Zahro', Lutfiatuz (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran IPS materi pokok Sumber Daya Alam kelas IV MI al-Azhaar Bandung Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (42MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan buku ajar dan media pembelajaran adobe flash merupakan salah satu sarana guna membantu memahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Buku ajar dan media pembelajaran adobe flash dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajran di kelas sehingga guru tidak hanya menggunakan metode konfensional saja dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Bapak Ilham Sholeh selaku guru pengampu mata pelajaran IPS di MI Al-Azhar Bandung Tulungagung, dalam proses pembelajaran sehari-hari guru menggunakan metode ceramah yaitu menjelaskan secara lisan pembelajaran di depan kelas tentang materi persebaran sumber daya alam di Indonesia. Guru hanya merangkan konsep secara verbal dan meminta siswa untuk menghafal daerah-daerah penghasil sumber daya alam yang tersebar di indonesia. Selain itu kurangnya buku pegangan untuk guru yang dapat menunjang materi pelajaran IPS. Guru biasanya hanya menggunakan LKS maupun buku paket yang di jual di pasaran.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan desain pengembangan bahan ajar berbasis adobe flash, mediskripsikan efektifitas produk bahan ajar berupa bahan ajar berbasis adobe flash, untuk mengetahui bahan ajar berbasis adobe flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi ahali materi, ahali media, ahli pemebelajaran IPS/guru mata pelajaran, dan sisiwa, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan rumus uji T dan menggunakan penghitungan komputer SPSS. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar berbasis adobe flash pada mata pelajaran IPS materi pokok sumber daya alam kelas IV MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 97, 5%, ahli media mencapai 90% untuk media pembelajaran adobe flash dan 75% untuk buku ajar IPS, ahli pembelajaran IPS mencapai 83, 3% dan hasil uji coba lapangan mencapai 87, 8%, bahan ajar berbasis adobe flash secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan melihat nilai rata-rata dari kelas eksperimen 93 dan dari kelas kontrol 63. Pada uji T dengan menggunakan rumus uji t-tes berkorelasi dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 2, 94 ≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil dari penghitungan SPSS nilai sig. (2-tailed) yakni 0,000, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar IPS dan media pembelajaran adobe flash lebih baik hasil belajarnya dari pada siswa yang tidak menggunakan buku ajar IPS dan media adobe flash.Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar ini layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Development of textbooks and learning media of adobe flash was one of means to help students understand in learning process. Textbooks and learning media adobe flash can be used as a tool in the teacher learning process in the classroom so teacher was not only using the conventional method in teaching. Based on the results of interviews with Mr Ilham Sholeh as the teacher of social science subject in MI Al-Azhar Tulungagung Bandung, in teaching process teacher used the lecture method that explained orally to the class learning about the distribution of natural resources in Indonesia. Teacher only explain the concepts verbally and asked students to memorize the areas producing natural resources spread across Indonesia. Besides, the lack of a handbook for teacher in supporting the social science material. Teacher usually just used the worksheets and textbooks that were sold in the market. The purpose of this study was to describe the development design of teaching materials based on adobe flash, describe the effectiveness of the product teaching materials like teaching materials based on adobe flash, and know adobe flash- based teaching materials that can improve the students learning outcomes.
Form of research used by the researcher was a descriptive analysis data qualitatively and quantitatively. Study with a qualitative approach used material skilled validation, media skilled, learning skilled of social science / subjects teacher, and students, whereas quantitative descriptive study used the T test formula and use SPSS computer calculation. This research was a Research and Development, which referred to Medel Dick and Carrey.
The results of the research development of teaching materials based on adobe flash in social science subjects on natural resources material of class IV MI AL-Azhaar Bandung Tulungagung met the criteria with material skilled test result reached level 97, 5%, media skilled reached 90% for learning media of adobe flash and 75% for social science textbooks, learning skilled of social science reached 83, 3%, and the results of field trials reached 87, 8%, teaching materials based on adobe flash effectively improved the student learning outcomes by looking at the average of the experimental class 93 and 63 of the control class. At T test that used t-test formula correlated with a confidence level 95% that was gotten the results t hitung ≥ t tabel was 2, 94 ≥ 2.14 meant that Ho was rejected and Ha accepted. Thus, there was a significant difference to the teaching materials developed. The SPSS results of sig. (2-tailed), namely 0,000, indicating that the learning outcomes of students who used social science textbooks and learning media of adobe flash was better of learning outcomes than students who did not use textbooks and media of adobe flash. This indicated that the products developed have a level qualification of high validity, so the teaching material was proper to use in learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sumber Daya Alam; Adobe Flash; Pengembangan Bahan Ajar; kelas IV SD/MI; Natural Resources; Adobe Flash; Teaching Material Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:40 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7408 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |