya.
ENGLISH:
Experimental method is a method of learning that provides opportunities for students either individually or group, to perform a process to prove their own experience and learned something. Experimental method is considered appropriate for natural science learning because it can provide learning conditions that can develop student’s thinking ability and creativity. Natural science is not enough to just use the lecture method, only active teachers without involving students.
Based on the background of the formulation of the problem is obtained as follows: (1). How the planning application of experimental methods to increasing Student activity In Natural Science Subjects of the Effects of Changes in the Physical Environment of the Mainland and its Prevention Method in Class IV MI Al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep. (2). How the application of experimental methods to increasing Student activity In Natural Science Subjects of the Effects of Changes in the Physical Environment of the Mainland and its Prevention Method in Class IV MI Al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep. (3). How will the results of the application of the experimental method to increasing Student activity In Natural Science Subjects of the Effects of Changes in the Physical Environment of the Mainland and its Prevention Method in Class IV MI Al-Ittihad Tana Merah Saronggi Sumenep.
This study used a qualitative approach with classroom action research that conducted as many as two cycles. Key instrument is the researcher's own, and data collection techniques were used observation, interviews, written tests, and documentation. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed that, (1). In the application of the planning process experimental method to increasing student activity is made lesson plan, and prepare materials for used in experiments. (2). Application of the experimental method implementation process to increasing the student activity is running smoothly, the teachers and students got new experience was pleased with the application of the experimental method in the study of Natural Science. (3). The results of the study of natural science with quantitative experimental methods can increase student learning outcomes, namely from the pre-test average is 70,65, first cycle is 76,30, and the second cycle is 82,39, and than post-test becomes 90,00. While the student activity also increased which initially 1.6 to 2.4 and than increase becomes
3,4 from each the cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Eksperimen; Keaktifan Siswa; Experimental Methods; Student Activity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:40 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7409 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |