Handayani, Isyati Rodiyah (2013) Penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peninggalan sejarah pada siswa kelas IV di MINU Curungrejo Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Media kartu bergambar adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu yang di dalamnya terdapat gambar. Gambar tersebut sesuai dengan materi yang diajarkan. Peninggalan sejarah merupakan materi dari pelajaran IPS SD/MI kelas IV semester 1. Pada materi ini terdapat banyak gambar bentuk peninggalan sejarah. Masalah mendasar yang dikeluhkan oleh guru kelas IV di MINU Curungrejo pada pembelajaran peninggalan sejarah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu penggunaan media kartu bergambar menjadi solusi terhadap masalah tersebut. Media ini dapat memotivasi siswa untuk aktif dan semangat dalam pembelajaran sehingga pemahaman serta nilai hasil belajar siswa meningkat.
Penelitian ini dilaksanakan di MINU Curungrejo Kepanjen Malang, dengan objek penelitian siswa kelas IV. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peninggalan sejarah pada siswa kelas IV MINU Curungrejo Kepanjen. 2).Mendeskipsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peninggalan sejarah pada siswa kelas IV MINU Curungrejo Kepanjen. 3).Mendeskripsikan penilaian pembelajaran menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar peninggalan sejarah pada siswa kelas IV MINU Curungrejo Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart dengan jenis penelitian kolaboratif partisipatoris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjanganh pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil observasi dan data di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar peninggalan sejarah pada siswa kelas IV di MINU Curungrejo Kepanjen. Indikator hasil belajar yang dicapai adalah menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, tampak bersemangat dan antusias dalam pembelajaran, aktif dalam kegiatan diskusi dan menyampaikan tanggapan. Hasil observasi lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 52,3% dan siklus II sebesar 76,2% jadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Kartu Bergambar; Hasil Belajar; Peninggalan Sejarah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7402 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |