Zubaidi, Moh. Subhan (2014) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Dasar Islam Wahid Hasyim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan yang bermutu tidak terlepas dari guru yang professional yang mempunyai empat kompetensi. Sesuai dengan Penjelasan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Untuk menjadikan guru yang professional, maka bisa dimulai dari peningkatan-peningkatan kompetensinya. Salah satu cara dalam meningkatkan kompetensinya guru bisa melalui kepala sekolah. Karena kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru baik dari program maupun upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi para gurunya.
Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain; 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi guru di SDI Wahid Hasyim Malang; 2) Untuk mendeskripsikan peran Kepala Sekolah di SDI Wahid Hasyim Malang; 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDI Wahid Hasyim Malang dan cara mengatasinya.
Penelitian ini dilaksanakan di SDI Wahid Hasyim Malang, dengan obyek penelitian kepala sekolah dan guru. Untuk tercapainya tujuan di atas maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyajikan jenis penelitian secara deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode ; 1) observasi ; 2) wawancara ; dan 3) dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala sekolah di SDI Wahid Hasyim berperan dengan maksimal sesuai dengan tugasnya. Terbukti, kepala sekolah SDI Wahid Hasyim Malang disiplin dan lebih baik dari tahun ajaran 2012/2013, (2) Kepala sekolah SDI Wahid Hasyim Malang mampu meningkatkan produktivitas kinerja para guru dan karyawan di SDI Wahid Hasyim ini. Dibanding dengan tahun sebelumnya, jauh lebih baik dari tahun ajaran 2013/2014 sampai sekarang, (3) Adapun hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru SDI Wahid Hasyim yakni dampak dari kepemimpinan yang lama mengakibatkan pada kurang meningkatnya produktivitas mutu pendidikan di SDI Wahid Hasyim Malang serta kurangnya tingkat kedisiplinan, dan juga faktor kurang mendukungnya IT. Adapun cara mengatasinya yakni kepala sekolah mempunyai cara untuk meningkatkan kompetensi guru antara lain menggerakkan SDM melalui pembinaan guru, mengadakan pemberdayaan guru, pemberian motivasi, mengikutsertakan pelatihan workshop, serta penambahan sarana prasaran berupa IT.
ENGLISH:
Quality education can not be separated from a professional teacher who has four competencies. In accordance with Government Regulation No. Explanation. 19 Year 2005 on National Education Standards. To make a professional teacher, it can be started from increases competence. One way to improve the competence of teachers could through the principal. Because the principal has a very important role in improving the quality of education in schools. It is intended to determine how the principal's role in improving teacher competence both of the program and the principal efforts made in improving the competence of the teacher.
The purpose of this study, among others; 1) To describe the competence of teachers in SDI Wahid Hasyim Malang; 2) To describe the role of Principal at SDI Wahid Hasyim Malang; 3) To describe the factors inhibiting the principal efforts made in improving the competence of teachers in SDI Wahid Hasyim Malang and how to overcome them.
This research was conducted in SDI Wahid Hasyim Malang, with the object of research principals and teachers. To achieve the above objectives, this study used a qualitative approach that presents the descriptive type of research, using the techniques of data collection through method ; 1) observation ; 2) interview ; and 3) documentation.
The results of the study showed that (1) The principal role in SDI Wahid Hasyim in accordance with his duty to the maximum. Evidently, the principal SDI Wahid Hasyim Malang and better discipline of the school year 2012/2013, (2) principal SDI Wahid Hasyim Malang able to increase the productivity performance of the teachers and employees in the SDI Wahid Hasyim. Compared with the previous year, much better than the academic year 2013/2014 to the present, (3) As the principal obstacle in improving teacher competence SDI Wahid Hasyim the impact of the old leadership resulted in less increase in productivity in the quality of education as well as SDI Wahid Hasyim Malang lack the level of discipline, and also factor less IT support. As for how to handle the principals have a way to improve the competence of teachers, among others, to move human resources through training teachers, conducting teacher empowerment, motivation, include training workshops, as well as additional facilities in the form of IT infrastructures.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Kompetensi Guru; Principal; Teacher Competence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:41 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7404 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |